Mees Hilgers, Pemain Keturunan Indonesia yang Membela FC Twente

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 31 Oktober 2020 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 31 51 2301841 mees-hilgers-pemain-keturunan-indonesia-yang-membela-fc-twente-3vTsUw2Yb7.jpg Mees Hilgers (Foto: Instagram/@meeshilgerss)

NAMA Mees Hilgers mungkin masih awam untuk para pencinta sepakbola Tanah Air. Itu wajar karena Mees Hilgers tidaklah berkarier di Indonesia, tetapi Belanda. Pemain keturunan Indonesia itu bermain untuk FC Twente di Liga Belanda.

Mees Hilgers lahir di Amersfoort, Belanda, 13 Mei 2001. Pemain berumur 19 tahun itu memiliki darah Indonesia dari sang ibu yang diketahui berasal dari Sulawesi.

Mees Hilgers (Foto: Instagram//@meeshilgerss)

Sejak kecil, Mees Hilgers sudah akrab dengan sepakbola. Ia menimba ilmu sepakbola di klub kota kelahirannya, ASC Nieuwland, sebelum bergabung ke Sparta Nijkerk Youth.

Penampilan Mees Hilgers bersama Sparta Nijkerk Youth memikat pencari bakat Twente sehingga ia pun direkrut pada 1 Juli 2011. Mees Hilgers menghabis waktu selama enam musim bersama Twente Youth sebelum naik kelas ke tim Twente U-17 pada 1 Juli 2017.

BACA JUGA: Paling Cepat, Bagus Kahfi Merumput Bersama FC Utrecht Januari 2021

Kemampuan Mees Hilgers yang berposisi bek tengah, semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Mees Hilgers pun secara bertahan naik ke kelompok umur berikutnya hingga pada 17 Oktober silam menerima kontrak dari tim senior Twente.

Pemain keturunan Indonesia itu dikontrak Twente hingga 30 Jnni 2023. Meski begitu, Mees Hilgers belum pernah tampil untuk tim senior Twente pada musim 2020-2021. Ia justru bermain untuk Twente di kompetisi U-21. Mees Hilgers sudah memainkan lima pertandingan dengan koleksi dua gol.

Jika menilik performa Mees Hilgers, dirinya mungkin bisa menjadi salah satu pilihan bagi Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Shin Tae-yong, dan Direktur Teknis, Indra Sjafri. Postur Mees Hilgers yang menyetuh 183 cm, membuatnya cocok untuk menjaga jantung pertahanan Timnas Indonesia U-19.

Keberadaan Mees Hilgers akan menambah kualitas pertahanan Timnas Indonesia U-19. Ia mungkin akan menjadi partner yang pas, untuk Elkan Baggott. Kualitas Mees Hilgers bisa dicoba pada pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 selanjutnya.

BACA JUGA: Bagus Kahfi Resmi Perkuat Klub Liga Belanda, FC Utrecht

PSSI berencana untuk mengadakan pemusatan latihan Garuda Nusantara –julukan Timnas Indonesia U-19– di Belanda. Jika pemustan latihan di Belanda terealisasikan, Mees Hilgers mungkin akan bergabung dengan Jack Brown dan kawan-kawan.

“Kenapa kami memilih Belanda (sebagai tempat pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 selanjutnya)? Pertama, di sana banyak tim bagus dan mereka juga peringkat dua FIFA. Kedua, banyak pemain berdarah Indonesia. Jadi, bisa sekalian (selesksi). Siapa tahu ada (pemain keturunan yang sesuai kriteria di Belanda),” ujar Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, saat menyambut kedatangan Timnas Indonesia U-19 dari Kroasia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini