nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gerrard, Kapten Fantastis yang Gagal Bawa Liverpool Juara Liga Inggris

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 20 April 2019 14:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 20 51 2045841 gerrard-kapten-fantastis-yang-gagal-bawa-liverpool-juara-liga-inggris-mBUlIBqnKF.jpeg Steven Gerrard. (Foto: Independent)

STEVEN Gerrard mendapat julukan kapten fantastis karena mampu mencetak gol di final Piala FA, Piala Liga Inggris dan Liga Champions. Hebatnya tiap kali Gerrard mencetak gol di partai puncak, klub yang dibela Gerrard yakni Liverpool selalu keluar sebagai juara.

Selama 17 tahun (1998-2015) membela tim senior Liverpool, Stevie G –sapaan akrab Gerrard– tercatat mengoleksi sembilan gelar. Trofi Piala Liga Inggris jadi yang terbanyak, yang mana Gerrard mempersembahkan tiga gelar bagi publik Anfield.

Baca Juga: Pengalaman Buruk Gerrard Jadi Kapten Inggris di Piala Dunia 2014

Akan tetapi, dari sederet gelar bergengsi yang pernah disabet Gerrard, ada satu trofi yang gagal dimenangi eks kapten Tim Nasional (Timnas) Inggris itu. Gelar yang dimaksud adalah trofi Liga Inggris.

Selama 17 musim membela Liverpool, Gerrard turun di 504 laga Liga Inggris dengan koleksi 121 gol dan 70 assist. Selama itu juga, prestasi terbaik Gerrard bersama Liverpool di Liga Inggris mengantarkan sang klub finis di posisi dua pada edisi 2001-2002, 2008-2009 dan 2013-2014.

Akan tetapi ketimbang dua edisi lain, momen musim 2013-2014 jadi yang paling sulit dilupakan Gerrard. Bagaimana tidak, Gerrard membuat kesalahan di akhir musim sehingga gelar yang sudah berada di depan mata harus terbang ke markas Manchester City.

Saat itu di pekan 36 Liga Inggris 2013-2014, Liverpool kedatangan Chelsea. Sebelum laga dimulai, Liverpool sedang memuncaki klasemen dengan koleksi 80 angka, unggul tiga poin dari Man City di posisi dua.

Jelas, Liverpool saat itu berambisi meraih kemenangan. Jika tidak meraih kemenangan, skor imbang minimal digapai. Hal itu karena Chelsea juga tampil lumayan di bawah asuhan Jose Mourinho. Akan tetapi, Liverpool gagal mendapatkan poin saat itu.

Liverpool takluk 0-2 dari Chelsea dan di laga lain Man City menang dramatis 3-2 atas Everton. Kekalahan 0-2 yang dialami Liverpool dari Chelsea pun langsung menyorot Gerrard. Saat itu, ketika babak pertama hampir berakhir, Gerrard melakukan blunder.

Akibat gagal menerima umpan Mamadou Sakho secara sempurna, Gerrard terpeleset. Saat itu, penyerang Chelsea, Demba Ba, merebut bola liar untuk kemudian berlari sendirian ke gawang Liverpool. Dengan tenang, eks penyerang Newcastle United itu membobol gawang Liverpool kawalan Simon Mignolet.

Setelah gol tersebut, permainan Liverpool tak kunjung membaik. Bahkan Chelsea sanggup menambah pundi-pundi golnya lewat pemain pengganti, Willian Borges, di menit 90+4. Usai kekalahan itu, Liverpool ditahan 3-3 oleh Crystal Palace sepekan berselang, meski sempat unggul 3-0.

Meski mampu mengalahkan Newcastle United 2-1 di laga terakhir, hasil itu tidak membantu banyak. Sebab setelah kemenangan atas Everton, Man City menyapu bersih dua laga sisa dengan kemenangan. Alhasil, Man City menutup kompetisi dengan gelar juara setelah mengoleksi 86 angka, unggul dua poin dari Liverpool di posisi dua.

Di musim selanjutnya atau pada Liga Inggris 2014-2015,  hasil yang didapat Liverpool menurun drastis. Saat itu, Liverpool hanya finis di posisi enam dan di akhir musim, Gerrard memutuskan pergi dari Liverpool untuk bergabung bersama Los Angeles (LA) Galaxy.

(RNR)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini