Share

5 Sosok Penting di Balik Kesuksesan Shin Tae-yong Melatih Timnas Indonesia, Nomor 1 Legenda Sepakbola Tanah Air

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Rabu 05 Oktober 2022 22:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 51 2681474 5-sosok-penting-di-balik-kesuksesan-shin-tae-yong-melatih-timnas-indonesia-nomor-1-legenda-sepakbola-tanah-air-8wzUlcQkKa.jpg Berikut 5 sosok penting di balik kesuksesan Shin Tae-yong melatih Timnas Indonesia (Foto: PSSI)

SEBANYAK 5 sosok penting di balik kesuksesan Shin Tae-yong melatih Timnas Indonesia akan diulas dalam artikel ini. Sebagaimana diketahui, hadirnya Shin Tae-yong di dalam internal Timnas Indonesia, membuat prestasi skuad Garuda terus mencuat.

Bukan hanya di level senior, Timnas Indonesia di level U-19 dan U-23, juga mendapat perhatian dunia, lantaran sejumlah torehan mentereng yang berhasil dicapai. Meski belum pernah juara, paling tidak, pelatih berpaspor Korea Selatan itu sudah membawa Timnas Indonesia diperhitungkan di level Asia.

Bukti nyatanya adalah keberhasilan Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia U-19 mentas di Piala Asia U-20 2023 mendatang. Selaint itu, Timnas Senior Indonesia, juga berhasil tembu putaran final Piala Asia 2023.

Akan tetapi, di balik kesuksesan Shin Tae-yong, ada sejumlah sosok penting yang turut membantunya membawa Timnas Indonesia berjaya. Lantas, siapa saja sosok penting itu?

Berikut 5 sosok penting di balik kesuksesan Shin Tae-yong melatih Timnas Indonesia

5. Jeong Seok-seo

Jeong Seok-seo

Di urutan kelima sosok penting di balik kesuksesan Shin Tae-yong melatih Timnas Indonesia ada Jeong Seok-seo. Ya, Jeong Seok-seo merupakan penerjemah Shin Tae-yong untuk berkomunikasi dengan penggawa Timnas Indonesia.

Maklum, meski Shin Tae-yong sudah beberapa tahun di Indonesia, namun ia belum begitu lancar berbahasa Indonesia. Untuk itu, kehadiran Jeong Seok-seo begitu membantu komunikasi antar pemain dan dirinya. Tak hanya itu saja, Jeong Seok-seo juga kerap menjadi penerjemah untuk memberi pernyataan pada media.

4. Shin Sang-gyu

Shin Sang-gyu

Kemudian, sosok penting di balik kesuksesan Shin Tae-yong melatih Timnas Indonesia ada pelatih fisik bernama Shin Sang-gyu. Tugasnya adalah membantu Shin Tae-yong memastikan anak didiknya memiliki fisik dan stamina yang kuat.

Kekuatan fisik dan stamina yang apik membuat para pemain bisa menerapkan strategi pressing yang digunakan Shin Tae-yong. Ketahanan fisik dan stamina para pemain Timnas Indonesia terbukti ampuh ketika melakoni pertandingan dengan intensitas tinggi.

3. Kim Bong-soo

Kim Bong-soo

Kiper menjadi salah satu aspek pertahanan yang perlu dipoles dengan baik. Kim Bong-soo telah melakukan hal tersebut dan membuat kualitas penjaga gawang Timnas Indonesia menjadi lebih baik.

Sebab demikian, Shin Tae-yong sektor ini kepada Kim Bong-soo. Diketahui dalam melatih, Kim Bong-soo tak segan membentuk fisik dan mental kiper Timnas Indonesia agar fokus dalam menjaga gawang.

2. Dzenan Radoncic

Dzenan Radoncic

Satu lagi asisten pelatih yang dianggap berpengaruh dalam era Shin Tae-yong, yaitu Dzenan Radoncic. Ia merupakan mantan anak didik Shin Tae-yong saat di Seongnam Ilhwa.

Dzenan Radoncic dikenal sebagai striker yang handal dan pernah membawa Seongnam Ilhwa meraih juara Liga Champions Asia 2010. Tak heran jika Shin Tae-yong mempercayakannya sebagai asisten pelatih dalam membentuk Timnas Indonesia menjadi lebih hebat lagi.

Namun, Dzenan Radoncic belum lama ini resmi mengundurkan diri dari jajaran kepelatihan Timnas Indonesia. Keputusan itu diambil Dzenan Radoncic karena ini merawat ibunya yang sedang sakit di negara asalnya, Montenegro.

1. Nova Arianto

Nova Arianto

Di urutan pertama sosok penting di balik kesuksesan Shin Tae-yong melatih Timnas Indonesia adalah legenda sepakbola Tanah Air yaitu Nova Arianto. Ya, eks bek Timnas Indonesia ini masuk jajaran kepelatihan Shin Tae-yong karena memilliki kemampuan dan pengalaman yang bisa ditularkan kepada penggaw Garuda.

Selain itu, Nova Arianto kerap ikut andil dalam hal-hal yang berkaitan dengan permainan di lapangan. Ia juga memiliki catatan yang apik saat menjadi asisten Indra Sjafri.

Demikian 5 sosok penting di balik kesuksesan Shin Tae-yong melatih Timnas Indonesia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini