Image

Pecat Strachan, David Moyes Segera Jadi Pelatih Anyar Timnas Skotlandia

Rully Fauzi, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 14:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 13 51 1794743 pecat-strachan-david-moyes-segera-jadi-pelatih-anyar-timnas-skotlandia-cTUwFx3HS6.jpg

GLASGOW – Kegagalan Timnas Skotlandia menembus putaran final Piala Dunia 2018 membuat Gordon Strachan dipecat dari jabatannya sebagai pelatih kepala. Dilansir Sky Sports, nama eks pelatih Manchester United, David Moyes, pun difavortikan sebagai juru taktik anyar The Tartan Army –julukan Timnas Skotlandia.

Karier kepelatihan Moyes, yang kebetulan juga berkebangsaan Skotlandia, sejatinya merosot. Ya, tepatnya setelah pelatih berusia 54 tahun itu menerima pekerjaan melatih Man United pada musim panas 2013, sebagai pengganti Sir Alex Ferguson.

Moyes dipecat Man United pada akhir musim 2013-2014, padahal ia belum juga genap setahun menangani Setan Merah. Moyes lantas melanjutkan petualangannya di Spanyol dengan melatih Real Sociedad pada November 2014. Namun, ia kemudian kembali dipecat. La Real -julukan Sociedad- mendepaknya pada 9 November 2015.

Yang terbaru, Moyes menerima pekerjaaan sebagai pelatih Sunderland pada musim panas 2016. Sayang, Sunderland gagal menghindari jerat degradasi lantaran finis di peringkat buncit papan klasemen Liga Inggris musim lalu. Setelah sempat tak sepaham dengan owner, pelatih berambut abu-abu itu pun mengundurkan diri pada 22 Mei 2017.

Well, meski demikian, nampaknya nama besar Moyes masih merupakan daya tarik bagi SFA (PSSI-nya Skotlandia). Nama Moyes sendiri sebelumnya memang besar saat menukangi Everton pada 2002-2013, dan membuat klub berjuluk The Toffees itu stabil bercokol di top-half papan klasemen Liga Inggris.

(BACA JUGA: Jumpa Stoke City, Manchester City Kemungkinan Besar Bisa Kembali Mainkan Aguero)

Dan dilaporkan Sky Sports, Moyes sendiri juga menyambut baik kesempatan untuk berbicara dengan SFA, dan tentunya  sangat bersedia untuk mengisi kekosongan kursi pelatih kepala di Skotlandia. Selain Moyes, kandidat lain yang sempat dikaitkan dengan pekerjaan melatih Skotlandia adalah Alex McLeish, Paul Lambert hingga Sam Allardyce.

Untuk Moyes, tugas berat pun tentu sudah menanti. SFA tentu menargetkan Skotlandia untuk tampil di Piala Eropa 2020. Sebagai informasi, The Tartan Army terakhir tampil di turnamen besar pada 1998 silam, yakni di ajang Piala Dunia di Prancis.

(rul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini