Share

Ini Dia Teknik Menghentikan Bola dalam Permainan Sepak Bola

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Selasa 12 Juli 2022 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 11 51 2627806 ini-dia-teknik-menghentikan-bola-dalam-permainan-sepak-bola-KsboEtfxTM.jpg Ini dia teknik menghentikan bola dalam permainan sepak bola (Foto: Twitter/@EURO2024)

TEKNIK menghentikan bola dalam permainan sepak bola yang tidak sembarangan akan diulas dalam artikel ini. Sebagaimana diketahui, bermain sepak bola tidak bisa asal begitu saja.

Sebab, jika salah dalam mengontrol bola, bisa jadi bola yang Anda kuasai akan lepas kontrol. Efeknya pun merugikan Anda dan tim. Bisa jadi, bola yang salah Anda kontrol bakal direbut lawan untuk mencetak gol ke gawang.

Nah, sebelum jauh bermain sepak bola, ada baiknya Anda mengetahui teknik dasar dalam menghentikan bola. Lantas, apa saja itu? Berikut teknik menghentikan bola dalam permainan sepak bola:

7. Menghentikan Bola dengan Kaki Bagian Dalam

Menghentikan Bola dengan Kaki Bagian Dalam

Teknik ini biasanya digunakan ketika pemain menerima operan, yang melaju atau memantul di tanah. Posisi ketinggian bola, biasanya setinggi paha Anda.

Untuk melakukan teknik ini, Anda harus memposisikan badan secara seimbang dan pandangan tertuju pada bola. Ketika bola datang, angkatlah salah satu kaki dan hentikan bola dengan kaki bagian dalam.

Anda harus ingat, kaki yang digunakan sebagai penumpu tubuh harus berada di depan. Sedangkan kaki yang akan anda gunakan utnuk menghentikan bola harus berada di belakang.

6. Menghentikan bola dengan Kaki Luar

Menghentikan bola dengan kaki luar

Penjelasan teknik ini sebenarnya hampir mirip dengan teknik sebelumnya. Hanya ada perbedaan di bagian kaki yang digunakan.

Untuk melakukan teknik ini, Anda harus memposisikan diri dengan baik dan fokus terhadap momentum datangnya bola. Ketika bola datang, angkatlah salah satu kaki untuk menghentikan bola. Kemudian tekuk lutut anda hingga bagian luar kaki anda bisa mengenai bola dengan tepat.

5. Menggunakan Punggung Kaki

Menggunakan Punggung Kaki

Selain kaki bagian dalam dan luar, punggung kaki juga bisa digunakan untuk menghentikan bola. Biasanya teknik ini digunakan ketika bola memantul di tanah.

Fokus dan seimbang adalah dua hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan teknik ini. Kaki yang digunakan sebagai tumpuan harus berada di samping, sekitar 15cm dari garis datangnya bola.

4. Menggunakan Telapak Kaki

Menggunakan Telapak Kaki

Sama seperti sebelumnya, teknik ini digunakan pada bola yang memantul di tanah. Perbedaannya ada di cara gunakan teknik ini. Di mana kaki Anda harus pada posisi yang sama, ketika bola mengarah ke Anda. Caranya, buka telapak kaki dan turunkan ujung jempol agar bola berhenti.

3. Menggunakan Paha

Menggunakan Paha

Ketika bola melambung setinggi paha, Anda bisa bersiap menghentikannya dengan menggunakan paha. Teknik ini hampir sama dengan teknik sebelumnya.

Perbedaannya adalah Anda harus mengangkat kaki untuk menghentikan bola. Perhatikan pula posisi lutut Anda, dan pastikan lututnya menekuk sehingga paha terangkat. Posisi lutut harus tegak lurus dengan paha.

2. Menggunakan perut

Bukan hanya dengan paha, Anda pun bisa menghentikan bola dengan perut Anda. Meski jarang dilakukan, Anda perlu tahu teknik ini.

Caranya hampir sama seperti mengehentikan bola dengan dada. Hanya saja, Anda harus menahan nafas ketika bola datang mengarah ke perut anda. Pada saat bola terjatuh, Anda bisa mengontrolnya dengan kaki Anda.

1. Menggunakan Dada

Menggunakan Dada

Ketika bola datang setinggi dada, jangan panik atau khawatir. Anda harus tenang melihat arah bola yang datang ke arah Anda.

Jika sudah kontrol ketenangan, Anda bisa menghentikannya dengan dada. Di sini Anda harus memposisikan tubuh anda ketika bola datang dan buka kaki selebar bahu dan tekuk kedua lutut anda sebagai kuda-kuda.

Busungkan dada ketika bola datang. Ketika bola memantul dan menyentuh tanah, kontrol dengan kaki anda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini