Okto Bertekad Asah Kemampuan

Achmad Firdaus, Jurnalis · Kamis 30 Desember 2010 03:14 WIB
https: img.okezone.com content 2010 12 30 51 408532 9ir4dkGGzY.jpg F: Oktovianus Maniani (Koran SI)

JAKARTA – Oktovianus Maniani tampil sebagai salah satu pemain yang menjadi aset berharga timnas Indonesia di masa depan. Namun, untuk bisa benar-benar menjadi andalan timnas, Mutiara Hitam dari Papua ini bertekad mengasah kemampuannya.

Sejak awal turnamen AFF Suzuki Cup 2010 digelar pada 1 Desember silam, Okto memang tampil sebagai salah satu pemain yang cukup bersinar, bersama dengan pemain anyar lain seperti duo naturalisasi, Cristian ‘El Loco’ Gonzales dan Irfan Bachdim.

 

Okto, yang baru berusia 20 tahun berhasil membuka mata publik Indonesia sekaligus melupakan kekecewaan terkait tidak dipanggilnya Boaz Salossa karena kasus indisipliner.

 

Winger Sriwijaya FC yang ditugaskan beroperasi di sayap kiri ini kerap menebar ancaman dengan kecepatan aksi-aksi ciamiknya dalam mengolah si kulit bundar. Hasilnya, satu gol pun berhasil disarangkan Okto saat melawan Laos.

 

Sayang, bakat yang dimilikinya tersebut belum terasah dengan baik. Okto dinilai banyak kalangan masih punya beberapa kekurangan, salah satunya dalam visi bermain.

 

Sadar akan kekurangannya, Okto bertekad untuk terus mengasah kemampuannya. Dia bahkan mengaku tak sungkan untuk meminta bantuan kepada pemain seniornya untuk membimbingnya menjadi pemain yang lebih baik, sebagai persiapan menuju Sea Games 2011, Desember nanti.

 

“Saya akan belajar dan bekerja lebih keras untuk bisa tampil lebih baik lagi. Saya harus memperbaiki penampilan terrutama dalam hal crossing (umpan silan) dan juga ketenangan,” tuturnya kepada wartawan usai laga. “Saya akan belajar banyak dari kakak Boaz Salossa,” lanjutnya.

 

Sekain kurang matang dalam hal visi permainan, Okto juga diketahui memiliki kekurangan dalam hal kontrol emosi. Diketahui, ayah dua anak ini terpaksa absen pada leg kedua final AFF melawan Malaysia, malam tadi, menyusul hukuman akumulasi dua kartu kuning yang didapatnya saat bermain melawan Filipina di leg pertama dan leg pertama melawan Malaysia di Bukit Jalil.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini