Share

29 Pemain yang Dinaturalisasi Vietnam, Pindah Kewarganegaraan dan Berganti Nama

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 51 2621458 29-pemain-yang-dinaturalisasi-vietnam-pindah-kewarganegaraan-dan-berganti-nama-KwgvR2w7ZC.jpg Berikut 29 pemain yang dinaturalisasi Vietnam (Foto: Instagram/@dannyvanbakel)

SEBANYAK 29 pemain yang dinaturalisasi Vietnam akan dibahas dalam artikel ini. Setiap Tim Nasional (Timnas) dari sebuah negara, memang diperbolehkan melakukan naturalisasi pemain untuk membela suatu negara tersebut.

Biasanya, setiap negara melakukan proses naturalisasi untuk memperkuat skuad Timnas dari negaranya tersebut. Termasuk di Indonesia, yang saat ini tengah gencar melakukan naturalisasi demi membawa nama baik negara di kancah internasional.

Namun, bukan cuma Indonesia saja yang kerap melakukan naturalisasi. Dari negeri tetangga, ada Vietnam, yang juga melakukan proses naturalisasi demi membangun kekuatan Timnas negaranya itu.

Bahkan, Vietnam sendiri bukan hanya mengubah status kewarganegaraan pemain saja. Mereka juga mengubah nama dari pemain dengan nama lokal Vietnam.

Lantas, siapa saja pemain yang dinaturalisasi oleh Vietnam? Berikut 29 pemain yang dinaturalisasi Vietnam:

Phan Van Santos-Fabio dos Santos

Pensiunan kiper Timnas Vietnam ini dinaturalisasi pada 2007. Ia merupakan pemain pertama yang bergabung dengan Timnas Vietnam lewat jalur naturalisasi. Phan Van Santos sendiri memiliki nama asli Fabio dos Santos.

Akan tetapi, setelah dinaturalisasi dari Brasil, Fabio dos Santos berubah nama menjadi Phan Van Santos. Di Timnas Vietnam ia pernah melakoni pertandingan melawan Timnas Brasil U-23 jelang Olimpiade Beijing 2008.

Doan Van Nirut-Nirut Surasiang

Pemain asal Thailand ini dinaturalisasi oleh Vietnam pada 2009. Nama Doan Van Nirut banyak dikenal, karena dirinya bergabung di sejumlah tim sepakbola Vietnam. Namaa Nirut Surasiang pun berubah menjadi Doan Van Nirut.

Doan Van Sakda-Sakda Joemdee

Setali dua uang, Sakda Joemdee juga menjadi pemain naturalisai bagi Vietnam bersamaan dengan Nirut Surasiang. Berasal dari Thailand, Sakdar Joemdee harus mengubah namanya dengan nama lokal Vietnam. Diketahui, ia mengubah namanya menjadi Doan Van Sakda.

Dinh Hoang Max-Eyerapo Maxwell

Lahir dan besar di Nigeria, Eyerapo Maxwell justru punya perjalanan karier yang unik. Ya, meski kental dengan keturunan Afria, Eyerapo Maxwell malah berpindah kewarganegaraan Vietnam pada 2009.

Eyerapo Maxwell pun diubah menjadi Dinh Hoang Max setelah resmi dinaturalisasi oleh Vietnam pada 2009. Bersama Vietnam, Eyerapo Maxwell telah mengoleksi 3 caps dan bermain untuk Becamex Binh Duong.

Dinh Hoang La-Lytovka Mykola

Di tahun 2009, Vietnam menaturalisasi seorang pemain asal Ukraina. Ia adalah Lytovka Mykola. Resmi memegang status Warga Negara Vietnam, praktis turut mengubah nama Lytovka Mykola menjadi Dinh Hoang La.

Huynh Kesley Alves-Kesley Alves

Kesley Alves

(Kesley Alves (Foto: Instagram/@kesley.alves)

Sebelum resmi dinaturalisasi, Kesley Alves telah bermain apik dalam Liga Vietnam. Ia adalah mantan kapten dan striker dari klub Ho Chi Minh City. Kesley Alves pun banyak dikenal karena menyumbang 21 gol di Liga Vietnam 2005. Setelah resmi dinaturalisasi, namanya berubah menjadi Huynh Kesley Alves.

Nguyen Rogerio-Rogerio Machado Pereira

Paspor Rogerio Machado Pereira resmi berganti menjadi warga negara Vietnam pada 2009. Hal itu didapat Rogerio Machado Pereira setalah ia membela SHB Da Nang.

Bersamaan dengan warga negaranya yang berubah, nama Rogerio Machado Pereira pun ikut berubah. Ia diketahui memiliki nama Vietnam Nguyen Rogerio. Bersama SHB Da Nang, ia mampu membawa klub tersebut meraih gelar juara Liga Vietnam dan Piala Vietnam.

Tran Le Martin-Katsigazi Ronald Martin

Tahun 2009, Katsigazi Ronald Martin pindah kewarganegaraan menjadi Vietnam dari Uganda. Namanya pun ikut berubah menajdi Tran Le Martin.

Tran Le Martin bermain bersama salah satu klub Vietnam yaitu Hanoi FC. Sayangnya, hingga ia meninggalkan Vietnam dirinya tak kunjung bermain bersama Timnas Vietnam.

Phan Le Isaac-Mylyanga Isaac Kamu

Rekan dari Tran Le Martin ini sama-sama dinaturalisasi pada 2009. Kisah kedua pemain ini pun tidak jauh berbeda. Bersamaan dengan perubahan kewarganegaraan, nama Mylyanga Isaac Kamu juga berubah. Ia diketahui memiliki nama Vietnam Phan Le Isaac.

Le Tostao-Fungai Tostao Kwashi

Fungai Tostao Kwashi

(Fungai Tostao Kwashi (Foto: Playmakerstats)

Setelah bermain apik di Liga Vietnam nama Fungai Tostao Kwashi akhirnya dilirik Federasi Sepakbola Vietnam untuk dinaturalisasi. Ia pun menerima pingangan tersebut dan kemudian merubah namanya jadi Le Tostao dan melepas warga negara Zimbabwe, tempat kelahirannya.

Nguyen Hoang Helio-Helio da Silva AssisHelio da Silva Assis

(Helio  da Silva Asiss (Foto: Playmakerstats)

Sebelum menghilang tanpa jejak, Helio da Silva Asiss pernah membela Song Lam Nghe An. Ia dinaturalisasi pada 24 Maret 2010. Helio da Silva Assis pun dirubah namanya menjadi Nguyen Hoang Helio. Akan tetapi karier sepakbolanya hilang begitu saja lantaran tak bisa bersaing dengan pemain lainnya.

Hoang Vissai-Dio Preye

Pria asal Nigeria ini mendapatkan paspor Vietnam pada 2010. Dio Preye lalu merubah nama menjadi Hoang Vissai dan bermain dengan posisi bek tengah bersama Vissai Ninh Binh. Ketika itu Hoang Vissai berhasil menjadi juara Liga Vietnam pada 2013.

Nguyen Trung Son-Marcos Jeferson Farias Valentim

Dari namanya yang panjang itu, pemain asal Brasil ini memotongnya menjadi Nguyen Trung Son dalam nama Vietnam. Ia dinaturalisasi pada 2010 saat bermain bersama Quang Nam.

Le Van Tan-Jonathan Quartey

Pesepakbola asli Ghana ini mulai dinaturalisasi pada 11 Mei 2011. Namanya pun berubah menajdi Le Van Tan. Kala itu ia bisa mendapatkan kewarganegaraan Vietnam saat membela Khanh Hoa dan Ha Noi ACB.

Doan Marcelo-Marcelo Barbieri

Marcelio Barbieri merupakan pesepakbola kelahiran Brasil. Saat ini ia diketahui sudah berusia 43 tahun. Tak banyak informasi tentang pemain satu ini.

Hanya saja, Marcelo Barbieri akhirnya memutuskan pindah kewarganegaraan pada 2011 silam. Kariernya mencuat ketika bermain di Hoang Anh Gia Lai.

Dang Amaobi-Amaobi Uzowuru Honest

Lahir di Nigeria, pada 19 September 1981, Amaobi Uzowuru Honest justru memilih untuk pindah kewargenaraan. Ia diketahui banyak menghabiskan karier di Thanh Hoa, sebuah klub di Liga Vietnam.

Akan tetapi, status waga negara Vietnam ia dapat ketika membela Binh Dinh. Dari situ namanya pun berubah jadi Dang Amaobi. Saat ini ia pun sudah pensiun dari dunia sepakbola.

Nguyen Rodgers-Rodgers Omunsulah Nandwa

Pemain asal Kenya ini mulai memegang warga negara Vietnam pada 2011. Ketika itu membela FLC Thanh Hoa lalu pindah ke Dong Nai, XSKT Can Tho. Hanya saja ia sudah pensiun di tahun 2017 saat bergabung bersama Becamex Binh Duong.

Le Hoang Phat Thierry-Ngale Jiemon Thierry

Dari awalnya warga negara Kamerun, Ngale Jiemon Thierry memilih naturalisasi menjadi orang Vietnam pada 2011. Ketika itu, Ngale Jiemon Thierry sedang membela Song Lam Nghe An. Dari situ ia memiliki nama Vietnam, Le Hoang Phat Thierry.

Le Van Phu-Ansah Issifu

Pemain yang baru saja lepas dari Nam Dinh di akhir musim 2020 ini ternyata merupakan seorang pemain naturalisasi asal Ghana. Nama Ansah Issifu pun berubah menajdi Le Van Phu.

Dinh Van Ta-Rodrigo Mota Farias

Rodrigo Faras

(Rodrigo Mota Farias (Foto: Playmakerstats)

Nama Dinh Van Ta alias Rodrigo Mota Farias dikenal ketika ia bergabung bersama Ninh Binh. Ia mendapatkan naturalisasi pada 2012. Namun, ia tak pernah terdengar lagi kabarnya saat ini dari dunia sepakbola.

Nguyen Hang Tcheuko Minh-Tcheuko Elmakoua Benoit

Berikutnya ada Tcheuko Elmakoua Benoit, seorang pesepakbola keturunan Afrika. Ia pun hijrah ke Vietnam dan meniti karier di sana. Akan tetapi, pada 2013, Tcheuko Elmakoua Benoit turut merubah kewaganegaraannya dan mendapat nama Nguyen Hang Tcheuko Minh.

Helio da Silva Assis

Nguyen Quoc Thien Esele-Theophilus Esele

Kiper Becamez Binh Duong merupakan pemain berdarah Kamerun. Namun, pada 2013, Theophilus Esele memutuskan untuk menjadi warga negara Vietnam. Bersamaan dengan itu, ia pun mendapat nama lokal Vietnam, Nguyen Quoc Thien Esele

Hoang Vu Samson-Samson Keyode Olaleye

Pemain asal Nigeria, Samson Keyode Olaleye banyak menghabiskan karier di Ho Chi Minh City FC. Pria kelahiran 6 Oktober 1988 itu memutuskan menjadi waga negara Vietnam pada 2013 lewat jalur naturalisasi. Saat ini ia dikenal memiliki nama Hoang Vu Samson.

Nguyen Trung Dai Duong-Oladoja Suleiman Abdullahi

Tak jauh berbeda dari Samson Keyode Olaleye, pria keturunan Nigeria ini pun ikut menjadi warga negara Vietnam. Oladoja Suleian Abdullahi resmi jadi warga negara Vietnam selang satu tahun setelah Samson Keyode Olaleye pada 2014.

Do Merlo-Sebastian Gaston Merlo

Sebastian Gaston Merlo

(Sebastian Gaston Merlo (Foto: Playmakerstats)

Sebastian Gaston Merlo merupakan pemain naturalisasi Vietnam asal Argentina. Ia diketahui pernah mendapatkan penghargaan sebagai pemain asing terbaik tahun 2009 dan 2011. Namun, Sebastian Gaston Merlo memutuskan untuk menjadi warga negara Vietnam dan mengubah nama jadi Do Merlo.

Tran Trung Hieu-Geoffrey Kizito

Kewarganegaraan Uganda Geoffrey Kizito dilepaskan pada 2017. Setelah resmi menjadi warga negara Vietnam, ia pun mengubah nama jadi Tran Trung Hieu.

Le Minh Tshamala-Tshamala Kabanga

Kemudian, ada Tshamala Kabanga, seorang pria berdarah Republik Kongo kelahiran 10 Oktober 37 tahun silam. Lama berkarier di Long An, Tshamala Kabanga memutuskan pindah kewarganegaraan Vietnam dengan nama Le Minh Tshamala.

Nguyen Trung Dai Loc-Thiago Papel

Setahun setelah membela Quang Nam, Thiago Papel justru tertarik pindah kewarganegaraan. Ya, benar saja, pria asli Brasil ini rela mengubah warga negara dan namanya menjadi Nguyen Trung Dai Loc.

Nguyen van Bakel-Danny van Bakel

Danny van bakel

(Danny van Bakel (Foto: Instagram/@dannyvanbakel)

Lahir di Belanda pada 8 Desember 38 tahun silam, Danny van Bakel rela melepas warga negara Belandanya. Ia pun pindah kewarganegaraan pada 2016 dan mengubah namanya menjadi Nguyen van Bakel.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini