Share

5 Perbaikan yang Dilakukan Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia, Nomor 1 Tingkatkan Mental Skuad Garuda

Hakiki Tertiari , Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 22:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 51 2599741 5-perbaikan-yang-dilakukan-shin-tae-yong-ke-timnas-indonesia-nomor-1-tingkatkan-mental-skuad-garuda-oD7cKgSNEw.jpg 5 perbaikan yang dilakukan Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia (Foto: PSSI)

ADA 5 perbaikan yang dilakukan Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia, akan dibahas pada artikel ini. Kedatangan Shin Tae-yong ke skuad Merah Putih pada Januari 2020 ternyata membawa perubahan besar.

Pelatih berdarah Korea Selatan itu serius dalam membenahi skuad Timnas Indonesia. Ia pun tak pandang bulu terhadap pemain Timnas Indonesia. Semua kelompok usia, mulai dari level 19 tahun, 23 tahun, hingga senior wajib ikuti cara latihan dari dirinya.

Lantas, apa saja yang sudah dikerjakan Shin Tae-yong? Berikut 5 perbaikan yang dilakukan Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia:

5. Tingkatkan Kemampuan Fisik 

Timnas Indonesia U-23

Kemampuan fisik pemain jadi hal penting dalam dunia sepak bola. Bagaimana tidak, selama 90 menit bahkann lebih, para pemain dituntut bermain bagus dan konsisten di lapangan.

Alhasil, Shin Tae-yong meminta anak buahnya bisa menaikkan kemampuan fisiknya. Upaya Shin Tae-yong untuk skuad Timnas Indonesia pun tampak berhasil. Buktinya ada pada Timnas Indonesia U-23, yang bisa melakoni dua pertandingan dengan durasi panjang.

Adapun dua laga yang dimaksud adalah ketika bersua Timnas Thailand U-23 di Semifinal SEA Games 2021 dan hadapi Timnas Malaysia U-23 di perebutan medali perunggu. Skuad Garuda Muda bermain sampai 120 menit lebih kala bersua Timnas Thailand U-23.

Meski kalah 0-1 dari Timnas Thailand U-23, stamina penggawa Timnas Indonesia U-23 harus diacungi jempol. Sementara, ketika berhadapan dengan Harimau Muda, skuad Timnas Indonesia U-23 bermain sampai babak adu penalti dan menang 4-3.   

4. Perbaiki Hal Mendasar

Timnas Indonesia U-23

Tidak hanya bicara hal lain, Shin Tae-yong menuntut skuad Garuda bisa belajar dari hal mendasar. Mulai dari teknik passing yang baik, stamina yang mumpuni, hingga positioning pemain.

Dimulai dari memperbaiki hal mendasar, Shin Tae-yong yakin skuad Timnas Indonesia akan semakin kukuh. Bukti nyata dari perbaiki hal mendasar adalah ketika gol Ronaldo Kwateh di perebutan tempat ketiga SEA Games 2021.

Kerja sama dengan Marselino Ferdinan, membuahkan gol bagi Timnas Indonesia U-23. Berawal dari umpan terobosan Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh mampu mencetak gol bagi skuad Garuda Muda. 

3. Tidak Cepat Puas dengan Kemenangan

Timnas Indonesia U-23

Shin Tae-yong juga menuntut lebih skuad Timnas Indonesia agar tidak cepat puas akan sesuatu hal. Ia pengin Timnas Indonesia selalu haus akan kemenangan.

Hal itu diketahui penting untuk menjaga mental kompetisi seorang pemain. Apa yang dilatih Shin Tae-yong ternyata cukup membuahkan hasil. Hal itu tampak dari penyisihan Grup A SEA Games 2021 silam.

Sempat kalah di laga pembuka lawan Timnas Vietnam U-23, skuad Garuda Muda bisa mengahajar tiga lawan berikutnya, yaitu Timnas Timor Leste U-23 (4-1), Timnas Filipina U-23 (4-0), dan Timnas Myanmar U-23 (3-1).

2. Tingkatkan Kedisplinan

Shin Tae-yong

Bukan hanya pentingnya mendulang kemenangan, Shin Tae-yong juga memberikan pelatihan mengenai kedisplinan. Ya, para penggawa Timnas Indonesia ini juga diajarkan kedisiplinan, agar tetap fokus di lapangan.

Mengenai kedisiplinan, pasukan Garuda Muda dan Garuda Nusantara pernah merasakan gemblengan Shin Tae-yong. Ketika melakukan pemusatan latihan di Korea Selatan, para pemain harus bisa membagi waktu antara latihan dan waktu senggang.

Selain itu, Shin Tae-yong pun diketahui membatasi para pemain bermain media sosial. Kedisplinan seperti itu ternyata cukup efektif di lapangan.

1. Gembleng Mental Pemain

Shin Tae-yong

Kehadiran Shin Tae-yong menjadi pembeda kekuatan skuad Garuda. Pria 51 tahun itu pun membentuk mental pemain hingga tahan banting menghadapi siapapun lawannnya.

Hal itu tampak ketika Shin Tae-yong memboyong para pemain Timnas Indonesia U-19 dan U-23 berlatih di Korea Selatan. Ia menggembleng mental anak buahnya agar tak ciut jika bermain di kandang lawan.

Hal itu pun terbukti ampuh ketika Timnas Indonesia U-23 tak gentar hadapi Timnas Thailand U-23 di Semifinal SEA Games 2021. Meski kalah 0-1, pasukan Garuda Muda tampak ngotot sepanjang laga.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini