nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kandaskan Vietnam, Indonesia Jadi Juara Ketiga di Piala AFF Futsal 2018

Bagas Abdiel, Jurnalis · Minggu 11 November 2018 12:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 11 51 1976213 kandaskan-vitenam-indonesia-jadi-juara-ketiga-di-piala-aff-futsal-2018-N3ZZ43yvKF.jpg Timnas Indonesia menang atas Vietnam di Piala AFF Futsal 2018

YOGYAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia keluar sebagai juara ketiga di Piala AFF Futsal 2018 yang berlangsung di GOR UNY, Yogyakarta, Minggu (11/11/2018) siang WIB. Kepastian tersebut didapat Indonesia usai menaklukkan Vietnam di laga perebutan juara ketiga dengan skor 3-1.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas Indonesia harus kecolongan gol di awal babak pertama setelah para pemain Vietnam mencoba melakukan tekanan sejak laga dimulai. Gol pembuka Vietnam terjadi pada menit keempat melalui Dang Anh Tai.

Gol tersebut lahir melalui kaki Dang Anh Tai setelah memanfaatkan umpan dari rekannya di posisi tendangan sudut. Seakan tak ada penjagaan ketat, Dang Anh Tai dengan mudah melesakkan bola ke gawang Timnas Indonesia.

Baca juga Timnas Futsal Indonesia vs Vietnam 1-1 di Babak Pertama

Tertinggal satu gol membuat Indonesia keluar dari tekanan dan mencoba untuk menyerang pertahanan Vietnam. Tetapi pertahanan Vietnam juga tidak mudah goyah. Sehingga tak ada peluang berarti yang didapat Indonesia pada laga tersebut.

Timnas Futsal Indonesia vs Vietnam

Sementara itu, Vietnam juga melakukan serangan yang beberapa kali menghasilkan peluang emas. Namun usaha mereka masih belum membuahkan hasil untuk mencetak gol kedua. Skor 0-1 masih bertahan untuk keunggulan Vietnam.

Sedangkan satu-satunya peluang emas yang dimiliki Indonesia diraih Subhan Faidasa pada menit sembilan. Sayang tembakannya masih mengenai tiang gawang Vietnam. Akan tetapi pada menit 17, Indonesia akhirnya bisa sedikit bernapas lega.

Andri Kustiawan berhasil mencetak gol penyeimbang lewat kerja sama dengan Bambang Bayu Saptaji. Gol tersebut pun sukses mengubah keadaan menjadi 1-1. Kedudukan pun tak mengalami perubahan hingga 20 menit laga babak pertama usai. Indonesia dan Vietnam imbang 1-1.

Babak Kedua

Hasil imbang di babak pertama memberi motivasi tersendiri bagi Bayu Saptaji dan kawan-kawan. Terbukti sejak awal laga mereka mampu melakukan serangan yang membuat pertahanan Vietnam sedikit kocar-kacir.

Berbeda dengan babak pertama, Indonesia benar-benar mendominasi jalannya laga. Enam menit berlangsung, Indonesia berhasil mencetak gol kedua sekaligus membuat keunggulan pada laga tersebut. Gol tersebut terjadi pada menit 26 melalui Subhan Faidasa.

Timnas Futsal Indonesia vs Vietnam

Subhan kembali mencetak gol setelah melakukan kerjasama dengan Ardiansyah Runtuboy untuk meruntuhkan gawang Vietnam. Gol tersebut pun mengubah keadaan menjadi 2-1 untuk keunggulan Indonesia.

Lima menit berselang, Indonesia mampu kembali menambah keunggulan. Kali ini melalui Bayu Saptaji yang berhasil mencetak gol ketiga melalui set piece tendangan bebas. Gol berkelasnya tersebut mampu mengubah keadaan menjadi 3-1 untuk keunggulan Indonesia.

Timnas Futsal Indonesia vs Vietnam

Keunggulan itu pun terus bertahan hingga laga usai. Meski Vietnam mencoba memainkan strategi powerplay, Indonesia mampu mempertahankan keunggulan tersebut. Skor 3-1 memastikan tim tuan meraih gelar juara ketiga di Piala AFF Futsal 2018.

Susunan Pemain

INDONESIA V: Muhamad Nazil Purnama; Marvin Alexa Wossiry, Bambang Bayu Saptaji, Al Fajri Zikri, Andri Kustiawan.

VIETNAM V: Ho Van Y; Vu Quoc Hung, Tran Van Vu, Nguyen Thanh Tin, Chu Van Tien.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini