nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bentrok Aremania dan Bonek di Blitar, Penyelenggara Piala Gubernur Jatim Enggan Disalahkan

Avirista Midaada, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 08:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 19 49 2170663 bentrok-aremania-dan-bonek-di-blitar-penyelenggara-piala-gubernur-jatim-enggan-disalahkan-rPc3v9PGT5.jpg Bonek dan Aremania terlibat bentrok di Blitar. (Foto: Avirista Midaada/Okezone)

SURABAYA – Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur (Jatim) selaku penyelenggara Piala Gubernur Jatim 2020 enggan campur tangan. Hal itu terkait bentrok antara Aremania (suporter Arema FC) dan Bonek (suporter Persebaya Surabaya) di luar Stadion Soeprijadi, Kota Blitar, Selasa 18 Februari 2020 sore WIB.

Menurut Sekretaris Asprov PSSI Jawa Timur Amir Burhannudin, wewenang pengamanan suporter merupakan ranah kepolisian, sedangkan pihaknya hanya berkewajiban menggelar pertandingan.

Aremania

(Bentrok Aremania dan Bonek di Blitar)

"Kami hanya menggelar pertandingan, sesuai yang diarahkan Polda tanpa penonton di tempat netral. Artinya tempat netral tanpa penonton itukan sudah diketahui kedua klub. Kalau masih ada penonton yang datang, itu di luar kewenangan kami," papar Amir Burhanuddin saat dikonfirmasi Okezone, Rabu (19/2/2020) pagi WIB.

BACA JUGA: Ini Kata Aji Santoso Soal Final Piala Gubernur Jatim Lawan Persija

Dirinya menyatakan telah memberikan pendapatnya untuk tak menggelar pertandingan di tempat netral dan tanpa penonton. "Kami sudah memberikan pendapat ketika rapat koordinasi. Kalau digelar di tempat netral ya seperti ini kejadiannya, di luar stadion pasti yang repot pihak keamanan juga," bebernya.

Sebagai informasi, bentrokan antar Aremania dan Bonek pecah saat kedua kelompok suporter yang memiliki rivalitas tinggi ini bertemu di kawasan jalan protokol di Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar, pada Selasa 18 Februari 2020 sore WIB.

Akibatnya tujuh unit sepeda motor hangus dibakar oknum suporter yang mengenakan atribut Bonek, sedangkan dua orang dari Bonek juga dilaporkan mengalami luka-luka dan harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Sementara itu dari jalannya pertandingan sendiri, Persebaya menang 4-2 atas Arema FC. Persebaya berhak lolos ke final Piala Gubernur Jatim 2020 untuk menghadapi Persija Jakarta pada Kamis 20 Februari 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini