nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dulu Diremehkan, Kini Mason Mount Tidak Tergantikan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 09 November 2019 11:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 08 45 2127453 dulu-diremehkan-kini-mason-mount-tidak-tergantikan-nqT677Z52l.jpg Mason Mount mulai jadi andalan Chelsea. (Foto: @masonmount10)

PRESTASI ciamik di level junior bukan jaminan karier seorang pemain akan sukses di level senior. Hal itu setidaknya terjadi kepada Mason Mount. Menjadi bagian skuad akademi Chelsea yang sukses meraih dua trofi Piala FA Youth serta sekali UEFA Youth League, tak membuat kariernya berjalan mulus.

Sejak masuk akademi Chelsea pada 2005, Mason Tony Mount sudah mendapat perlawan keras dari ayahnya. Tony Mount meminta putranya yang lahir pada 10 Januari 1999 itu untuk pindah dari akademi Chelsea karena klub London Barat tersebut dinilai tidak ramah pada pemain muda didikan klub.

Mason Mount

(Mount bawa Inggris juara Piala Eropa U-19 2017)

Dalam sebuah wawancara terbaru, Tony Mount sedikit terkejut dengan jawaban anaknya. Merasa diremehkan, Mason Mount terang-terangan menyebut kepada sang ayah akan mengikuti jejak John Terry yang mampu menembus skuad senior dari jalur tim muda hingga melegenda di Chelsea.

Jalan tersebut sudah ditempuhnya bersama akademi Chelsea yang meraih dua trofi Piala FA Youth pada 2015-2016 dan 2016-2017. Hebatnya lagi, prestasi itu diiringi dengan keberhasilan mengantarkan akademi Chelsea menjuarai UEFA Youth League 2015-2016.

Kemampuan Mason Mount kian terasah dan diakui setelah mengantar Tim Nasional (Timnas) Inggris menjuarai Piala Eropa U-19 2017. Lelaki kelahiran Portsmouth itu bahkan terpilih sebagai pemain terbaik turnamen dan masuk dalam susunan 11 terbaik.

Infografis Mason Mount

Hal yang ditakutkan sang ayah terjadi. Mason Mount tidak langsung menembus skuad utama Chelsea dan harus menjalani masa peminjaman di Vitesse Arnhem dan Derby County selama dua musim berturut-turut. Namun, Mason tidak menyerah begitu saja dan memilih berjuang keras.

Kerja kerasnya berbuah panggilan memperkuat Timnas Inggris di level senior pada Oktober 2018 ketika dipinjamkan ke Derby County. Sebelum itu, pelatih Gareth Southgate memanggilnya untuk mengikuti pemusatan latihan jelang Piala Dunia 2018 Rusia.

Debut resmi Mason Mount berseragam Inggris baru terjadi pada 7 September 2019 sebagai pengganti ketika Tim Tiga Singa menang 4-0 atas Bulgaria di Kualifikasi Piala Eropa 2020. Total, sudah empat caps dikantonginya bersama Timnas Inggris.

Kerja kerasnya kini menuai hasil manis. Mason Mount menjadi andalan di skuad Chelsea dengan tampil sebanyak 11 kali di Liga Inggris 2019-2020. Posisinya tidak tergantikan sebagai salah satu dari tiga gelandang di kesebelasan Si Biru asuhan Frank Lampard.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini