nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Timnas Futsal Indonesia U-20 Bantai Malaysia dengan Skor 4-2

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 07 Desember 2018 17:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 07 51 1988252 timnas-futsal-indonesia-u-20-bantai-malaysia-dengan-skor-4-2-wLuA2KXpUn.jpg Timnas Futsal Indonesia U-20 (Foto: Twitter/@PSSI)

BANGKOK – Tim Nasional (Timnas) futsal Indonesia U-20 melakoni matchday kedua kualifikasi Piala Asia Futsal U-20 2019 zona Asia Tenggara, di Huamark Indoor Stadium, Bangkok, Thailand, Jumat (7/12/2018). Hingga pertandingan selesai, Timnas futsal Indonesia U-20 menang telak 4-2 atas Malaysia.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pada menit-menit awal pertandingan, kedua tim masih meraba permainan masing-masing. Akan tetapi, baru dua menit pertandingan berjalan gawang Timnas futsal Indonesia U-20 harus kebobolan oleh Ahmad Harith Naim Bin Mohd Nasir.

Gol itu terjadi akibat blunder yang dilakukan kapten Timnas futsal Indonesia U-20, Muhammad Rizki Xavier, di mana operannya bisa direbut pemain Malaysia sehingga terjadi serangan balik mematikan, yang dituntaskan secara dingin oleh Harith. Kedudukan pun berubah menjadi 0-1 untuk keunggulan Malaysia.

Timnas Futsal Indonesia U-20 vs Malaysia (Foto: MeTube)

Selepas gol itu, Timnas futsal Indonesia U-20 berusaha untuk menaikkan tempo permainan agar bisa membuat gol penyeimbang. Kendati demikian, segala usaha tim asuhan Kensuke Takahashi itu masih bisa digagalkan oleh para pemain Malaysia.

Dengan keadaan tertinggal satu gol, Takahashi pun melakukan pergantian pemain dengan memasukkan nama-nama baru untuk membongkar pertahanan Malaysia. Hal itu pun berbuah hasil dengan semakin meningkatnya serangan yang dilancarkan Timnas futsal Indonesia U-20.

Salah satu pemain yang baru masuk, Firman Adriansyah, sempat melepaskan tembakan keras ke gawang Malaysia, tetapi arah bola masih belum tepat sasaran. Setelah 13 menit pertandingan berjalan, Malaysia melakukan serangan balik berbahaya, tetapi peluang itu masih bisa digagalkan penjaga gawang Timnas futsal Indonesia U-20, Ahmad Habiebie.

Usaha Timnas futsal Indonesia U-20 untuk menyamakan kedudukan akhirnya berbuah hasil, saat tendangan keras Dewa Rizki Amanda merobek jala gawang Malaysia. Akan tetapi, drama tidak selesai sampai di sana saja karena Muhammad Ekmal Bin Shahrin harus menerima kartu merah, akibat menyikut salah satu pemain Timnas futsal Indonesia U-20.

Unggul jumlah pemain, Timnas futsal Indonesia U-20 bisa menambah gol lagi berkat aksi Mohamad Afif Rizky. Beberapa menit berselang, Timnas futsal Indonesia U-20 kembali menambah gol berkat sundulan dari Rizal Mustofa. Berkat gol itu, Timnas futsal Indonesia U-20 menutup babak pertama dengan keunggulan 3-1 atas Malaysia.

Babak Kedua

Saat babak kedua dimulai, Malaysia langsung melancarkan tekanan ke pertahanan Timnas futsal indonesia U-20. Akan tetapi, usaha itu masih belum bisa menembus pertahanan kukuh yang dibangun Timnas futsal Indonesia U-20.

Kendati demikian, kendali permainan tanpa disangka masih dimiliki Malaysia sedangkan Timnas futsal Indonesia lebih mengandalkan serangan balik. Bahkan, gawang Habiebie pun sempat terancam lewat sepakan jarak jauh dari Muhamad Zakry Asraf Bin Roslan. Beruntung arah bola masih melebar tipis ke sisi kanan gawang Habiebie.

Tak mau terus berada dalam kendali Malaysia, tim asuhan Takahashi itu pun mulai keluar menyerang. Peluang hadir lewat kaki Muhammad Syaifullah, tetapi sepakan jarak jauhnya masih bisa ditangkap dengan lengket oleh penjaga gawang Malaysia.

Timnas Futsal Indonesia U-20 vs Malaysia (Foto: MeTube)

Perlahan-lahan Timnas futsal Indonesia U-20 pun berusaha untuk balik menekan pertahanan Malaysia. Usaha tim asuhan Takahashi itu pun akhirnya berbuah hasil saat serangan balik cepat bisa dituntaskan secara dingin oleh Syaifullah. Kedudukan pun kembali berubah untuk keunggulan 4-1 Timnas futsal Indonesia U-20 atas Malaysia.

Setelah unggul cukup jauh, Timnas futsal Indonesia U-20 pun berusaha untuk menurunkan tempo agar permainan Malaysia tidak berkembang. Sementara itu, Malaysia pun tidak mau mengalah begitu saja sehingga mereka akhirnya memainkan strategi power play.

Akibat strategi Malaysia itu, Timnas futsal Indonesia U-20 pun jadi lebih tertekan dibandingkan sebelumnya. Gol untuk Malaysia pun hadir lewat titik putih saat Iskandar Bin Harun membobol gawang Timnas futsal Indonesia U-20. Akan tetapi, itu adalah gol terakhir yang tercipta di pertandingan itu sehingga Timnas futsal Indonesia U-20 tetap menang telak atas Malaysia dengan skor akhir 4-2.

Berikut susunan pemain Timnas futsal Indonesia U-20 vs Malaysia, Jumat (7/12/2018).

Timnas futsal Indonesia U-20: Ahmad Habiebie, Muhammad Rizki Xavier, Mohammad Afif Rizky, Muhammad Sanjaya, Muhamad Revi Afrian.

Malaysia: Aiman Fikry Bin Ramli, Muhammad Syamel Bin Johan, Iskandar Bin Harun, Ahmad Harith Naim Bin Mohd Nasir, Muhamad Zakry Asraf Bin Roslan.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini