Hasil Persebaya Surabaya vs PSM Makassar di Liga 1 2021-2022: Bajul Ijo Naik ke Peringkat Ketiga Usai Menang 2-1

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 22:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 49 2532516 hasil-persebaya-surabaya-vs-psm-makassar-di-liga-1-2021-2022-bajul-ijo-naik-ke-peringkat-ketiga-usai-menang-2-1-nU9tFg1nyX.jpg Selebrasi Marselino Ferdinan di laga Persebaya Surabaya vs PSM Makassar. (Foto: Instagram/officialpersebaya)

DENPASAR – Persebaya Surabaya mengunci tiga poin penting dari PSM Makassar usai menang dengan skor 2-1 di laga lanjutan Liga 1 2021-2022 pada Jumat (14/1/2022) malam WIB. Berkat kemenangan itu, Persebaya naik ke peringkat ketiga dan hanya tertinggal satu poin dari Arema FC di puncak klasemen.

Gol kemenangan Persebaya dicetak oleh Taisei Marukawa di menit tiga melalui penalti dan tendangan melengkung Marselino Ferdinan pada menit 55. Sementara gol PSM Makassar dicetak Wiljan Pluim (84’).

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Persebaya Surabaya langsung mendapatkan gol cepat. Adalah Taisei Marukawa yang sukses mencatatkan namanya di papan skor pada menit tiga. Pemain berpaspor Jepang itu menjebol gawang PSM Makassar lewat titik putih.

PSM Makassar nyari saja menyamakan kedudukannya di menit ke-6. Akan tetapi sundulan dari Yakob Sayuri masih mampu ditepis dengan sangat baik oleh kiper Persebaya, Andhika Ramadhani.

Persebaya Surabaya vs PSM Makassar (Instagram/officialpersebaya)

Skuad Juku Eja –julukan PSM- merespon gol cepat yang mereka dapat dengan sangat baik. Beberapa kali tim besutan Joop Gall itu menebar ancaman ke gawang Persebaya. Salah satunya adalah peluang Wiljan Pluim di menit ke-14 yang melakukan tendangan jarak jauh namun masih melenceng sangat tipis ke arah kanan gawang.

Persebaya juga punya peluang emasnya di menit 16. Bruno Moreira melakukan penetrasi dan langsung melesatkan tendangan ke tiang jauh. Akan tetapi bola tersebut masih bisa diselamatkan dengan sangat baik oleh Hilmansyah.

Kedua kesebelasan melakukan jual beli serangan yang cukup mengancam gawang masing-masing tim. Ferdinand Sinaga nyaris sekali menjebol gawang Persebaya di menit 43. Namun lagi-lagi tendangan yang dia lesatkan masih bisa diantisipasi oleh Andhika Ramadhani.

Memasuki lima menit akhir, Juku Eja benar-benar melakukan segala upaya untuk menyamakan kedudukan. Namun hingga peluit panjang dibunyikan skor tidak berubah, Persebaya Surabaya unggul 1-0 atas PSM Makassar.

Babak Kedua

Di babak kedua, Bajul Ijo –julukan Persebaya- tampaknya masih kurang puas dengan keunggulan atas PSM Makassar. Pasalnya, tim polesan Aji Santoso itu berhasil menggandakan kedudukan lewat gol cantik wonderkid mereka, Marselino Ferdinan (55’).

Gol tersebut tercipta karena kesalahan yang dilakukan Hasyim Kipuw. Sehingga bola bisa direbut oleh Marukawa dan dia langsung memberikan umpan terobosan ke Marselino. Persebaya unggul 2-0 atas PSM Makassar.

Serangan bertubi-tubi dilakukan oleh para pemain Persebaya. Kombinasi permainan cepatnya mampu membuat lini pertahanan Juku Eja kerja keras. Beberapa peluang sempat tercipta dari kaki Marukawa dan Marselino. Kedua pemain ini benar-benar tampil sangat ciamik.

Hingga akhirnya PSM Makassar berhasil memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-2 di menit ke-84. Wiljan Pluim sukses menyambar bola muntahan di mulut gawang Persebaya. Tak sampai disitu, Juku Eja hampir saja menyamakan kedudukan namun tendangan dari Ferdinand Sinaga masih berhasil ditepis oleh Andhika Ramadhani.

Empat menit tambahan waktu pun diberikan. Para pemain Juku Eja masih terus berupaya untuk menyamakan kedudukan. Namun sayangnya upaya mereka masih belum membuahkan hasil. Persebaya berhasil menutup pertandingan dengan skor 2-1 atas PSM Makassar.

Susunan Pemain Persebaya Surabaya vs PSM Makassar:

Persebaya Surabaya (4-3-3): Andhika Ramadhani; Ady Setiawan, Rizki Ridho, Arif Satriya, Reva Adi; Alwi Slamat (Frank Sokoy 59’), Bruno Moreira, Marselino Ferdinan (Rendy Irwan 86’); M. Hidayat (Ricky Kambuaya 59’), Taisei Marukawa, Samsul Arif (Arsenio Valpoort 65’).

Pelatih: Aji Santoso.

PSM Makassar (4-3-3): Hilmansyah; Dallen Doke, Ganjar Mukti, Hasyim Kipuw (Adam Mitter (63’), Abdul Rachman; M. Arfan, Wiljan Pluim, Sutanto Tan (Delvin Rumbino 46’); Yakob Sayuri (Rizky Eka 63’), Anco Jansen, Ferdinand Sinaga.

Pelatih: Joop Gall.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini