Haaland Penyabar, Tidak seperti Zidane

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 18 Mei 2020 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 18 51 2215797 haaland-penyabar-tidak-seperti-zidane-jwCJGsACFH.jpg Erling Haaland (Foto: Twitter/@BlackYellow)

STROBELALLEE Erling Haaland jadi bintang saat Borussia Dortmund menang 4-0 atas Schalke 04 dalam Derby Ruhr, yang berlangsung di Bundesliga (Liga Jerman) 2019-2020. Haaland mencetak gol pembuka pada menit 29, yang mengawali kemenangan besar Dortmund.

Namun, Haaland sempat terlibat perang kata-kata dengan bek tengah Schalke, Jean-Clair Todibo, sebelum mencetak gol. Pada menit ke-23, terjadi sepak pojok di pertahanan Schalke dan terjadilah perang kata-kata antara Haaland dengan Todibo.

Todibo pun melontarkan kata-kata cukup kasar kepada Haaland, “Persetan dengan nenek Anda.”

Zinedine Zidane vs Marco Materazzi (Foto: Istimewa)

Mendengar umpatan dari Todibo tidak membuat Haaland marah. The Sun melaporkan pemain berusia 19 tahun itu justru tersenyum kepada Todibo. Haaland menunjukkan kedewasaannya dengan tidak membalas Todibo dengan umpatan juga, atau tindakan lainnya.

BACA JUGA: Pertanyaan Polos Falcao Kenapa Pemain Bundesliga Dilarang Berpelukan Usai Cetak Gol

Haaland lebih sabar bahkan jika dibandingkan dengan para pesepakbola hebat lainnya. Ambil contoh, insiden antara legenda sepakbola Prancis, Zinedine Zidane, di final Piala Dunia 2006. Pada final, Tim Nasional (Timnas) Prancis bertemu dengan Italia.

Emosi Zidane tersulut oleh umpatan dari Marco Materazzi, yang menyinggung adiknya. Zidane yang emosi langsung menyundul dada Materazzi hingga terjatuh. Wasit pun datang untuk tahu apa yang terjadi di antara Zidane dengan Materazzi.

Setelah beberapa saat berdisikusi, akhirnya wasit mengeluarkan kartu merah untuk Zidane pada menit ke-110. Kedudukan imbang 1-1 tidak berubah hingga pertandingan berakhir, babak penalti pun harus digelar untuk menentukan pemenang.

Italia menang 5-3 atas Timnas Prancis, setelah David Trezeguet yang jadi algojo kedua gagal menunaikan tugasnya. Kekalahan Timnas Prancis mungkin bisa dihindari jika Zidane bermain sampai akhir pertandingan. Akan tetapi, emosi membuat Zidane hilang kendali hingga akhirnya merugikan Timnas Prancis. Hal itu tidak terjadi kepada Haaland saat perang kata-kata dengan Todibo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini