Share
Andik mendapat kawalan pemain Inter Milan (Foto: Heru Haryono/Okezone)

Nerazzurri Bungkam Liga Selection

Achmad Firdaus

Kamis, 24 Mei 2012 - 21:07 wib

JAKARTA - Inter Milan memberikan suguhan menghibur untuk puluhan ribu Interisti dalam laga perdana turnya di Indonesia. Tim jawara Liga Champions 2009-2010 ini menundukkan tim Liga Selection dengan skor 3-0.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (24/5/2012), Inter yang lebih banyak menurunkan pemain mudanya justru lebih banyak menerima tekanan dari para pemain Liga Selection. Kombinasi Andik Vermansyah dan Edward Wilson Junior yang diturunkan pelatih Aji Santoso di lini depan kerap merepotkan barisan belakang Inter.

Menit ke-13, Liga Selection menciptakan peluang lebih dulu lewat Edward Wilson Junior. Beraksi menerobos hadangan tiga pemain Inter, bomber Semen Padang melepaskan sepakan kaki kiri keras yang masih membentur tiang gawang Di Gennaro.

Memasuki pertengahan babak pertama, Liga Selection kembali menebar ancaman. Kali ini lewat tendangan keras dari luar kotak penalti yang dilepaskan Kurniawan memanfaatkan umpan balik Edward Wilson. Sayang, tembakan Kurniawan masih bisa diredam Di Gennaro.

Inter memang lebih banyak menguasai bola, namun beberapa serangan yang mereka bangun sejauh ini masih mampu diredam para pemain Liga Selection.

Namun, memasuki menit ke-35, I Nerazzurri akhirnya sukses memecah kebuntuan. Umpan jauh Ivan Cordoba gagal diantisipasi dengan baik oleh bek sekaligus kapten Liga Selection, Otavio Dutra.

Bola muntah dari kakinya berhasil dimanfaatkan oleh striker muda Inter, Samuele Longo. Dengan cerdik, Longo mengecoh kiper Aji Saka dan menceploskan bola ke gawang kosong. Inter menutup paruh pertama dengan skor tipis 1-0.

Di babak kedua, Strama langsung melakukan tiga pergantian dengan memasukkan tiga pemain Brasil, Jonathan, Maicon dan Philippe Coutinho.  Masuknya Coutinho membuat serangan Inter lebih variatif. Pada menit ke-48, Coutinho nyaris mencetak gol, sayang tendangannya masih bisa diblok Aji Saka.

Inter yang kali ini lebih menyerang, sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-53. Pazzini lepas dari jebakan offside, dan melepaskan tembakan keras, namun masih diblok Aji Saka. Namun bola rebound kembali berhasil dimanfaatkan Pazzini untuk membawa La Beneamata unggul 2-0.

Liga Selection punya peluang emas untuk memperkecil ketertinggalan pada menit ke-60. Umpan terobosan Kurniawan berhasil diterima Andik di kotak penalti. Sayang, sepakan pemain Persebaya masih belum menemui sasaran. Menyamping.

Memasuki 20 menit akhir laga, Strama mulai menurunkan pemain pilarnya. Esteban Cambiasso masuk menggantikan Pazzini.  Tak berapa lama berselang, giliran Diego Milito yang masuk lapangan, dan disambut gemuruh Interisti di Gelora Bung Karno.

Menit ke-70, pemain muda yang masuk di babak kedua, Luca Tremolada menambah pundi-pundi gol I Nerazzurri. Umpan terobosan Milito, dengan tenang di maksimalkan Tremolada dengan sepakan kaki kiri akurat yang membobol gawang Aji Saka.

Douglas Maicon membuat Interisti bergemuruh lewat tembakan spekulasinya dari luar kotak penalti. Sayang, kali ini bola hanya menerpa mistar gawang. Tak berapa lama berselang, giliran Coutinho yang melepas tembakan keras dari luar kotak penalti, namun masih menyamping.

Tertinggal 0-3, pemain Liga Selection tak lantas menyerah. Andik dan Edward Wilson masih coba menerobos ketatnya pertahanan Inter. Namun, sulit. Alhasil, Edward Wilson kerap mencoba peruntungannya lewat tendangan dari luar kotak penalti, namun masih belum menemui sasaran.

Lima menit waktu tambahan diberikan wasit. Inter masih terus berupaya mencetak gol tambahan, sementara Liga Selection juga terus menunjukkan performa pantang menyerah. Namun, hingga wasit Faurur Rossi meniup peluit panjang, skor 3-0 tidak berubah.

Setelah pertandingan ini, Inter akan sekali lagi tampil di Stadio Utama Gelora Bung Karno pada Sabtu (26/5/2012). Kali ini,lawan yang akan dihadapi Milito adalah Timnas Selection.

Susunan Pemain
Indonesia Selection:
Aji Saka; David Pagbe, Otavio Dutra, Syaiful Indra, Diego Michiels; GM Siregar, Andik Vermansyah, Kurniawan, Karlovic, Kwon Jun; Edward Junior Wilson

Inter Milan: Raffaele Di Gennaro; Ivan Cordoba, Javier Zanetti, Paolo Hernan Dellafiore, Cristiano Bitaghi; Angelo Palombo, Andrea Poli, Lorenzo Crisetig; Giampaolo Pazzini, Samuele Longo, Giovanni Terrani.

Pemain pengganti: Jonathan, Douglas Maicon, Philippe Coutinho, Luca Tremolada, Esteban Cambiasso, Diego Milito.
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester United FC 6
    2 Huddersfield Town 6
    3 West Bromwich Albion 6
    4 Watford 4
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 3
    2 FC Barcelona 3
    3 Real Sociedad 3
    4 Eibar 3
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 3
    2 AC Milan 3
    3 FC Internazionale Milano 3
    4 Napoli 3
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 3
    2 FC Bayern Munich 3
    3 FC Schalke 04 3
    4 Hertha BSC 3