Share

Untuk Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Perlu Siapkan Hal Ini untuk Timnas Indonesia

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 16:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 51 2616230 untuk-piala-asia-2023-shin-tae-yong-perlu-siapkan-hal-ini-untuk-timnas-indonesia-fTXzhT2KUX.jpg Timnas Indonesia akan mentas di Piala Asia 2023 (Foto: Twitter/@PSSI)

TIMNAS Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023 melalui babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Ini merupakan penampilan pertama Timnas Indonesia sejak terakhir kali mentas di Piala Asia pada 2007 silam.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tentu akan mempersiapkan Skuad Garuda dengan baik. Sebab, Timnas Indonesia diharapkan dapat melangkah cukup jauh.

Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Dalam sejarahnya, sebelum lolos ke Piala Asia 2023, Timnas Indonesia pernah empat kali tampil di putaran final. Timnas Indonesia mentas di Piala Asia pada 1996, 2000, 2004, dan 2007 saat menjadi tuan rumah.

Namun, dari empat edisi Piala Asia itu, Timnas Indonesia selalu gagal melaju ke fase gugur alias kandas di fase grup. Shin Tae-yong diharapkan bisa mengantar Skuad Garuda melangkah lebih jauh lagi di Piala Asia 2023.

Memang, peluang untuk menjadi juara Asia cukup sulit. Tetapi, Timnas Indonesia diharapkan bisa lebih berkembang dari segi permainan sehingga mampu tampil membanggakan di Piala Asia 2023.

Banyak hal yang harus dipersiapkan Shin Tae-yong untuk berlaga di Piala Asia 2023. Dia tentu harus fokus memoles skuad idamannya agar dapat bersaing kompetitif dengan negara-negara asia yang sepak bolanya sudah maju, seperti Jepang dan Korea Selatan.

Hal utama yang harus dipersiapkan Shin Tae-yong adalah meningkatkan mental sekaligus fisik para pemain Timnas Indonesia. Dua hal ini jelas memiliki peran penting.

Sebab, Skuad Garuda akan hadapi lawan-lawan kuat. Maka dari itu, Shin Tae-yong harus mempersiapkan fisik dan mental anak asuhnya agar dapat bersaing dengan negara-negara Asia yang jauh berkembang.

Selain mental dan fisik, hal yang harus dipersiapkan oleh Shin Tae-yong adalah kedalaman skuad. Kedalaman skuad juga berperan penting dalam ajang besar, seperti Piala Asia 2023.

Mungkin Shin Tae-yong dapat menambahkan pemain naturalisasi yang memiliki pengalaman. Yang dimaksud di sini, yaitu Jordi Amat dan Sandy Walsh yang segera merampungkan proses naturalisasi. Selain mereka, ada juga Shayne Pattynama yang juga tengah menjalani proses naturalisasi.

Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Dengan berbagai persiapan yang akan dijalani, Timnas Indonesia diharapkan dapat tampil apik di Piala Asia 2023. Itu demi membanggakan nama negara di pentas internasional.

Baca pembahasan mengenai Jejak Garuda di Piala Asia selengkapnya di Sportstars.id melalui link berikut https://www.sportstars.id/tag/piala-asia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini