nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Barcelona Terancam Dihukum karena Spanduk Separatis

A. Firdaus, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2015 15:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 07 01 46 1174513 barcelona-terancam-dihukum-karena-spanduk-separatis-gBxzFSO3xD.jpg Suporter Barca yang memakai spanduk separatis (foto: AFP)

NYON – Barcelona terancam dihukum akibat ulah suporternya saat menang 3-1 atas Juventus di final Liga Champions 2015. Saat ini UEFA tengah melakukan investigasi terkait pelanggaran yang dilakukan suporter Barca.

Pelanggaran tersebut terjadi ketika pertandingan final Liga Champions di Olimpiastadion Berlin, 6 Juni 2015. Beberapa suporter Barca tertangkap memasang spanduk bertuliskan “Catalonia is not Spain” (Katalunya bukan bagian Spanyol).

Tak hanya itu, fans Barca juga disinyalir telah menyanyikan lagu kebebasan Katalunya. UEFA pun bergegas dan mulai melakukan proses investigasi.

Seperti dilansir Marca, Rabu (1/7/2015), Blaugrana terancam mendapatkan sanksi berupa penutupan tribun penonton, serta denda sebesar 60 ribu euro (Rp887 juta). Jika benar terbukti bersalah, penutupan tribun bakal dilakukan saat Barca melakukan laga kandang pertama Liga Champions.

Situasi ini memuncak di Pemilihan Presiden (Pilpres) Barca, yang melibatkan dua kandidat, di antaranya Presiden saat ini, Josep Maria Bartomeu dan mantan presiden Joan Laporta. Kampanye yang berjalan sengit itu memaksa kedua kandidat mempromosikan Barcelona merdeka dari Spanyol.

"Proyek saya adalah Catalanista dan berkomitmen untuk gagasan tersebut menjadi sebuah negara dalam segala hal.Jika Katalunya menjadi Barca independen tidak akan hilang di dunia. Kami berkomitmen untuk proses Katalunya menjadi independen,” kata Laporta, seperti dilansir AS.

(fap)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini