nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cruyff yang Tak Akrab dengan Prestasi di Level Internasional

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 14 September 2019 10:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 13 51 2104592 cruyff-yang-tak-akrab-dengan-prestasi-di-level-internasional-k2RZ52Dw7z.jpg Johan Cruyff tak pernah meraih sukses di Timnas Belanda (Foto: New York Times)

NAMA Johan Cruyff sudah naik daun sejak memulai karier profesionalnya sebagai pesepakbola pada musim 1964-1965. Pria asal Belanda itu telah menorehkan prestasi luar biasa di level klub dengan meraih 24 trofi. Sebanyak 18 dari 24 trofi itu diraih Cruyff dalam balutan seragam Ajax Amsterdam yang merupakan klub masa kecilnya sementara sisanya ia rengkuh saat membela Barcelona (dua) dan Feyenord (dua).

Kendati demikian, prestasi di level klub tak menular saat Cruyff berlaga untuk Tim Nasional (Timnas) Belanda. Torehan 33 gol dalam 44 penampilan untuk Timnas Belanda tak berbuah trofi. Prestasi terbaik dari jebolan akademi Ajax itu adalah membawa Timnas Belanda menyegel posisi dua di Piala Dunia 1974.

Johan Cruyff terkenal dengan nomor 14

Cruyff memulai debutnya untuk Timnas Belanda pada 1966 tetapi baru benar-benar berperan penting untuk Oranye –julukan Timnas Belanda pada Piala Dunia 1974. Pada gelaran Piala Dunia 1974, Cruyff yang berusia 27 tahun bertindak sebagai kepten sekaligus poros permainan bagi Timnas Belanda.

Saat itu Timnas Belanda diasuh oleh Rinus Michels yang juga pernah melatih Cruyff di level klub saat sama-sama membela Ajax (1965-1971) dan Barcelona (1973-1975). Cruyff pun jadi andalan Michels untuk membawa Timnas Belanda berjaya di Piala Dunia 1974 dengan taktik permainan Total Football.

Timnas Belanda saat itu menggunakan taktik Total Football yang dipopulerkan Michels sejak menukangi Ajax. Total Football memungkinkan semua pemain untuk bertukar posisi sambil menekan lawan. Permainan itu amat mengandalkan Cruyff yang piawai bermain pada beberapa posisi di lini depan meski aslinya merupakan seorang penyerang tengah.

Karier Johann Cruyff

Kendati demikian, Total Football rupanya tak bisa membawa Timnas Belanda untuk menjuarai Piala Dunia 1974. Pasalnya, meski mencapai partai puncak tetapi Timnas Belanda harus kalah dengan skor tipis 1-2 dari Jerman Barat.

Timnas Belanda sejatinya unggul lebih dulu lewat gol dari Neeskens yang dicetak dari titik putih pada menit dua. Akan tetapi, Jerman Barat menyamakan kedudukan melalui gol yang dibuat Breitner juga dari titik putih pada menit 25. Jerman Barat akhirnya memupuskan harapan Timnas Belanda untuk menjadi juara dunia Piala Dunia 1974 dengan gol yang dibuat Muller pada menit 43.

Kemudian Cruyff tak ikut ambil bagian saat Timnas Belanda berlaga di Piala Dunia 1978 karena suatu masalah sehingga prestasi terbaiknya adalah membawa Oranye menduduki peringkat dua pada 1974. Timnas Belanda akhirnya mengakhiri Piala Dunia 1978 dengan posisi serupa seperti empat tahun lalu tanpa kehadiran Cruyff.

(fmh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini