nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saran Lothar Matthaus agar Tercipta Timnas Indonesia yang Kuat

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 16 November 2019 17:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 16 51 2130762 saran-lothar-matthaus-agar-tercipta-timnas-indonesia-yang-kuat-XCcTSGqr4G.jpeg Lothar Matthaus menyarankan agar PSSI dan klub-klub menyamakan visi (Foto: Okezone)

JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Indonesia tertatih-tatih menjalani Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia hingga matchday keempat. Skuad Garuda tidak sanggup memetik satu poin pun dan terjerembab di dasar klasemen sementara Grup G. Namun, legenda sepakbola dunia, Lothar Matthaus, yakin Tim Merah Putih yang kuat dapat terbentuk di masa depan.

Eks gelandang asal klub Bayern Munich itu menyinggung jumlah penduduk yang besar dan juga kecintaan masyarakat Tanah Air terhadap sepakbola. Menurutnya, faktor tersebut seharusnya dapat menciptakan sebuah tim nasional yang kuat.

Timnas Indonesia berlatih di Lapangan Petaling Jaya (Foto: PSSI)

Baca juga: Matthaus Piala Dunia U-20 2021 Buat Mata Dunia Tertuju ke Indonesia

Lothar Matthaus menyarankan agar klub dan federasi dalam hal ini PSSI, bersatu, demi tercapai tujuan tersebut. Sebab, tidak mungkin kedua stakeholder itu berjalan dengan program masing-masing karena saling terkait.

“Indonesia negara yang hebat, pasti akan menemukan pesepakbola hebat. Tapi, Anda harus bekerja keras,” kata Lothar Matthaus kepada Okezone di tengah-tengah acara Bundesliga Experience di Plaza Timur Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (16/11/2019).

“Orang-orang di sini menggilai sepakbola. Federasi harus bekerja sama dengan klub. Hanya dengan bersama-sama anda akan kuat,” sambung pria berusia 58 tahun itu.

Lothar Matthaus menyarankan agar PSSI dan klub-klub bersatu (Foto: Okezone)

Pernyataan Lothar Matthaus itu didasarkan pengalaman Jerman sendiri. Negeri Panser sempat mengalami penurunan prestasi usai Piala Eropa 2000. Federasi Sepakbola Jerman (DFB) lantas meluncurkan program yang didukung dan dijalankan dengan sepenuh hati oleh klub-klub sehingga menghasilkan gelar juara Piala Dunia 2014.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini