PSG vs Lyon, Les Parisiens Juara Piala Liga Prancis Usai Lewati Drama Adu Penalti

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 01 Agustus 2020 05:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 01 51 2255240 psg-vs-lyon-les-parisiens-juara-piala-liga-prancis-usai-lewati-drama-adu-penalti-aGgkiQbed8.jpg Pemain PSG melakukan selebrasi (Foto: PSG Inside)

PARIS – Paris Saint-Germain (PSG) tampil sebagai juara Piala Liga Prancis 2019-2020 usai menaklukkan Olympique Lyon di partai puncak. PSG dan Lyon sebenarnya bermain sama kuat 0-0 hingga babak tambahan. Pablo Sarabia kemudian menjadi pahlawan di babak adu penalti setelah tendangan Bertrand Traore dibendung Keylor Navas.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

PSG langsung tampil menggebrak begitu pertandingan dimulai. Tim besutan Thomas Tuchel ini nampaknya mengincar gol cepat untuk memudahkan mereka menjalani pertandingan. Di menit kelima, Neymar Jr melesakkan sepakan rendah dari luar kotak penalti. Akan tetapi, Anthony Lopes masih bisa membendungnua.

Pada menit kedelapan PSG hampir saja membuka keunggulan melalui Neymar Jr. Bintang sepakbola Brasil itu melepaskan tembakan dari depan kotak penalti yang ia arahkan ke tiang jauh. Sayangnya, bola masih melenceng tipis dari gawang Lyon dan tak mengubah kedudukan.

PSG vs Lyon

Lyon sendiri bukannya tanpa peluang. Mereka beberapa kali mampu menekan pertahanan PSG dan memberikan ancaman. Seperti yang terjadi di menit ke-12 kala Memphis Depay melayangkan tembakan voli. Hanya saja, bola masih terlampau tinggi dan melewati mistar gawang PSG.

Memasuki menit ke-31, PSG mendapat peluang cukup bagus melalui skema serangan balik cepat yang digagas Angel Di Maria dari sisi kanan. Meski kemudian Neymar datang membantu, namun bek Lyon telah berada lagi di posnya dan menggagalkan peluang dari Les Parisiens tersebut.

Di pengujung babak pertama, tepatnya menit ke-43, Idrissa Gueye mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan jarak jauh. Meski bola sudah mengarah ke pojok atas gawang Lyon, namun Lopes bisa menepisnya dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Pada masa injury time, justru giliran Lyon yang hampir menjebol gawang PSG. Berawal dari umpan tendangan bebas Depay, bola kemudian disundul oleh Jason Denayer. Meski begitu, bola masih melambung di atas mistar. Babak pertama pun usai dengan skor 0-0.

Babak Kedua:

Memasuki babak kedua, Lyon justru yang menampilkan permainan lebih menekan. Mereka bahkan hampir mendapat keunggulan di menit ke-50. Depay melepaskan tendangan yang mengenai bek PSG sehingga mengubah arah bola. Beruntung bagi PSG, bola masih melenceng dari gawang mereka.

Tak lama berselang, giliran Les Parisiens yang menebar ancaman. Neymar menembak langsung bola ke arah gawang Lyon saat mendapat hadiah tendangan bebas. Hanya saja, bola masih berada dalam jangkauan, sehingga Lopes dapat menepsinya.

Baik PSG dan Lyon terus melancarkan jual beli serangan. Sejumlah peluang pun bisa mereka ciptakan secara bergantian. Kendati demikian, tak satu pun yang mampu berbuah menjadi gol.

PSG vs Lyon

Penyelamatan gemilang dilakukan oleh Lopes di menit ke-87. Sebab, kiper asal Portugal itu sukses menepis sundulan Neymar dari dalam kotak penalti setelah mendapat umpan Ander Herrera. Papan skor pun tetap sama kuat. Laga pada akhirnya berlanjut ke perpanjangan waktu.

Di babak tambahan, pertarungan sengit masih tersaji. Pada menit ke-119, Rafael mendapat kartu merah lantaran menjegal Angel Di Maria yang sedang melancarkan serangan balik. Sayangnya, peluang tendangan bebas yang diambil Neymar gagal dikonversi menjadi gol. Terpaksa laga berlanjut ke adu penalti.

Kelima penendang penalti PSG dan Lyon sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna. Begitu memasuki penendang keenam, Lyon mengutus Bertrand Traore dan bola tembakannya sukses dihentikan oleh Keylor Navas.

Sementara itu, penendang keenam PSG, Pablo Sarabia, tampil sebagai pahlawan kemenangan karena berhasil memperdaya Lopes. PSG pun dinobatkan sebagai juara Piala Liga Prancis 2019-2020.

Susunan Pemain:

PSG: Keylor Navas; Layvin Kurzawa, Thiago Silva (c), Presnel Kimpembe, Mitchel Bakker; Marco Verratti, Marquinhos, Idrissa Gueye; Angel Di Maria, Mauro Icardi, Neymar.

Cadangan: Abdou Diallo, Leandro Paredes, Arnaud Kalimuendo Muinga, Pablo Sarabia, Ander Herrera, Thilo Kehrer, Julian Draxler, Sergio Rico, Eric Maxim Choupo-Moting.

Lyon: Anthony Lopes; Jason Denayer, Marcelo, Marcal; Bruno Guimaraes; Leo Dubois, Maxence Caqueret, Houssem Aouar, Maxwel Cornet; Moussa Dembele, Memphis Depay (c).

Cadangan: Thiago Mendes, Bertrand Traore, Karl Toko Ekambi, Rafael, Jeff Reine-Adelaide, Jean Lucas, Rayan Cherki, Anthony Racioppi, Joachim Andersen.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini