Share

Persib Bandung vs Persija Jakarta: Polisi Kawal Ketat Macan Kemayoran hingga Tiba di Stadion GBLA

Agung Bakti Sarasa, Koran Sindo · Jum'at 30 September 2022 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 49 2678082 persib-bandung-vs-persija-jakarta-polisi-akan-kawal-ketat-macan-kemayoran-hingga-tiba-di-stadion-gbla-UCbVDsC9OV.jpg Persib Bandung vs Persija Jakarta akan berlangsung pada akhir pekan ini (Foto: Twitter/@Persija_Jkt)

BANDUNG – Persib Bandung akan melawan Persija Jakarta dalam lanjutan Liga 1 2022-2023. Jelang pertandingan akbar itu, kepolisian akan mengalawal ketat Macan Kemayoran hingga tiba di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu 2 Oktober 2022, pukul 16.00 WIB.

Menurut Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo, pengawalan Macan Kemayoran demi keamanan para pemain. Akan tetapi, Kombes Pol Ibrahim tidak menjelaskan, teknis pengawalan yang dimaksud.

Bobotoh (Foto: Persib Bandung)

"Sudah ada standar pengawalan dan pengamanan terhadap pemain dan ofisial. Itu dilaksanakan sama dengan yang lain," kata Kombes Pol Ibrahim, Jumat (30/9/2022).

Tidak hanya Persija yang dapat pengawalan, tetapi Persib juga. Selain itu, Kombes Pol Ibrahim juga memastikan, bahwa pengamanan maksimal bakal diterapkan bagi para pendukung Persib yang akan hadir di Stadion GBLA. Dia menyebutkan, pola pengamanan empat ring bakal ditetapkan untuk memastikan penonton yang hadir di Stadion GBLA hanyalah Bobotoh.

Lewat pola itu pun, Kombes Pol Ibrahim memastikan, petugas di lapangan bakal lebih selektif dalam melakukan penyekatan demi mencegah adanya pendukung Persija yang datang ke Stadion GBLA.

"Iya, jadi menggunakan pola empat ring dan juga ring-ring di luar stadion. Itu kita lakukan dengan sistem dan seleksi yang lebih ketat, apalagi ada seleksi untuk (pendukung) Persija tidak boleh masuk ke dalam," tegasnya.

Dalam penerapannya nanti, Kombes Pol Ibrahim menyatakan, ring empat akan dimulai dari beberapa titik jalan raya menuju stadion. Di ring ini, penonton yang tidak memiliki tiket, bakal diminta memutar arah untuk meninggalkan area stadion.

Adapun ring dua dan tiga, ada di area jalan masuk menuju kawasan stadion, termasuk kawasan luar Stadion GBLA. Sementara itu, di ring satu, petugas akan memeriksa tiket menggunakan scan barcode.

Bobotoh di Stadion Kanjuruhan (Foto: Istimewa)

Kombes Pol Ibrahim menekankan, jika ditemukan pendukung Persija yang nekat datang ke Stadion GBLA, pihaknya bakal menghalau mereka dengan meminta memutar balik. Sebab, The Jakmania memang dilarang hadir di Stadion GBLA demi keamanan.

"Sehingga, kalau terindikasi ini penonton Persija, otomatis pasti akan dikembalikan lagi. Misalnya, dia bawa atribut-atribut Persija," ungkapnya.

"Sudah ada verifikasi dilakukan oleh panitia. Jadi, pada saat verifikasi, sudah ada seleksi untuk pendukung Persija, enggak akan bisa membeli tiket," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini