Lima Negara yang Melampaui Impian di Piala Eropa 2016

Fetra Hariandja, Jurnalis · Jum'at 15 Juli 2016 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 15 3 1438795 lima-negara-yang-melampaui-impian-di-piala-eropa-2016-DhRtanJV8i.jpg

TIMNAS Prancis dan Jerman paling dijagokan tampil sebagai juara Piala Eropa 2016, sebelum turnamen digelar. Prancis menyandang sebagai tuan rumah dan Jerman jawara Piala Dunia 2014.

Tidak ada yang bisa membantah prediksi tersebut. Prancis bahkan nyaris mewujudkan target sebagai juara sebelum ditaklukan Portugal di partai puncak. Sementara Jerman harus mengakui keunggulan Prancis di babak semifinal.

Prancis dan Jerman bisa disebut gagal mewujudkan impian pada turnamen sepakbola terbesar di Eropa tahun ini. Harus menanti empat tahun ke depan untuk berusaha mengobati kekecewaan kali ini.

Bertolak belakang dengan Jerman dan Prancis. Lima negara kontestan Piala Eropa 2016 bisa dikatakan melampui target atau impian. Kelima negara itu adalah Islandia, Hungaria, Wales, Irlandia Utara dan Portugal.

1. Islandia

Menjadi mujizat bagi Islandia bisa melenggang hingga babak perempatfinal, sebelum dijinakan Prancis. Memang langkah Islandia ke babak delapan besar bukan keberuntungan, termasuk ketika menggilas Inggris 2-1 di perdelapan besar.

Islandia menjadi salah satu tim mengejutkan tahun ini. Mereka mencetak beberapa momen fantastis untuk mendapatkan pengakuan dari publik sepakbola. Penampilan pemain Islandia menunjukkan semangat dan tekad kuat.

2. Hungaria

Timnas Hungaria terpaksa melalui play-off untuk mengamankan satu tempat di putaran final Piala Eropa 2016. Ini menjadi pertama kali bagi Hungaria lolos ke putaran final dalam kurun 44 tahun. Beralasan bila kekuatan Hungaria dipandang sebelah mata.

Faknya, Hungaria bermain gemilang dan tidak terkalahkan pada babak penyisihan grup. Posisi puncak klasemen pun diraih pada akhir laga. Meski dikalahkan Belgia 4-0 di babak 16 besar, Hungaria sudah melampaui target dan berhasil membawa kehormatan untuk negaranya.

3. Wales

Setali tiga uang dengan Islandia dan Hungaria. Timnas Wales pun tidak bermimpi mampu menjadi yang terhebat di Piala Eropa 2016. Wales berangkat ke Prancis hanya bermodalkan kepercayaan diri setelah melalui babak kualifikasi secara mengesankan.

Ini adalah pertama kalinya Wales lolos ke putaran final setelah Piala Dunia 1958. Tekad besar para pemainnya membuahkan hasil. Wales seperti menjelma menjadi salah satu tim tangguh dengan menduduki puncak klasemen

Wales menduduki puncak klasemen grup B dan memastikan tempat di babak 16 besar. Wales sempat membuka impian tampil di final, sebelum akhirnya dihentikan Portugal 0-2 di semfinal.

4. Irlandia Utara

Timnas Irlandia Utara tampil memukau pada babak kualifikasi untuk memastikan diri bersaing di putaran final Piala Eropa. Irlandia Utara tiba di Prancis dengan keyakinan tinggi para pemainnya.

Dengan permainan kolektif, Irlandia Utara melenggang ke babak 16 besar. Perjalanan Irlandia Utara berakhir usai dihentikan Wales. Namun semangat juang yang ditunjukkan para pemain Irlandia Utara harus diapresiasi.

5. Portugal

Timnas Portugal mencetak rekor baru pada Piala Eropa. Nama Portugal akhirnya tercantum dalam daftar negara yang pernah menggenggam trofi Henri Delaunay.

Siapa menyangka Portugal mampu menginjakan kaki di puncak turnamen. Pasalnya, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan tidak mampu menunjukan permain sebagai tim juara, terutama di babak penyisihan Grup F.

Portugal memang memiliki sederet pemain berbakat, namun menolak dikatakan sebagai favorit juara. Terlebih dengan hanya mampu bermain imbang dalam tiga pertandingan perdana. Portugal tanpa taji mulai terlihat setelah mengalahkan Kroasia 1-0 pada babak 16 besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini