Share

Jelang Piala Dunia Amputasi 2022, Presiden Jokowi Harapkan Hal Ini kepada Timnas Indonesia

Quadiliba Al-Farabi, MNC Media · Rabu 21 September 2022 18:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 51 2672259 jelang-piala-dunia-amputasi-2022-presiden-jokowi-harapkan-hal-ini-kepada-skuad-garuda-ljvAFHrHJi.jpg Presiden Jokowi ketika terima Timnas Amputasi Indonesia di Istana Negara (Foto: Raka Novianto/MNC Portal)

PRESIDEN Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) berharap banyak kepada Timnas Indonesia, yang berlaaga di Piala Dunia Amputasi 2022. Adapun harapan besar Jokowi kepada skuad Garuda, agar mereka tampil lepas, tanpa beban meski harus bersaing dengan kontestan dari seluruh dunia.

Seperti diketahui, Timnas Amputasi Indonesia berhasil menembus Piala Dunia Amputasi 2022 untuk pertama kali sepanjang sejarah. Hal ini dipastikan usai lolos babak kualifikasi Zona Asia Timur di Bangladesh pada Maret 2022 silam.

 Presiden Jokowi

Ajang ini berlangsung di Turki pada 1-9 Oktober 2022. Tim yang diperkuat Muhammad Shiddiq Bashir dkk itu tergabung di Grup C bersama Inggris, Argentina, dan Amerika Serikat.

Sebelum melepas mereka, Presiden Jokowi menerima pengurus Persatuan Sepak Bola Amputasi Indonesia (PSAI) beserta para pemain di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/9/2022). Tak ketinggalan juga didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali.

Setelah acara, Zainudin Amali mengungkap pesan dari Presiden Jokowi agar para pemain bisa tampil tanpa beban di ajang ini. Diharapkan para pemain tidak silau melihat calon lawan mereka yang memiliki kelebihan secara fisik.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Kasih Sangu Tambahan kepada PSAI Jelang Piala Dunia Sepakbola Amputasi 2022 

“Lawan kita ini secara fisik pasti lebih tinggi dari kita, dari Amerika, dari Inggris, dari Argentina. Bapak Presiden menyampaikan itu tidak boleh menjadi beban, gitu loh, jadi main lepas,” ucap Zainudin Amali.

Meski bermain lepas, bukan berarti para pemain tidak berjuang keras untuk menang di setiap laganya. Presiden melihat rekor gemilang Timnas Amputasi Indonesia sebelumnya dapat menjadi modal di laga ini.

Timnas Amputasi Indonesia

(Timnas Amputasi Indonesia ketika berlaga di lapangan)

“Bukan nggak ada target. Main lepas itu supaya jangan ngeliat wah ini lebih hebat dari kita dan sebagainya,” lanjut Amali.

“Nah, ini anak-anak saya, saksikan sendiri bagaimana mereka saat uji coba, misalnya dengan DKI selection, itu 13-0. Kemudian dengan Jatim Selection 8-0, jadi saya punya keyakinan bahkan mereka pernah beruji coba dengan pemain-pemain non disabilitas,” lanjutnya.

“Jadi yang dimaksud bapak Presiden sudah main lepas, jangan ada beban, harus serius, kerja keras,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini