Uji Coba Timnas U-19, Setelah UEA, Qatar & Oman Menyusul

|

Decky Irawan Jasri - Koran SI

Pemain Timnas U-19 Muchlis Hadi (merah).(foto:Novan Jemmi/SINDO)

Uji Coba Timnas U-19, Setelah UEA, Qatar & Oman Menyusul
JAKARTA - PSSI dan Badan Tim Nasional (BTN) terus mencari lawan berkualitas bagi tim nasional (timnas) U-19 Indonesia. Setelah mengkonfirmasi berujicoba dengan Uni Emirat Arab (UEA), April mendatang, BTN masih menunggu konfirmasi Qatar dan Oman.
 
Demi memenuhi target minimal masuk empat besar di Piala AFC U-19 Myanmar, Oktober mendatang, PSSI dan BTN terus berusaha mendapatkan lawan-lawan uji coba berkualitas bagi skuad Garuda Jaya, julukan Timnas U-19. Karena jika mampu memenuhi target di Piala AFC U-19, Evan Dimas dan rekan pun akan jadi wakil Indonesia di Piala Dunia 2015 di Selandia Baru.
 
"Uji coba Tur Timur Tengan bukan bulan Maret, tapi pada bulan April. Lawannya UEA sudah mengkonfirmasi kepastian beruji coba dengan Timnas. Sisanya ada dua negara Timur Tengah lain seperti Qatar dan juga Oman," ungkap Sekertaris BTN, Sefdin Syaifudin kepada Koran SINDO.
 
Fase uji coba memang sedang dijalani tim besutan Indra Sjafri. Seperti yang diketahui bersama, saat ini timnas U-19 sedang dalam proses menjalani Tur Nusantara 2014. Di mana PSSI dan BTN menyiapkan 13 laga uji coba lokal dari Februari sampai Maret. Tim-tim yang dihadapi pun tersebar di empat titik. Seperti Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Tengah, Jawa Timur, dan terakhir Kalimantan.
 
Indra pun kembali menegaskan, jika target yang diincarkanya tetap sama. Yaitu bisa bersaing dengan para peserta Piala AFC U-19 seperti Jepang, Australia, Korea Selatan, dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Setiap laga uji coba yang dimainkan Timnas U-19 pun, akan selalu dievaluasi pelatih asal Padang, Sumatra Barat tersebut.
 
"Target yang kami incar masih sama dan kami akan terus adakan pengembangan. Dari pertandingan ke pertandingan, kami akan terus perbaiki. Kami akan evaluasi mana-mana saja kekurangannya," papar Indra.
 
"Dan hal itu pun akan terus kami lakukan untuk menemukan tim yang sesungguhnya di Oktober mendatang (saat Piala AFC U-19 berlangsung). Di sana, kami pastikan bahwa tim yang ada adalah tim terbaik dari Timnas U-19," sambung pelatih yang mengantar skuad Garuda Jaya keluar sebagai juara Piala AFF U-19 2013.
 
Demi mendapatkan pemain-pemain terbaik bagi timnas U-19 yang akan berlaga di Piala AFC U-19, sistem rotasi pemain akan diterapkan Indra disetiap laga uji coba skuad Garuda Jaya. Karena bagi Indra, sangat penting untuk melihat keseluruhan kualitas dari anak-anak asuhnya saat ini.
(fit)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Wenger Tetap Bawa Dua Bintangnya ke Anfield