nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Haaland Bantu Norwegia Tampil di Piala Dunia U-20 2019

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 02 November 2019 12:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 01 51 2124714 haaland-bantu-norwegia-tampil-di-piala-dunia-u-20-2019-dm5QtL3rke.jpg Haaland top skor Piala Dunia U-20 2019. (Foto: FIFA.com)

TIM Nasional senior Norwegia sudah cukup lama tidak tampil di Piala Dunia. Terakhir kali negara Skandinavia itu turut serta di Piala Dunia ialah pada 1998 atau ketika turnamen diselenggarakan di Prancis.

Sejak saat itu, pencinta sepakbola Norwegia harus menahan dahaga panjang. Baru pada 2019, Norwegia akhirnya kembali tampil di Piala Dunia. Namun, Piala Dunia yang dimaksud bukan di level senior, melainkan junior tepatnya di level U-20.

Erling Haaland

Meski begitu, tetap saja pencapaian di atas terhitung luar biasa. Sebab, perjalanan panjang mesti dilakoni Norwegia sebelum akhirnya memastikan tempat di ajang dua tahunan tersebut. Sebelum tampil di Piala Dunia, Norwegia harus mentas di babak Kualifikasi Piala Eropa U-19 2018 terlebih dulu.

Sebab, untuk tampil di Piala Dunia, sebuah negara harus finis di posisi lima besar Piala Eropa U-19 2018. Di babak Kualifikasi Piala Eropa U-19 2018, Norwegia tergabung di Grup K bersama Ukraina, Montenegro dan Albania. Setelah melalui tiga pertandingan, Norwegia finis di posisi dua dengan koleksi enam angka, terpaut tiga poin dari Ukraina selaku tim juara.

Saat itu, Norwegia menang 3-0 atas Montenegro, tumbang 1-2 dari Ukraina dan menaklukkan Albania 7-1. Total dari tiga pertandingan, Haaland mengoleksi lima gol. Finis di posisi dua sudah cukup bagi Norwegia untuk melaju ke elite round bersama 27 negara lain.

Kemudian, sebanyak 28 negara dibagi ke dalam tujuh grup yang masing-masing grupnya berisi empat tim. Hanya juara grup yang diizinkan lolos ke putaran final yang dilangsungkan di Finlandia. Hebatnya, tergabung bersama Skotlandia, Jerman dan Belanda, Norwegia keluar sebagai juara grup dan berhak lolos ke putaran final.

Erling Haaland

Sebenarnya Norwegia kalah 1-6 dari Belanda di laga pertama. Namun, di dua laga setelahnya mereka menang 5-2 atas Jerman dan menumbangkan Skotlandia 5-4. Sebenarnya koleksi poin Norwegia dan Jerman sangatlah identik yakni enam angka. Hanya saja, Norwegia unggul head-to-head atas Jerman.

Selain membawa Norwegia lolos ke Piala Eropa U-19 2018, Haaland meraih gelar top skor dengan koleksi sembilan gol. Kemudian di putaran final, Norwegia tergabung di Grup A bersama tuan rumah Finlandia, Italia dan Portugal.

Saat itu Norwegia takluk 1-3 dari Portugal, menang 3-2 atas Finlandia serta imbang 1-1 kontra Italia. Koleksi empat poin hanya cukup membuat Norwegia finis di posisi tiga Grup A. Meski begitu, mereka berkesempatan untuk tampil di babak playoff Piala Dunia U-20 2019.

Norwegia ditantang peringkat tiga di Grup B yakni Inggris. Hebatnya di babak playoff, Norwegia menang 3-0 atas Inggris dan berhak melaju ke putaran final Piala Dunia U-20 2020! Timnas Norwegia lolos bersama empat negara Eropa lain yakni Ukraina, Portugal, Italia dan Prancis.

Di Piala Dunia U-20 2019 yang digelar di Polandia, Norwegia tergabung di Grup C bersama Selandia Baru, Honduras dan Uruguay. Dalam dua pertandingan awal, Norwegia tumbang 1-3 dari Uruguay dan 0-2 dari Selandia Baru. Alhasil, mereka pun sudah dipastikan gagal lolos ke 16 besar.

Infografis Erling Haaland

Meski sudah dipastikan gagal lolos ke 16 besar, Norwegia tetap tampil serius saat menghadapi Honduras di laga terakhir. Terbukti, mereka menang 13-0 dan Haaland mencetak sembilan gol di antaranya! Haaland pun keluar sebagai top skor turnamen dengan koleksi sembilan gol.

Ia unggul empat bola dari runner-up top skor yang dipegang empat nama berbeda, yakni Andrea Pinamonti (Italia), Amadou Sagna (Senegal), Sebastian Soto (Amerika Serikat) dan Danylo Sikan (Ukraina). Karena itu, Haaland telah membuat pijakan luar biasa di level junior, sebelum nantinya melegenda di kategori senior.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini