Ditahan Villarreal 1-1, Rekor Kemenangan Madrid Terhenti

Randy Wirayudha

Kamis, 22 September 2016 - 02:52 wib

MADRID – Rekor kemenangan beruntun Real Madrid di pentas La Liga sejak musim lalu, hanya tercatat hingga 16 kali. Pasalnya, Villarreal sukses menahan imbang 1-1 di jornada kelima La Liga 2016/2017 pada Kamis (22/9/2016) dini hari WIB.

Jalannya Babak Pertama

Permainan kedua tim sejak peluit perdana relatif berjalan lamban. Sementara tensi baru mulai meningkat saat interval perdana memasuki menit ke-12, saat sepakan Karim Benzema di kotak penalti Villarreal melebar dari gawang Villarreal karena diganggu Víctor Ruiz.

Peluang yang sebenarnya akhirnya tercipta tujuh menit berselang. Tepatnya di menit ke-19, sebuah head-pass dari Gareth Bale coba diterjang lagi dengan tandukan Benzema dari jarak dekat. Sayang, tandukan Benzema itu masih bisa dihalau Sergio Asenjo di bawah mistar tim tamu.

Denis Cheryshev! Tim tamu memberi perlawanan mengejutkan di menit ke-29 lewat peluang Cheryshev. Eks jugador (pemain) Real Madrid Castilla itu mendapat ruang melakukan tembakan keras, meski akhirnya ditepis portero (kiper) Madrid Kiko Casilla dengan apik.

Cristiano Ronaldo tak ingin ketinggalan unjuk aksi. Di menit ke-32, megabintang Madrid yang acap disebut CR7 itu melakukan tandukan keras yang sayangnya masih bisa ditangkap dengan mantap oleh Asenjo. Terlepas dari itu, posisi CR7 juga sudah dianggap off-side.

Penalti! Villarreal mendapat hadiah tendangan 12 pas dari árbitro (wasit) José González di menit ke-45, setelah Sergio Ramos didakwa melakukan hand-ball di kotak penalti.

Finishing penalti ala panenka Bruno Soriano dengan melakukan chop bola pun sukses menaklukkan Casilla. Skor 1-0 untuk Villarreal bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Tak perlu menunggu waktu lama di babak kedua, Real Madrid akhirnya mampu menyamakan skor. Sergio Ramos yang mengakibatkan hadirnya penalti Villarreal di babak pertama akibat pelanggaran hand-ball, menebus kesalahannya.

Tepatnya di menit ke-48 dari umpan tendangan pojok James Rodríguez, sang Capitán menanduk bola ke arah pojok kanan yang tak mampu dibendung Asenjo. Papan skor Bernabéu pun berubah 1-1.

Memijak menit ke-60, datang lagi kans gol Los Galacticos ke gawang Villarreal. Tapi sayangnya umpan pendek Daniel Carvajal gagal dikonversi CR7 jadi gol kedua Madrid.

Enam menit kemudian, giliran kerja sama Gareth Bale dan Benzema yang meneror pertahanan El Submarino Amarillo atau Kapal Selam Kuning (julukan Villarreal). Sial, umpan matang Benzema hanya bisa diarahkan Bale tipis ke samping kiri gawang Asenjo dengan sepakannya.

Asenjo bak pahlawan buat tim tamu dini hari ini. Dua kali dia menyelamatkan sarangnya dari terjangan si kulit bundar via peluang Madrid di menit ke-84 dan 86.

Di menit ke-84, Asenjo menghalau tandukan jarak dekat Álvaro Morata. Sementara dua menit berselang, kiper berusia 27 tahun itu menangkal tembakan Lucas Vásquez dari dalam kotak penalti!

Tak hanya Morata dan Vásquez. CR7 pun dibikin frustrasi oleh Asenjo. Sundulan jarak dekatnya di menit ke-90+1 sanggup diamankan ke pelukannya. Sampai peluit panjang berbunyi tanda laga berakhir, skor 1-1 tetap terjaga.

Susunan Pemain

Real Madrid: Kiko Casilla, Raphaël Varane, Sergio Ramos, Danilo Luiz, Marcelo Vieira/Daniel Carvajal (45’), Toni Kroos, Mateo Kovacic, James Rodríguez, Gareth Bale/Lucas Vásquez (72’), Cristiano Ronaldo, Karim Benzema/Álvaro Morata (77’).

Villarreal: Sergio Asenjo, Mateo Musacchio, Mario Gaspar, José Angel, Víctor Ruiz, Bruno Soriano, Jonathan dos Santos/Alfred N'Diaye (88'), Denis Cheryshev/Roberto Soriano (64’), Manuel Trigueros, Samu Castillejo, Nicola Sansone/Alexandre Pato (73’).

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 18
    2 Tottenham Hotspur FC 14
    3 Arsenal FC 13
    4 Liverpool 13
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 14
    2 FC Barcelona 13
    3 Athletic Bilbao 12
    4 Sevilla 11
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 15
    2 Napoli 14
    3 AC Milan 9
    4 AS Roma 8
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 9
    2 Red Bull Leipzig 7
    3 FC Koln 7
    4 Borussia Dortmund 6