Share
Lionel Messi (Foto: Daylife)

Messi Cetak Hattrick Pemain Terbaik Dunia

Sebastianus Epifany

Selasa, 10 Januari 2012 - 02:16 wib

ZURICH - FIFA Ballon d’Or 2011 akhirnya telah resmi dilaksanakan, dengan puncak penghargaan utama adalah pemain terbaik FIFA Ballon d’Or 2011. Pada puncak acara, Lionel Messi menjadi pemain yang berhak meraih FIFA Ballon d’Or 2011. Ini adalah kali ketiga Messi meraih penghargaan ini setelah meraihnya di tahun 2009 dan 2010.

Acara ini dipandu oleh mantan gelandang AC Milan, Ruud Gullit, bertandem dengan Kay Murray, jurnalis olahraga. Malam penghargaan ini dibuka oleh Pele yang mengumumkan penghargaan FIFA FIFPro World XI, yang tak lain dan tak bukan merupakan tim terbaik versi FIFA.

Selanjutnya, giliran Sepp Blatter yang menyerahkan secara khusus penghargaan FIFA Presidential Award 2011. Trofi yang satu ini khusus diberikan kepada sosok spesial dalam dunia sepak bola yang memiliki karir cemerlang, disertai dedikasi yang tinggi dan Sir Alex Ferguson menjadi pemenang yang memang pantas meraih trofi ini.

Untuk pelatih terbaik dunia, penghargaan diberikan oleh legenda Meksiko, Hugo Sanchez. Pelatih Barcelona, Pep Guardiola, didaulat menjadi pelatih terbaik FIFA 2011 atas raihannya membawa Barcelona merajai kompetisi di Spanyol. Eropa dan Dunia, mengungguli Jose Mourinho dan Sir Alex Ferguson.

Tanpa diduga-duga, Neymar menjadi pemain yang mendapat penghargaan atas gol terbaik di tahun 2011. Pemuda asal Brasil ini sukses menyisihkan gol bicycle kick Wayne Rooney ke gawang Manchester City dan sontekan Lionel Messi ke gawang Arsenal, di mana gol mereka juga dinominasikan pada penghargaan ini.

Puncaknya, Ronaldo Luis Nazario da Lima ditunjuk sebagai sosok yang memberikan penghargaan FIFA Ballon d’Or 2011. Dari ketiga nominasi ini, Lionel Messi menjadi sosok yang terpilih meraih penghargaan FIFA Ballon d’Or 2011, menyisihkan Xavi Hernandez dan Cristiano Ronaldo. Dengan ini Messi sukses menyamai raihan Michel Platini yang meraih penghargaan FIFA Ballon d’Or untuk tiga kali berturut-turut pada tahun 1983, 1984, dan1985.

“Sebuah kegembiraan besar bagi saya, ini merupakan malam yang luar biasa. Saya ingin berterimakasih atas semua yang terlibat dengan saya, tim saya, pelatih saya, fisio, ofisial tim, dan rekan satu tim, semua yang berada di Barcelona, serta pelatih dan tim nasional Argentina. Saya juga ingin membagi penghargaan ini dengan Xavi Hernandez yang bermain bersama saya di Barcelona,” ujar Messi di acara penghargaan FIFA Ballon d’Or 2011, Selasa, (10/1/2012).

Berikut daftar penghargaan FIFA Ballon d’Or 2011:
FIFA FIFPro World XI 2011
: Iker Casillas, Daniel Alves, Gerard Pique, Sergio Ramos, Nemanja Vidic, Xabi Alonso, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, Lionel Messi
FIFA Presidential Award 2011: Sir Alex Ferguson
World Coach Women Football Award 2011
: Norio Sasaki
Pelatih Terbaik 201
1: Pep Guardiola
FIFA Puskas Award/Gol terbaik
: Neymar
FIFA Womens World Player of The Year 2011
: Homare Sawa
FIFA Ballon d’Or 2011
: Lionel Messi
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester United FC 3
    2 Huddersfield Town 3
    3 Tottenham Hotspur FC 3
    4 Manchester City 3
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Sevilla 0
    2 Alaves 0
    3 Real Madrid CF 0
    4 Las Palmas 0
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 0
    2 Cagliari Calcio 0
    3 Chievo Verona 0
    4 Torino 0
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 SV Werder Bremen 0
    2 FC Koln 0
    3 Bayer Leverkusen 0
    4 Hannover 96 0