Share

Soal Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Sekjen PSSI Pastikan Bakal Diperpanjang

Maulana Yusuf, MNC Portal · Selasa 27 September 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 51 2675554 soal-kontrak-shin-tae-yong-di-timnas-indonesia-sekjen-pssi-pastikan-bakal-diperpanjang-rLBvdJQq32.jpg Sekjen PSSI pastikan kontrak Shin Tae-yong akan diperpanjang sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

BOGOR – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, memberi sinyal positif soal kontrak pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Dia memastikan pihaknya akan memperpanjang kontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia.

Yunus Nusi mengatakan bahwa rencana menyodorkan kontrak baru kepada Shin Tae-yong tak lepas dari perannya yang sukses membuat Skuad Garuda terus berkembang. Bahkan teranyar, Timnas Indonesia sukses mengalahkan tim beperingkat tinggi, yakni Timnas Curacao, di FIFA Matchday September 2022.

Shin Tae-yong

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong belum lama ini berhasil membawa Timnas Indonesia menang atas Curacao. Laga itu digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu 24 September 2022.

Skuad Garuda menang dengan skor tipis 3-2 lewat gol Marc Klok (17’), Fachrudin Aryanto (22’), dan Dimas Drajad (56’). Sementara itu, dua gol Curacao disumbang lewat Rangelo (7’) dan Juninho (24’).

Dengan hasil itu, Timnas Indonesia membuat kejutan untuk publik sepakbola Indonesia. Pasalnya, Witan Sulaeman dkk mampu menaklukkan wakil negara CONCACAF itu yang notabene lebih diunggulkan dengan peringkat ke-84 dunia.

BACA JUGA: Penyebab Shin Tae-yong Belum Bicarakan Perpanjangan Kontrak dengan Timnas Indonesia, Vietnam dan Thailand Ditakutkan Mendekat

Selain itu, Shin Tae-yong sebelumnya telah berhasil membawa Timnas Indonesia kembali mentas di Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-20 2023. Oleh karena itu, PSSI berencana memperpanjang kontrak Shin Tae-yong. Yunus Nusi pun memastikan pihaknya akan melakukan hal tersebut.

BACA JUGA: Media Vietnam Soroti Rencana Timnas Indonesia Hadapi Tim 50 Besar Ranking FIFA

Terlebih, Indonesia dinilai memang membutuhkan sosok pelatih seperti Shin Tae-yong. Karakter kepelatihan STY -panggilan Shin Tae-yong- itu dinilai cocok dengan permainan dan kemampuan yang dimiliki Skuad Garuda.

"Seperti yang diumumkan oleh ketum (tentang perpanjangan kontrak STY), seperti itu pula dari federasi (PSSI),” ujar Yunus Nusi kepada awak media di Stadion Pakansari, Bogor.

β€œKetua umum menyampaikan Indonesia membutuhkan figur pelatih seperti STY, kalau kita timnas kita kesekian tahun akan datang, STY dibutuhkan oleh Timnas Indonesia (diperpanjang)," sambungnya.

"Apalagi kalau kita lihat bersama, Curacao ranking 84 bisa ditaklukan oleh STY dan ini menjadi barometer STY mampu mengatur anak-anak Indonesia untuk menjadi pemain-pemain yang bagus dan itu dibuktikan dengan pertandingan tadi malam,” jelas Yunus Nusi.

β€œItu tadi bukti Timnas Indonesia butuh STY, yang persis seperti disampaikan oleh ketum akan diperpanjang," tegasnya.

Shin Tae-yong

Lebih lanjut, Yunus Nusi mengatakan bahwa sejauh ini belum ada respons dari Shin Tae-yong apakah bersedia memperpanjang kontraknya. Yunus pun akan berbicara secara langsung kepada eks pelatih Timnas Korea Selatan itu.

"Saya belum ketemu beliau, hari ini baru ketemu, mungkin akan ngobrol-ngobrol sama dia," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini