Share

Gara-Gara Gagal Bantu Timnas Indonesia Juara, Alfeandra Dewangga Pernah Berniat Pensiun Dini

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Sabtu 22 Januari 2022 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 51 2535970 gara-gara-gagal-bantu-timnas-indonesia-juara-alfeandra-dewangga-pernah-berniat-pensiun-dini-T9wXR0eQ9B.jpg Pemain Timnas Indonesia, Alfeandra Dewangga. (Foto: PSSI)

BALI – Penggawa Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Alfeandra Dewangga mengaku pernah ingin berhenti bermain sepakbola pada 2019 silam. Kala itu keinginan tersebut terlintas usai dirinya merasa sangat kecewa karena gagal membawa Timnas Indonesia juara di Piala AFF U-18 2019.

Kejadian yang membuat Dewangga benar-benar terpuruk sejatinya terjadi saat ia bermain di semifinal Piala AFF U-18 2019. Saat itu, Dewangga merasa melakukan kesalahan yang membuat Timnas Indonesia U-18 tumbang di disaat Tanah Air sedang merayakan hari kemerdekaan.

Bila diingat, Indonesia dikalahkan oleh Malaysia dengan skor 3-4 melalui babak perpanjangan waktu. Dewangga sempat merasa bahwa dirinyalah penyebab utama kekalahan Indonesia karena sempat membuat blunder yang mengakibatkan gol Malaysia.

Bukan tanpa dasar, Dewangga memang membuat blunder pada menit akhir laga. Pemain yang kini membela PSIS Semarang itu menjatuhkan pemain Malaysia di kotak terlarang pada menit 82.

Baca Juga: Jelang Timnas Indonesia vs Timor Leste, Alfeandra Dewangga Bilang Begini soal Shin Tae-yong

Alfeandra Dewangga (PSSI)

Penalti pun diberikan oleh wasit, Malaysia mampu menyamakan keunggulan menjadi 3-3 melalui eksekusi penalti tersebut, Pada babak perpanjangan waktu, Indonesia pun kalah 3-4 pada babak perpanjangan waktu.

Dewannga mengaku bahwa dirinya sempat kepikiran untuk menyerah dari dunia sepak bola usai laga tersebut. Pemain yang kini berusia 20 tahun itu merasa sangat bersalah usai tersingkirnya Indonesia pada laga yang digelar bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia itu.

“Waktu itu, ya waktu kita kalah di semifinal Piala AFF, karena bertepatan dengan hari kemerdekaan juga sih, karena kita mau menang, merayakan di 17 Agustus, waktu itu malah kalah,” kata Dewangga dilansir Youtube resmi PSSI, Sabtu (22/1/2022).

“Kebetulan saya membuat kesalahan, lalu saya terus menurun, terus kepikiran ‘gausah main bola lagi lah’ karena waktu itu saya sudah mengecewakan seluruh bangsa Indonesia,” terangnya.

Namun, Dewangga tidak lantas berhenti dari karier sepak bolanya. Terbukti, dirinya terus maju dan berkembang menjadi bintang Timnas Indonesia.

Alfeandra Dewangga (PSSI)

Sebagaimana diketahui, Dewangga menjadi salah satu aktor yang membawa Timnas Indonesia berbicara banyak pada Piala AFF 2020 silam. Performa impresifnya sampai membuat klub Korea Selatan, Jeonnam Dragons dikabarkan mengincar servisnya.

Dewangga akan kembali beraksi pada laga uji coba internasional Timnas Indonesia menghadapi Timor Leste. Laga itu akan digelar pada 27 dan 30 Januari 2022 di Stadion Wayan Dipta, Bali.

Kini mental Dewangga sudah semakin kuat dan ia siap jatuh bangun untuk memberikan yang terbaik demi lambang Garuda di dada.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini