Share

Arti Menjadi Pelatih Timnas Indonesia di Mata Coach Shin Tae-yong

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 51 2621844 arti-menjadi-pelatih-timnas-indonesia-di-mata-coach-shin-tae-yong-BHpttVdluM.jpg Berikut arti menjadi pelatih Timnas Indonesia di mata coach Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

ARTI menjadi pelatih Timnas Indonesia di mata coach Shin Tae-yong menarik untuk dibahas. Shin Tae-yong merupakan pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan.

Pelatih yang kini berusia 52 tahun diangkat menjadi pelatih Timnas Indonesia sejak Desember 2019. PSSI mengontrak Shin Tae-yong selama empat tahun dan akan berakhir di pengujung 2023.

Shin Tae-yong

Lantas, apa sih Arti Menjadi Pelatih Timnas Indonesia di Mata Coach Shin Tae-yong? Simak ulasannya berikut ini.

Arti Menjadi Pelatih Timnas Indonesia di Mata Coach Shin Tae-yong

Setelah menerima tawaran PSSI untuk menjadi juru taktik skuad Garuda, Shin Tae-yong banjir pertanyaan mengenai keputusannya tersebut dan banyak juga yang menyayangkan.

Pasalnya, Shin Tae-yong merupakan pelatih dengan label Piala Dunia. Namun, ia mau melatih Timnas Indonesia yang saat itu tengah dalam posisi tidak stabil. Orang-orang di sekitarnya bahkan mempertanyakan kenapa ia tak pergi ke tempat lain saja.

Menanggapi hal ini, Shin Tae-yong mengungkapkan sebenarnya ia memilih Indonesia karena ingin menantang dirinya sendiri. Ia ingin tahu, sejauh mana kemampuannya yang ia miliki sekaligus sebagai bahan evaluasi bagi dirinya.

“Saya telah berpengalaman melatih semua turnamen besar di Korea, termasuk Piala Dunia 2018 di Rusia dan Olimpiade Rio 2016," Ujar Shin Tae-yong kepada media asal Korea Selatan, Newsis.

"Ketika saya pertama kali mulai melatih di Indonesia, beberapa orang di sekitar saya bertanya-tanya. Ada kondisi yang lebih baik di tempat lain, tetapi saya ingin mengambil tantangan," tegas pelatih yang membawa Seongnam juara Liga Champions Asia 2010 ini.

"Saya ingin mengevaluasi kembali diri saya di tempat baru dan seperti apa kompetensi dan bakat yang saya miliki. Itu masih dalam proses," ucap pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Selama menjadi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong telah memberikan hasil yang cukup memuaskan. Shin Tae-yong pernah membawa skuad Garuda menjadi runner-up PIala AFF 2020, Timnas Indonesia U-23 mendapat medali perunggu dalam SEA Games 2021, dan membawa Timnas Indonesia senior lolos Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong

Jika ditarik kesimpulan, Arti Menjadi Pelatih Timnas Indonesia di Mata Coach Shin Tae-yong karena ia ingin tahu sejauh mana kemampuannya dan ingin memberikan perubahan bagi Timnas Indonesia.

Pada 2-15 Juli 2022, Shin Tae-yong kembali beraksi bersama Timnas Indonesia. Kali ini, Shin Tae-yong memimpin Timnas Indonesia U-19 yang turun di Piala AFF U-19 2022. Gelar juara menjadi target Shin Tae-yong di ajang tahunan ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini