Share
Aksi Javier Zanetti saat melewati hadangan pemain Timnas Indonesia Selection (foto: Heru/Okezone)

Indonesia Selection Bertekuk Lutut dari Inter

A. Firdaus

Sabtu, 26 Mei 2012 - 21:48 wib

JAKARTA – Tim Nasional Indonesia Selection harus bertekuk lutut di hadapan publiknya sendiri. Mereka dibekuk Inter Milan dengan skor 4-2 pada laga persahabatan dalam Inter Indonesia Tur 2012 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (26/5/2012). 

Awal pertandingan Inter langsung mengurung pertahanan Timnas lewat sisi kiri pertahanan yang dihuni Diego Michiels. Alhasil Inter berhasil unggul lewat Coutinho pada menit keenam. 

Berawal dari pergerakan Jonathan yang memberi umpan ke kotak penalti, bola rebound yang didapat Diego Milito, pemain Timnas Argentina tersebut memberi umpan ke Coutinho dan mampu dikonversi dengan gol. 1-0 untuk Inter.

Garuda tersentak, mereka mulai melebarkan sayapnya dengan bermain menyerang. Lewat Counter Attack yang dikomandoi oleh Oktovianus Maniani dari sayap kiri. Okto langsung memberi umpan ke tengah kotak penalti Nerazzurri.

Cambiasso yang mendapatkan bola, tak mampu membuangnya dengan sempurna, hingga Patrich Wanggai yang berada di luar kotak penalti mampu memanfaatkan dengan baik. Bola liar langsung disepaknya dengan tendangan first time-nya, tanpa mampu dihalau dengan baik oleh portiere Inter Paolo Orlandoni. Pada menit ke-12 skor sementara 1-1 untuk kedua tim.

Inter mencoba untuk kembali unggul. Beberapa usaha diciptakan oleh anak-anak asuhan Andrea Stramaccioni. Terutama lewat aksi Jonathan yang mencoba mengacak-acak pertahanan Timnas Garuda, Jonathan pun melepas tendangan keras, yang sayangnya masih mampu ditahan oleh kiper Markus Horison.

Jelang pertandingan babak pertama berakhir, Inter benar-benar mengepung pertahanan Timnas. Terutama lewat sundulan Walter Samuel, namun sayang Markus masih bermain apik pada pertandingan malam ini. 

Namun skor imbang mulai berubah, ketika Coutinho membuat gol keduanya pada pertandingan malam ini. Setelah membuat kerjasama apik dengan Jonathan dan Milito, hingga mampu diselesaikan dengan baik oleh Coutinho. Skor 2-1 untuk Nerazzurri bertahan hingga pertandingan babak pertama usai. 

Pada babak kedua, Inter tidak mengendurkan serangan. Beberapa peluang diciptakan oleh Nerazzurri. Bahkan itu bisa dibuktikan dengan upaya Stramaccioni memasukan Giampalo Pazzini pada babak kedua ini. 

Alhasil pada menit ke-62, Pazzini berhasil membuat gol ketiga Inter di pertandingan ini. Pazzini memanfaatkan umpan crossing, setelah lolos dari jebakan offside. Dengan mudah, eks mantan pemain Sampdoria tersebut memperbesar keadaan menjadi 3-1 untuk keunggulan Inter Milan. 

Si Biru Hitam kembali memperlebar jarak menjadi 4-1, lagi-lagi lewat kaki Pazzini. Bekerja sama dengan Milito, Pazzini kembali mencetak gol keduanya di pertandingan ini atau gol ketiga di SUGBK.

Titus Bonai unjuk gigi, pemain yang biasa disapa Tibo ini melakukan akselerasi melewati Cordoba cs. Tapi sayang peluangnya pada menit ke-85 itu gagal diselesaikan dengan baik. Tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Castelazzi. 

Indonesia memperkecil kedudukan lewat gol Yoshua Pahabol pada menit ke-93. Memanfaatkan umpan crossing Valentino, Pahabol yang mendapat kawalan masih mampu membuat gol. Skor 4-2 untuk kemenangan Inter Milan pada laga persahabatan ini.

Susunan Pemain:
Indonesia Selection (4-3-3): 22. Markus Horison (Samsidar 78’), 14. Abdul Rahman, 17. Harry Saputra (Valentino 83”0 , 4. Diego M, 21. Henki Ardiles (Bachtiar 72’), 11. Bima Sakti (Syam 63’), 13. Lucky Wahyu, 23. Okto M (Pahabol 72’), 8. Ellie A (Kurniawan 54’), 5. P Wanggai (Tibo 57’), 3. Ferdinand Sinaga (Bachdim)

Inter MIlan (4-2-3-1): 21. P Orlandoni (Castelazzi 46’), 2. I.Cordoba, 25 W. Samuel (Dellafiore 59’), 13. Maicon, 4. Zanetti (Crisetig 91’), 17. Palombo (Poli 46’), 19. Cambiasso, 42. Jonathan (Biraghi 70’), 29. Coutinho (Tremolada 72’), 81. S Longo (Pazzini 46’), 22. D. Milito
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester United FC 6
    2 Huddersfield Town 6
    3 West Bromwich Albion 6
    4 Watford 4
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 3
    2 FC Barcelona 3
    3 Real Sociedad 3
    4 Eibar 3
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 3
    2 AC Milan 3
    3 FC Internazionale Milano 3
    4 Napoli 3
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 3
    2 FC Bayern Munich 3
    3 FC Schalke 04 3
    4 Hertha BSC 3