nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Indonesia, 4 Negara ASEAN Ini Jadi Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia U-16 2020

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 13:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 13 51 2104383 selain-indonesia-4-negara-asean-ini-jadi-tuan-rumah-kualifikasi-piala-asia-u-16-2020-PGGuEtyxkE.jpg Stadion Madya, venue Kualifikasi Piala Asia U-16 2020. (Foto: PSSI)

JAKARTA Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 yang berisikan China, Filipina, Brunei Darussalam dan Kepulauan Marian Utara. Status tuan rumah praktis memberi keuntungan Indonesia, mengingat Marselino Ferdinan dan kawan-kawan mendapat dukungan langsung dari publik sendiri.

Meski begitu, Indonesia bukan satu-satunya negara Asia Tenggara (ASEAN) yang ditunjuk sebagai tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U-16 2020. Dari 11 grup yang menggelar kualifikasi, lima di antaranya bertuanrumahkan tim asal Asia Tenggara. Selain Indonesia, ada nama Vietnam, Myanmar, Singapura dan Laos.

Timnas Indonesia U-16

Golden Stars –julukan Vietnam– menjadi tuan rumah Grup H yang berisikan Australia, Timor Leste, Mongolia dan Makau. Kemudian, Singapura menjadi tuan rumah Grup I yang diisi Korea Utara, Hong Kong dan Guam.

BACA JUGA: Potensi Filipina, Brunei dan Mariana Utara Jadi Bulan-bulanan Timnas Indonesia U-16

Selanjutnya, Laos menjadi tuan rumah Grup J yang ditempati Jepang, Malaysia dan Kamboja. Kemudian, Myanmar menjadi tuan rumah Grup K yang berisikan Korea Selatan, Thailand dan Taiwan.

Status tuan rumah berpotensi menguntungkan wakil-wakil negara Asia Tenggara. Bukan tak mungkin, kejadian yang terjadi di Piala Asia U-16 2018 kembali terulang pada edisi 2020. Pada Piala Asia U-16 2018, terdapat empat wakil Asia Tenggara yang turut serta mentas di putaran final, yakni Indonesia, Thailand, Vietnam dan tuan rumah Malaysia.

Timnas Indonesia U-16

Pada Piala Asia U-16 2020, satu wakil Asia Tenggara sudah dipastikan mentas yakni Singapura yang berstatus sebagai tuan rumah. Meski berstatus sebagai tuan rumah, Singapura tetap ambil bagian di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020. Hal itu dijadikan mereka sebagai ajang uji coba.

Berikut grup yang bertuanrumahkan wakil Asia Tenggara di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020:

Grup G: Indonesia, China, Filipina, Brunei Darussalam dan Mariana Utara

Grup H: Singapura, Korea Utara, Hong Kong dan Guam

Grup I: Vietnam, Australia, Timor Leste, Mongolia dan Makau

Grup J: Laos, Jepang, Malaysia dan Kamboja

Grup K: Myanmar, Korea Selatan, Thailand dan Taiwan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini