nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UEFA Imbau Kompetisi Domestik Diselesaikan dengan Cara yang Benar

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 03 April 2020 09:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 03 51 2193392 uefa-imbau-kompetisi-domestik-diselesaikan-dengan-cara-yang-benar-6QtfSCmQlT.jpg UEFA berharap kompetisi domestik diselesaikan di atas lapangan (Foto: UEFA)

NYON – Liga Belgia 2019-2020 menjadi kompetisi pertama yang disudahi lebih cepat ketika pandemi wabah virus Corona Covid-19 di Benua Eropa. Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) langsung mengeluarkan imbauan agar hal serupa tidak ditiru oleh asosiasi di negara-negara lain.

Belgia bisa dibilang menjadi pionir setelah menobatkan Club Brugge sebagai kampiun meski liga belum rampung. Langkah serupa bisa saja ditiru oleh kompetisi-kompetisi di negara lain mengingat situasi dunia saat ini tidak menentu akibat wabah virus Corona Covid-19.

Club Brugge dinobatkan sebagai kampiun Liga Belgia meski belum menyelesaikan semua pertandingan (Foto: Twitter/Simon Mignolet)

Baca juga: UEFA Resmi Tunda Semua Laga Internasional di Juni 2020

Demi mencegah langkah serupa diikuti negara-negara lain, UEFA langsung mengeluarkan imbauan keras. Bersama dengan Asosiasi Klub-Klub Eropa (ECA) dan Asosiasi Liga-Liga Eropa (EL), UEFA meminta agar kompetisi diselesaikan lewat jalur yang benar.

“Kami percaya diri sepakbola akan dimulai lagi dalam beberapa bulan mendatang, tentu dengan syarat-syarat yang dikemukakan otoritas publik. Kami yakin keputusan apa pun untuk menyudahi kompetisi domestik pada tahap ini, terlalu prematur dan tidak dibenarkan,” tulis pernyataan bersama UEFA, ECA, dan EL, sebagaimana dikutip dari Goal, Jumat (3/4/2020).

“Sangat penting untuk dicatat bahwa gangguan seperti epidemi ini tidak boleh menghalangi kita untuk menyelesaikan kompetisi sepakbola di atas lapangan,” sambung pernyataan bersama tersebut.

Sejumlah kompetisi domestik di Eropa memang masih dihentikan sementara waktu. Sejauh ini, baru Liga Inggris saja yang menyatakan bakal kembali bergulir pada 30 April 2020. Sementara Liga Italia dijadwalkan bergulir paling cepat pada Mei mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini