Tak Masuk Playoff IPL, Persebaya Tempuh Jalur Hukum

Nurul Arifin, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2013 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2013 10 08 49 878600

SURABAYA - Lanjutan kompetisi Indonesian Premier League (IPL) dengan format playoff pada pertengahan Oktober ini menuai kekecewaan dari Tim Persebaya. Pasalnya, tim tersebut tidak diikutkan. Atas kondisi itulah, Persebaya akhirnya menempuh jalur hukum.

 

CEO Persebaya LPI Cholid Ghoromah mengatakan, keputusan ini diambil setelah melakukan pembicaraan dengan konsorsium Persebaya di Jakarta dan anggota Persebaya. Ia merasa didzolimi dengan tidak dimasukkan sebagai salah satu tim peserta lanjutan kompetisi LPI.

 

"Kami akan melakukan perlawanan keputusan tidak diakui sebagai anggota dan memasukan Persebaya di Kompetisi. Kami putuskan menempuh jalur hukum," tanda Cholid di MES Persebaya, Jalan Karang Gayam, Surabaya, Selasa (8/9/2013).

 

Ia menjelaskan, upaya hukum yang ditempuh oleh Persebaya ada dua. Yakni, Pengadilan Umum dan Pengadilan Niaga. Di Pengadilan Niaga menyangkut nama dan PT Persebaya. Kemudian di Pengadilan Umum soal keanggotaan Persebaya sebagai anggota PSSI, AFC dan FIFA. Cholid juga mengatakan, Persebaya juga gugatan ke lembaga arbitrase internasional (CAS). "Kalau ke CAS sudah kami lakukan, tinggal menunggu hasilnya," terang Cholid.

 

Untuk menempuh jalur hukum ini, pihaknya sudah menyiapkan beberapa pengacara salah satunya adalah pengacara kondang Elza Syarif. Ketika ditanya, alur hukum akan memakan waktu panjang dan kompetisi LPI segera bergulir, Cholid menjelaskan tidak masalah. Sedangkan tim untuk sementara diliburkan tanpa batas yang ditentukan.

 

"Kami liburkan tim sambil tunggu konsorsium di Jakarta. Semua persoalan dan tunggakan-tunggakan, seperti pembayaran gaji akan ditangani konsorsium. Secepatnya akan diselesaikan oleh konsorsium," janji Cholid.

 

Di hadapan Wartawan, Cholid Ghoromah didampingi dua perwakilan klub, PS Fatahillah, Kaharudin dan PS Elfaza, Hadi." Jalur hukum ini bertujuan untuk memperjelas bahwa Persebaya yang asli itu yang lahir 1927 dan kini bermarkas di Jl Karanggayam Surabaya. Tim ini (Persebaya) yang asli dan benar-benar memiliki sejarah panjang," katanya. Follow Twitter @bola_okezone

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini