nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pembelian Terbaik Man United Setelah Era Ferguson, Nomor 1 Kesayangan Mourinho

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 11 Mei 2018 15:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 11 45 1897116 5-pembelian-terbaik-man-united-setelah-era-ferguson-nomor-1-kesayangan-mourinho-7cs68bwj0L.jpg Herrera dan Mata dua pembelian terbaik Man United setelah era Ferguson. (Foto: AFP/Oli Scarff)

SIR Alex Ferguson merupakan pelatih tersukses sepanjang sejarah berdirinya Manchester United. Selama hampir 27 tahun (1986-2013) menangani Setan Merah, Fergie –sapaan akrab Ferguson– memberikan 38 gelar bagi publik Stadion Old Trafford. Sepeninggal Ferguson, prestasi Man United mengalami penurunan.

Dalam kurun lima musim terakhir, Man United hanya mengemas lima gelar. Meski terlihat banyak, namun dua gelar di antaranya hanyalah trofi Community Shield. Meski begitu, dibutuhkan usaha luar biasa dalam merebut serangkaian trofi tersebut.

Dalam usaha meraih gelar itu, Man United dibantu pemain-pemain anyar yang didatangkan setelah era Ferguson. Sekarang yang jadi pertanyaan, siapa saja pembelian terbaik Man United setelah era Ferguson?

Berikut 5 pembelian terbaik Man United setelah era Ferguson, mengutip dari Sportskeeda:

5. Ander Herrera

Herrera

(Foto: AFP)

Herrera didatangkan Man United dari Athletic Bilbao pada bursa transfer musim panas 2014 dengan harga 36 juta euro atau sekira Rp600 miliar. Hingga musim lalu, gelandang berpaspor Spanyol itu merupakan pemain andalan The Red Devils. Bahkan musim lalu, gelandang berusia 28 tahun itu meraih predikat sebagai pemain terbaik Man United.

Musim ini, peran Herrera memang agak terkebiri seiring kedatangan Nemanja Matic. Akan tetapi ketika dibutuhkan, Herrera selalu dapat diandalkan. Selama membela Man United, Herrera telah tampil di 158 pertandingan dengan koleksi 17 gol dan 24 assist.

4. Juan Mata

Juan Mata

(Foto: REUTERS/Carl Recine)

Mata merupakan pengatur serangan Man United, semenjak didaratkan di Stadion Old Trafford pada bursa transfer musim dingin 2014. Saat itu, Mata digaet dari Chelsea seharga 44 juta pounds atau sekira Rp834 miliar.

Selain fasih dimainkan sebagai playmaker, Mata juga dapat diandalkan untuk dioperasikan di posisi winger kanan. Fleksibilitas permainan itulah yang membuat Mata begitu diandalkan Man United. Sejauh ini, pesepakbola berpaspor Spanyol itu sudah tampil di 184 pertandingan dengan raihan 39 gol dan 32 assist.

3. Romelu Lukaku

Gaya Selebrasi Romelu Lukaku Usai Jebol Mantan Klubnya

Lukaku bisa dibilang penyerang terbaik yang pernah didatangkan Man United, setelah era Ferguson. Hal itu terbukti dengan koleksi golnya yang terhitung lumayan musim ini. Dari 50 pertandingan, penyerang berpaspor Belgia itu mengemas 27 gol. Bahkan jumlah golnya berpotensi bertambah jika mantan pemain Chelsea itu tidak dilanda cedera.

Meski begitu, pemain yang didatangkan dari Everton seharga 75 juta pounds (Rp1,42 triliun) pantang berbangga. Sebab penyerang berusia 24 tahun itu belum mampu memberikan trofi bagi Man United. Jika sembuh dari cedera engkel yang diderita, Lukaku berpotensi menghadirkan trofi pertama bagi Man United, saat mereka menghadapi Chelsea di final Piala FA 2017-2018 pad Sabtu 12 Mei 2018 malam WIB.

2. Eric Bailly

Eric Bailly

(Foto: REUTERS/Eddie Keogh)

Banyak yang tidak mengetahui sosok Bailly, saat didatangkan Man United dari Villarreal pada bursa transfer musim panas 2016. Meski begitu, Bailly membayar semua keraguan itu lewat performa brilian bersama Man United. Bisa dibilang ketimbang Chris Smalling, Marcos Rojo dan Phil Jones, Bailly merupakan bek tengah Man United yang tampil paling konsisten.

Musim ini saja, Bailly memiliki catatan impresif. Bek berpaspor Pantai Gading itu memiliki rata-rata tujuh aksi bertahan di setiap pertandingan. Akan tetapi, mantan bek Espanyol itu tak bisa banyak merumput musim ini karena sering mengalami cedera.

1. Nemanja Matic

Gol Nemanja Matic Antar Kemenangan 3-2 Man United atas Crystal Palace

Matic didatangkan dari Chelsea pada bursa transfer musim panas 2017 seharga 44 juta euro atau setara Rp733 miliar. Hebatnya, meski ini merupakan musim pertama membela Man United, gelandang berpaspor Serbia itu langsung tampil moncer bersama The Red Devils.

Mantan pemain Benfica itu tak hanya piawai dalam menghentikan serangan lawan, namun juga andal saat membangun serangan. Terbukti, Matic sanggup mencetak dua gol dan empat assist dari 48 penampilan bersama Man United. Bisa dibilang, keseimbangan permainan Man United agak terganggu ketika gelandang berusia 29 tahun itu harus absen.

Karena itu tak heran, Matic bisa dibilang anak kesayangan Mourinho. Sebab sebelum bekerja sama di Man United, Matic sempat berkolaborasi dengan Mourinho di Chelsea pada 2013-2015.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini