nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita Mane yang Rahasiakan Kepindahannya ke Prancis dari sang Ibu

Djanti Virantika, Jurnalis · Sabtu 11 Januari 2020 10:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 10 51 2151603 cerita-mane-yang-rahasiakan-kepindahannya-ke-prancis-dari-sang-ibu-r9oLRwaO2j.jpg Sadio Mane saat membela Metz pada 2011-2012. (Foto: Istimewa)

SADIO Mane telah menjelma menjadi salah satu pemain top di skuad Liverpool. Liverpool sendiri diketahui bukanlah klub pertama yang dinaungi oleh Mane. Setelah tampil gemilang di akademi sepakbola yang berada di Dakar, Senegarl, yakni Generation Foot, ia digaet oleh salah satu klub asal Prancis, yakni Metz.

Kepindahan Mane ke Metz pun ternyata menyelipkan cerita yang menarik. Pemain kelahiran Sedhiou, Senegal, pada 10 April 1992 itu ternyata tak menceritakan keputusan untuk hijrah ke negera lain ini kepada orangtuanya.

Sadio Mane Metz

(Sadio Mane saat membela Metz)

Ia memutuskan untuk merahasiakan perantauannya ke Prancis ini dari sang ibunda. Mane yang baru menginjak usia 19 tahun kala itu hanya memberi tahu keputusan tersebut kepada sang paman yang memang diketahui sangat mendukung langkahnya untuk meniti karier sebagai pesepakbola profesional.

Setibanya di Prancis, Mane pun tak langsung menjalani kegiatan bersama tim barunya. Sang pelatih memintanya untuk beristirahat di rumah. Sebenarnya, kesempatan itu ingin dimanfaatkan Mane untuk menghubungi ibunya, tetapi ia tak memiliki telefon selular kala itu.

Kabar keberadaannya di Prancis pun baru diberitahukan kepada sang ibunda keesokan harinya dengan meminjam telefon genggam milik rekannya. Kala itu, pernyataan Mane yang menjelaskan bahwa dirinya sudah berada di Prancis pun langsung membuat terkejut sang ibunda.

“Prancis yang mana?’ Ucap ibuku. Dia tak percaya akan hal itu. Dia berkata, ‘Prancis di Eropa. Apa maksudnya kamu ada di Eropa? Kamu tinggal di Senegal.’ Aku pun menjawab, ‘Tidak, aku di Eropa.’ Ibuku pun terkejut dan menyebutnya sebagai hal yang gila,” ujar Mane.

Infografis Sadio Mane

“Dia benar-benar terkejut dan dia menghubungiku setiap hari untuk menanyakaan apakah itu benar. Dia masih tidak bisa percaya sampai menyaksikan penampilan saya di televisi. Dia akhirnya melihat bahwa mimpi saya menjadi kenyataan,” lanjut penjelasan winger yang kini bernaung di Liverpool itu.

Mane sendiri mengakui awal perantauannya ke Prancis tak berlangsung mudah. Ia kerap kali dibekap kerinduan mendalam dengan keluarga serta serba-serbi di negara asalnya. Sebab, kehidupan di Benua Biru –julukan Eropa– tentu saja berbeda dengan di Senegal, mulai dari kebudayaan hingga cuaca.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini