Share

Tak Sudi Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, Pelatih Vietnam Ingin Bantu Korea Selatan

Quadiliba Al-Farabi, MNC Media · Selasa 20 September 2022 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 51 2671105 tak-sudi-indonesia-jadi-tuan-rumah-piala-asia-2023-pelatih-vietnam-ingin-bantu-korea-selatan-jztDzk5UL5.jpg Park Hang-seo ingin Korea Selatan kalahkan Indonesia jadi tuan rumah Piala Asia 2023 (Foto: VFF)

TAK sudi Indonesia jadi tuan rumah Piala Asia 2023, pelatih Timnas Vietnam ingin bantu Korea Selatan. Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, ingin agar Piala Asia 2023 diselenggarakan di negaranya.

Kabar ini diedarkan oleh media Vietnam, The Thao247, pada Senin 19 September 2022. Dalam laporannya, media Vietnam itu memberi judul, “Pelatih Park Hang-seo ingin Vietnam membantu Korea mengalahkan Indonesia”.

Park Hang-seo

Seperti diketahui, Indonesia saat ini sedang melakukan bidding untuk menjadi tuan rumah ajang yang bakal digelar 16 Juni hingga 16 Juli tahun depan. Bersaing dengan dua negara lainnya Korea Selatan dan Qatar.

Pada awal September lalu, pihak Asian Football Confederation (AFC) sudah melakukan inspeksi ke Indonesia. Mereka meninjau hal yang harus diperhatikan seperti venue pertandingan, lapangan latihan, hingga fasilitas pendukung seperti hotel.

Adapun Qatar dan Korea Selatan baru bakal ditinjau setelahnya. Ketiga negara pun harus menunggu keputusan akhir pada sidang seluruh anggota AFC Executive Office pada 17 Oktober 2022 mendatang.

Park Hang-seo yang kebetulan berkewarganegaraan Korea Selatan ingin Vietnam mendukung agar tanah kelahirannya yang menjadi tuan rumah. Bukan hanya itu, disinyalir ini soal peta persaingan di ajang itu.

"Sebagai orang Korea, saya ingin sepakbola Vietnam mendukung Korea menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Baik Vietnam dan Korea adalah teman, jadi saya berharap sepakbola Vietnam memilih Korea. Korea dapat mengatasi 2 lawan yang tersisa untuk memenangkan hak,” ucap Par Hang-seo dikutip laman The Thao247.

"Jika Korea menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, reporter dan penggemar Vietnam akan lebih dekat dan lebih nyaman ke Korea daripada ke Qatar,” lanjutnya sambil nada bercanda.

 Timnas Vietnam

Media itu bahkan mengakui ada kekhawatiran bila Indonesia yang terpilih. Salah satunya, bakal terpengaruh kepada pembagian grup yang menurut mereka bakal merugikan Vietnam.

“Jika benar demikian (Indonesia jadi tuan rumah) maka Indonesia akan naik dari grup unggulan (pot) No-4 ke grup No-1 sedangkan Vietnam akan turun ke grup unggulan No-3. Ini pasti akan menjadi kerugian bagi Vietnam (untuk) menghindari lawan yang kuat sejak babak penyisihan grup,” tulis media itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini