Share

Bentuk Rasa Empati atas Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Valentino Simanjuntak Undur Diri sebagai Komentator Liga 1 2022-2023

Fitradian Dimas Kurniawan, iNews · Senin 03 Oktober 2022 01:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 49 2679322 bentuk-rasa-empati-atas-kerusuhan-di-stadion-kanjuruhan-valentino-simanjuntak-pamit-undur-sebagai-komentator-liga-1-2022-2023-IHtNS2eLGG.jpg Valentino Simanjuntak undur diri sebagai komentator Liga 1 2022-2023 (Foto: Okezone)

BENTUK rasa empati atas kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Valentino Simanjuntak resmi pamit sebagai komentator Liga 1 2022-2023. Hal itu ia umumkan melalui Instagram pribadinya @radotvalents, yang dilansir pada Senin (3/10/2022).

Untuk diketahui, Valentino ‘jebret’ Simanjuntak merupakan komentator di laga Arema FC vs Persebaya Surabaya. Ketika itu ia menyaksikan langsung pertandingan yang berlangsun di Stadion Kanjuruhan, pada Sabtu 1 Oktober 2022 malam WIB lewat layar kaca.

Valentino Simanjuntak

Namun, ia tidak menyangka beberapa saat usai pertandingan itu berakhir, terjadi tragedi ‘berdarah’ yang membuat sejarah kelam sepakbola Tanah Air. Aremania (suporter Arema FC) tak terima atas kekalahan 2-3 dari Persebaya.

Alhasil, Aremania langsung menyerbu ke lapangan begitu laga usai. Pihak keamanan yang mengontrol masa, melepaskan gas air mata ke tribun penonton. Hal itu membuat ribuan penonton panik dan berdesakkan mencari jalan keluar.

Sebab demikian, banyak dari suporter yang terinjak-injak dan mengalami sesak napas. Bahkan, menurut keterangan resmi yang diberikan oleh pihak kepolisian, sejauh ini terdata 125 orang meninggal dunia akibat insiden tersebut.

BACA JUGA:129 Orang Tewas dalam Kerusuhan di Laga Arema FC vs Persebaya Surabaya, PSSI Pertimbangkan Penjadwalan Jam Tanding Liga 1 2022-2023 

Sementara di saat bersamaan, Valentino Simanjuntak bertugas sebagai komentator di laga bertajuk Derby Jawa Timur itu. Merasakan simpati yang mendalam, ia lantas mengambil sikap untuk undur diri sebagai komentator Liga 1 2022-2023.

“Kemarin malam adalah salah 1 pertandingan terbaik di liga 1 yg saya bawakan. Tetapi, tak menyangka beberapa saat kemudian dan sampai pagi mendengar kabar yang begitu menyedihkan,” kata Valentino Simanjuntak di akun Instagram miliknya.

Infografis

Karena keadaan itu pula, Valentino Simanjuntak memutuskan untuk mundur dari posisinya sebagai komentator. Dia mengaku kehilangan motivasi dan berada di titik terendah.

“Saya sebagai bagian dari insan sepakbola nasional merasa prihatin dan sedih yang mengakibatkan semangat/hasrat untuk berpartisipasi dalam program Liga 1 2022/2023 sudah pada titik terendah dalam karier saya sebagai host dan komentator program sepakbola nasional,” ujarnya.

“Hilangnya semangat tersebut akan berdampak pada kontribusi saya yang tidak akan lagi memberikan hal yang maksimal seperti yang telah saya berikan sebelumnya,” tutur Valentino Simanjuntak.

Terlepas dari itu, Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) langsung menurunkan tim investigasi untuk mengusut tuntas permasalahan ini. Di sisi lain, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) juga memberhentikan gealran Liga 1 2022-2023 dalam sepekan ke depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini