nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Langkah Tegas Vietnam Penjarakan Suporter Sepakbola yang Rusuh

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 22 Mei 2020 13:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 05 22 51 2217991 langkah-tegas-vietnam-penjarakan-suporter-sepakbola-yang-rusuh-dOcZB9BkhA.jpg Suporter sepakbola di Vietnam. (Foto: AFF)

HANOI – Langkah tegas diambil Federasi Sepakbola Vietnam (VFF) dalam menindak suporter yang membuat kerusuhan dalam sebuah pertandingan. Mereka menjebloskan ke dalam penjara para biang kerusuhan.

Langkah tersebut dilakukan Vietnam dalam menindak suporter yang membuat kerusuhan dalam sebuah pertandingan sepakbola yang digelar tahun lalu. Kerusuhan suporter terjadi pada pertandingan Nam Dinh FC vs Hanoi FC dalam lanjutan V-League 1. Laga tersebut berlangsung di Stadion Hang Day, Hanoi, pada 11 September 2019.

Tiga suporter yang terbukti menjadi biang kerusuhan pun akhirnya harus berurusan dengan pihak kepolisian. Hukuman dijatuhkan karena mereka terbukti melakukan pelanggaran, seperti melukai penonton secara sengaja hingga menghalangi langkah petugas kepolisian yang bertugas. Ketiga pun harus mendekam di penjara.

BACA JUGA: Kendala Evan Dimas di Level SSB, Mulai dari Tak Sanggup Bayar Iuran hingga Kesulitan Beli Sepatu

Keputusan Vietnam untuk memberi tindakan tegas kepada suporter yang melakukan kerusahan ini pun diapresiasi oleh Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF). Mereka menilai langkah yang dilakukan Vietnam telah tepat.

“Vietnam telah memberikan contoh yang tepat ketika menangani kasus pelempar suar yang melukai seorang penonton dan juga para perusuh yang berusaha melukai polisi dalam pertandingan V.League tahun lalu. Insiden itu terjadi dalam pertandingan V-League One antara Nam Dịnh FC dan Hanoi FC di Stadion Hang Day di Hanoi pada 11 September 2019,” bunyi pernyataan AFF, sebagaimana dikutip dari laman resminya, Jumat (22/5/2020).

“Vu Trung Truc, seorang pendukung Nam Dinh, dijatuhi hukuman empat tahun penjara oleh Pengadilan Distrik Dong Da di Hanoi kemarin karena melakukan pembakaran dan dengan sengaja melukai seorang penonton. Di sisi lain, Tran Dac Chuong dan Tran Van Sung, dihukum masing-masing delapan bulan dan enam bulan karena menolak dan menghalangi petugas yang bertugas,” tutup pernyataan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini