nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sosok Pengganjal Gerrard Sabet Trofi Ballon dOr dan Pemain Terbaik Dunia 2005

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 20 April 2019 12:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 20 51 2045802 sosok-pengganjal-gerrard-sabet-trofi-ballon-dor-dan-pemain-terbaik-dunia-2005-BkaM06yCVQ.jpg Steven Gerrard mengantarkan Liverpool keluar sebagai kampiun di Liga Champions 2004-2005. (Foto: The Sun)

SEWAKTU aktif sebagai pesepakbola dalam kurun 1998-2017, Steven Gerrard hanya satu kali masuk nominasi peraih trofi Ballon dOr. Momen itu terjadi pada 2005 atau ketika Stevie G –sapaan akrab Gerrard– mengantarkan Liverpool keluar sebagai kampiun Liga Champions.

Menjadi otak di balik keberhasilan The Reds –julukan Liverpool– mengangkat trofi si Kuping Besar membuat Gerrard dijagokan merebut trofi Ballon dOr 2005. Akan tetapi, kenyataannya tidak demikian.

Pria yang kini memiliki tiga anak tersebut harus puas berada di posisi tiga di bawah Ronaldinho Gaucho (Barcelona) dan Frank Lampard (Chelsea). Saat itu, penilaian siapa yang layak memenangi trofi Ballon dOr memang tidak dilihat dari keberhasilan bersama klub maupun tim nasional, namun dipandang lewat skill individu.

Steven Gerrard

Saat itu, Ronaldinho memang menarik perhatian banyak pihak lewat skill tinggi yang dimiliki. Mentas sebagai winger kiri, Ronaldinho sangat lincah menelusuri sisi pinggir lapangan untuk kemudian melepaskan umpan silang atau menusuk langsung pertahanan lawan.

Skill olah bola itulah yang tidak dimiliki Gerrard sehingga suami dari Alex Curran itu kalah dari Ronaldinho. Dalam urusan jumlah gol, Gerrard juga kalah dari Lampard. Di sepanjang musim 2004-2005, Gerrard mengoleksi 13 gol dari 43 penampilan di semua kompetisi bareng Liverpool.

Infografis Steven Gerrard

Untuk ukuran gelandang, jumlah tersebut cukup tinggi. Akan tetapi, jumlah itu masih kalah dari Super-Lamps –julukan Lampard– yang sanggup mengoleksi 19 gol dari 58 penampilan bersama Chelsea.

Sekarang yang jadi pertanyaan, bagaimana pencapaian Gerrard di ajang penganugerahan pemain terbaik dunia (FIFA World Player) 2005? Gerrard mendapatkan posisi yang jauh lebih buruk. Saat itu, Gerrard hanya menempati posisi tujuh dengan koleksi 131 angka.

Gerrard terpaut 825 poin dari Ronaldinho Gaucho yang merebut status terbaik. Karena itu, kejayaan Gerrard pada 2005 bisa dibilang tertutupi pesona Ronaldinho yang hanya membawa Barcelona meraih trofi juara Liga Spanyol 2004-2005.

(dji)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini