nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Johan Cruyff, Anak Petugas Pembersih Ajax yang Jadi Legenda Sepakbola Dunia

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 14 September 2019 08:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 13 51 2104564 johan-cruyff-anak-petugas-pembersih-ajax-yang-jadi-legenda-sepakbola-dunia-aD09tilVUb.jpg Johan Cruyff. (Foto: Twitter Barcelona)

JOHAN Cruyff adalah sosok yang amat harum namanya di sepakbola dunia. Kendati demikian, tak semua orang tahu latar belakang keluarga seorang legenda sepakbola Belanda dan dunia tersebut. Cruyff lahir dengan nama lengkap Hendrik Johannes Cruyff pada 25 April 1947 di Amsterdam, Belanda.

Cruyff merupakan buah hati kedua dari Hermanus Cornelis Cruyff dan Petronella Bernarda Draaijer. Cruyff memiliki seorang kakak yang bernama Henny Cruyff. Kedua orangtua Cruyff memiliki toko untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Akan tetapi, kehidupan keluarga Cruyff berubah saat sang ayah, Herman, meninggal dunia pada 1957 akibat serangan jantung.

BACA JUGA: Barcelona Resmikan Stadion Johan Cruyff

Cruyff yang waktu itu masih berusia 10 tahun sempat mengalami kesulitan ekonomi sehingga sang ibu pun harus bekerja juga sebagai petugas pembersih di Ajax Amsterdam selain menjalankan toko. Akan tetapi, Petronella tak sanggup menggeluti dua pekerjaan sekaligus sehingga memilih fokus menjadi petugas pembersih. Tak lama setelah itu Petronella menikah dengan suami keduanya yang bernama Henk Angel.

Johann Cryuff

Pekerjaan baru itu tak hanya membawa berkah untuk Petronella tetapi juga Cruyff. Bakat sang anak yang sedari kecil memang amat menggilai sepakbola akhirnya mulai dilirik para pencari bakat Ajax. Cruyff yang mengidolai top skor Belanda masa itu, Faas Wilkes, pun memanfaatkan kesempatan secara maksimal untuk bergabung dengan Ajax.

Para pencari bakat Ajax akhirnya merekrut Cruyff pada 1959 sehingga kehidupannya pun berubah drastis. Sebagai anak-anak Cruyff bersekolah di pagi hari kemudian lanjut berlatih serta membantu pekerjaan dari sang ibu. Meski memiliki masa kecil yang sulit sejak ditinggal sang ayah tetapi pengalaman itu yang membentuk Cruyff jadi sosok yang tangguh.

Kerja keras Cruyff untuk menjadi pesepakbola hebat pun terbayarkan dengan karier profesional yang gemilang. Cruyff telah mengoleksi 24 trofi yang 18 di antaranya diraih dalam balutan seragam Ajax. Nama Cruyff pun menjadi legenda di Ajax dengan catatan luar biasa tersebut.

Johann Cryuff

Selain Ajax, Cruyff juga menjadi legenda bagi Barcelona karena sumbangsih dua trofinya untuk publik Camp Nou. Kendati demikian, Cruyff lebih melegenda saat berperan sebagai juru taktik Barcelona karena mampu memberikan 11 trofi.

Sejak masih aktif merumput, Cruyff dikenal sebagai perokok berat. Kebiasaan buruk Cruyff itu berbuah penyakit kanker paru-paru yang harus mengakhiri hidup legenda sepakbola dunia tersebut pada 24 Maret 2016 dalam usia 68 tahun.

1
2

Berita Terkait

Liputan Khusus

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini