nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Batistuta, Legenda Fiorentina yang Dipuja Rakyat Argentina

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 06 Juli 2019 10:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 05 51 2075097 batistuta-legenda-fiorentina-yang-dipuja-rakyat-argentina-5ZFcqmLwTA.jpg Batistuta melegenda bersama Fiorentina. (Foto: MomenDicalcio.com)

GABRIEL Batistuta merupakan sosok yang disegani di Liga Italia terutama pada era 1990-an dan awal 2000-an. Pria berpaspor Argentina itu bisa merasakan atmosfer Liga Italia berkat jasa Fiorentina yang merekrutnya dari Boca Juniors pada musim panas 1991.

Bersama Fiorentina nama Batistuta benar-benar melambung di jagat sepakbola waktu itu. Ketajaman Batistuta mampu membawa Fiorentina meraih dua trofi yakni Coppa Italia (1995-1996) dan Piala Super Italia (1996-1997) dalam sembilan musim pengabdiannya.

Gabriel Batistuta saat membela Fiorentina

Kendati demikian, Batistuta berhak menerima gelar legenda Fiorentina bukan hanya karena dua trofi yang diraihnya melainkan juga kesetiaan. Batistuta sejatinya bisa saja meninggalkan Fiorentina saat terdegradasi pada musim 1992-1993 tetapi ia tak melakukannya.

Batistuta lebih memilih untuk bertahan di Fiorentina dan membawa mereka kembali ke Liga Italia semusim setelahnya. Kesetiaan Batistuta dibayar fans Fiorentina dengan membuatkannya patung di depan Stadion Artemio Franchi.

Tajam di level klub juga menular saat Batistuta berseragam Tim Nasional (Timnas) Argentina. Batistuta mengenakan seragam Timnas Argentina dalam tiga gelaran Piala Dunia yakni pada edisi 1994, 1998 dan 2002.

Patut disayangkan, hingga Batistuta pensiun dari Timnas Argentina pada 2002 tidak ada satu pun trofi Piala Dunia yang berhasil diraih. Fakta itu cukup memilukan mengingat awal mula Batistuta tejun ke dunia sepakbola ialah karena melihat Timnas Argentina menjuarai Piala Dunia 1978.

Gabriel Batistuta saat membela Timnas Argentina

Kendati demikian, Batistuta tetap menorehkan prestasi bersama Timnas Argentina yakni dengan menjuarai Copa America edisi 1991 dan 1993 serta Piala Konfederasi 1992. Batistuta juga memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak untuk Albiceleste –julukan Timnas Argentina– dengan torehan 56 gol dari 78 caps.

Infografis Gabriel Batistuta

Namun, rekor itu kini telah menjadi miliki Lionel Messi yang memecahkannya pada Copa America 2016. Satu gol yang dicetak Messi dalam kemenangan 4-0 Timnas Argentina atas Amerika Serikat telah membuatnya mengoleksi 55 gol. Saat ini Messi tercatat sudah mengoleksi 65 gol untuk Timnas Argentina.

Messi mungkin telah melewati rekor itu tetapi hal tersebut tak akan mengubah pandangan rakyat Argentina terhadap Batistuta. Pria yang kini genap berusia 50 tahun itu adalah salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Albiceleste.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini