Jebolan Piala AFF U-19 Bela Klub-Klub Elite Eropa, Siapa Saja?

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2019 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 19 51 2081026 jebolan-piala-aff-u-19-bela-klub-klub-elite-eropa-siapa-saja-Xx2lUtwL2Q.jpg Sardar Azmoun saat membela Timnas Iran. (Foto: REUTERS)

PIALA AFF U-18 akan digelar di Vietnam pada 6-19 Agustus 2019. Di tahun ganjil seperti sekarang (2019), turnamen tahunan itu menggunakan nama U-18. Sementara di tahun genap seperti tahun depan (2020) akan menggunakan nama Piala AFF U-19.

Terlepas dari nama yang digunakan, ajang Piala AFF U-18/U-19 kerap diikuti pemain-pemain berbakat. Salah satu contohnya adalah Egy Maulana Vikri yang kini membela klub asal Polandia, Lechia Gdansk. Egy sendiri merupakan top skor Piala AFF U-18 2018 setelah mencetak delapan gol.

Egy di Lechia Gdansk

(Egy Maulana Vikri kini bela Lechia Gdansk)

Bicara soal top skor dan pemain brilian, turnamen ini ternyata pernah diikuti pesepakbola-pesepakbola yang kini eksis di klub-klub top Eropa. Pada Piala AFF U-19 2012 yang digelar di Vietnam, AFF selaku penyelenggara mengundang tim kuat Asia Barat, Iran.

Selain Iran, AFF juga mengundang Uzbekistan. Total, saat itu turnamen hanya diikuti empat negara yakni tuan rumah Vietnam, Australia, Uzbekistan dan Iran. Akan tetapi, bukan Vietnam, Australia dan Uzbekistan yang tampil menjadi juara.

BACA JUGA: Timnas Indonesia U-19 Menang 2-1 atas Persibo Bojonegoro

Menggunakan format round robbin, Iran keluar sebagai juara grup setelah menyapu bersih tiga pertandingan dengan kemenangan. Berturut-turut, mereka menang 2-1 atas Vietnam, Australia (4-1) dan Uzbekistan (2-1). Setelah itu, Iran kemudian dipertemukan dengan Uzbekistan selaku runner-up grup di partai final.

Pada akhirnya Iran menjadi kampiun setelah menang 2-1 atas Uzbekistan. Saat itu dalam perjalanan menjadi juara, Iran mengandalkan duet Alireza Jahanbakhsh dan Sardar Azmoun. Dari empat pertandingan, kedua nama di atas sama-sama mengoleksi empat gol dan keluar sebagai top skor.

Sekarang, Alireza dan Sardar pun berkembang menjadi pemain top. Selain menghuni lini depan Timnas Iran, mereka juga membela klub-klub top Eropa. Alireza saat ini membela klub Liga Inggris, Brighton & Hove Albion. Di Liga Inggris 2018-2019, Alireza yang beroperasi sebagai winger kanan turun di 19 pertandingan.

Alireza bela Brighton

(Alireza bela Brighton)

Sebelum membela Brighton, winger 25 tahun itu sempat membela NEC Nijmegen dan AZ Alkmaar. Bagaimana dengan Sardar? Ia saat ini berstatus sebagai penyerang Zenit st Petersburg. Dari 26 penampilan di Liga Rusia 2018-2019, Sardar mengoleksi 13 gol!

Melihat kesuksesan Sardar dan Alireza di atas, pemain-pemain seperti Amiruddin Bagus Kahfi, Mochammad Supriadi dan lain-lain memiliki peluang yang sama besarnya untuk berkibar di kompetisi top Eropa. Sekadar informasi, Bagus dan Supriadi akan membela Timnas Indonesia di Piala AFF U-18 2019.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini