Share

Periskop 2022: Menilik Calon Juara Piala Dunia 2022 Qatar

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 07 Januari 2022 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 07 51 2528988 periskop-2022-menilik-calon-juara-piala-dunia-2022-qatar-zEN4LR903D.jpg Menilik siapa juara Piala Dunia 2022. (Foto: Reuters)

MENYONGSONG tahun baru 2022, Piala Dunia Qatar jadi salah satu event olahraga yang akan sangat dinantikan publik dunia. Meski baru akan bergulir pada November 2022, publik sudah mulai menebak-nebak tim mana yang bakal menjadi kampiun di Piala Dunia 2022.

Sederet ajang olahraga bergengsi memang akan bergulir pada 2022. Setelah pandemi Covid-19 memengaruhi sederet jadwal event olahraga di dunia, pada tahun ini, para pencinta olahraga tentunya punya keyakinan lebih baik bahwa kompetisi-kompetisi bisa digelar tanpa hambatan.

Trofi Piala Dunia

Pasalnya, sejumlah event olahraga sendiri sudah berjalan dengan baik sejak tahun lalu, meski harus digelar dengan sistem baru berupa bubble. Sederet event olahraga yang tertunda, seperti Piala Eropa, Olimpiade, dan masih banyak lagi lainnya akhirnya bisa digelar pada tahun lalu.

BACA JUGA: Idolai Cristiano Ronaldo, Mbappe Malah Lebih Dukung Italia ketimbang Portugal untuk Lolos ke Piala Dunia 2022

Kini, gelaran ajang Piala Dunia 2022 pun dinantikan. Turnamen sepakbola antarnegara terakbar di dunia itu siap digelar mulai 21 November hingga 18 Desember 2022.

Qatar bakal menjadi tuan rumah perhelatan sepakbola empat tahunan tersebut. Kini, tim-tim di seluruh belahan dunia pun masih berjuang merebut tiket ke putaran final Piala Dunia 2022.

BACA JUGA: 5 Pemain Top Dunia yang Dipastikan Hanya Jadi Penonton di Piala Dunia 2022, Nomor 1 si Mesin gol

Di benua Eropa yang punya banyak tim kuat sendiri, persaingan untuk lolos ke Piala Dunia 2022 berlangsung sangat sengit. Meski sejumlah tiket sudah dimiliki, ada tim-tim yang masih harus berjuang untuk mentas di Qatar.

Bahkan, ada sejumlah tim besar yang belum memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022. Siapa saja? Mari menilik lebih jauh soal serba-serbi di Piala Dunia 2022.

Tim-Tim Besar Belum Mengamankan Tempat di Piala Dunia 2022

Ya, ada sejumlah tim besar yang belum memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 saat ini. Di antaranya, ada sang juara Piala Eropa 2020, yakni Italia, hingga Portugal yang padahal diperkuat pesepakbola megabintang dunia, yakni Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo masih berjuang loloskan Portugal ke Piala Dunia 2022

(Cristiano Ronaldo masih berjuang loloskan Portugal ke Piala Dunia 2022)

Bahkan, salah satu dari tim itu berpeluang tidak lolos ke Piala Dunia 2022. Pasalnya, Italia dan Portugal sama-sama haya finis di posisi kedua pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Dengan kondisi ini, kedua tim yang sejatinya difavoritkan menjadi juara dunia 2022 itu harus melewati babak playoff lebih dulu untuk merebut tiket ke Qatar. Berdasarkan undian babak playoff, Italia dan Portugal pun berpeluang saling bunuh.

Pasalnya, Italia dan Portugal berada di jalur yang sama, yakni C, pada babak playoff Piala Dunia 2022. Mereka tergabung bersama Turki dan Makedonia Utara.

Italia akan mengawali perjalanannya di babak playoff dengan bertemu Makedonia Utara dan Portugal berhadapan dengan Turki. Portugal dan Italia pun berpeluang bertemu di final playoff Piala Dunia 2022 jika mengalahkan lawan-lawannya.

Kondisi ini tentunya memberi tekanan lebih ke kedua tim tersebut yang kehadirannya sebenarnya sangat dinantikan di Piala Dunia 2022. Jika salah satu dari mereka akhirnya tak lolos ke Piala Dunia 2022, lalu bagaimana prediksi soal juara?

13 Tim yang Sudah Lolos

Sejauh ini, sudah ada 13 tim yang lolos ke Piala Dunia 2022. Tim-tim ini tak hanya berasal dari Benua Biru -julukan Eropa, tetapi juga dari belahan Bumi lainnya.

Argentina dan Brasil sudah lolos ke Piala Dunia 2022

(Argentina dan Brasil sudah lolos ke Piala Dunia 2022)

Tim pertama yang sudah dipastikan lolos adalah Qatar. Maklum, mereka akan berstatus tuan rumah di Piala Dunia 2022 sehingga sudah otomatis lolos tanpa perlu memerah keringat di babak kualifikasi.

Kemudian, beralih ke Eropa, ada 10 tim yang sudah mengamankan tiket ke Piala Dunia 2022 usai sukses menjadi juara grup di kualifikasi. Mereka adalah Jerman, Denmark, Prancis, Belgia, Kroasia, Serbia, Spanyol, Inggris, Swiss, dan Belanda.

Beralih ke Zona Conmebol atau Amerika Selatan, sudah ada dua tim yang memastikan diri akan mentas di Qatar pada akhir tahun ini. Mereka adalah Brasil dan Argentina.

Sementara di zona lainnya, seperti Asia hingga Afrika, kualifikasi Piala Dunia 2022 masih terus berjalan. Alhasil, belum ada tim yang sejauh ini memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022.

Siapa yang Akan Menjadi Juara?

Meski baru 13 tim yang lolos ke Piala Dunia 2022 sejauh ini, prediksi soal juara sudah bisa dilakukan. Sebab, tim-tim yang lolos berstatus raksasa sehingga dinilai punya kans besar untuk menyegel gelar juara.

Timnas Prancis masih favorit juara Piala Dunia 2022

(Timnas Prancis masih favorit juara Piala Dunia 2022)

Jika menilik daftar sebelumnya, nama Prancis tentunya akan sangat difavoritkan menjadi juara dunia 2022. Sederet alasan tentunya melatarbelakanginya.

Pertama, Prancis akan berstatus juara bertahan di Piala Dunia 2022. Pasalnya, Didier Deschamps berhasil membawa skuadnya mengangkat trofi bergengsi itu di gelaran sebelumnya, yakni 2018.

Kepastian itu didapat setelah Prancis melibas Kroasia di partai final dengan skor 4-2. Dengan pengalaman yang dimiliki, Les Bleus -julukan Prancis- tentunya akan sangat difavoritkan menjadi juara.

Prancis bertabur bintang di Piala Dunia 2022

(Prancis bertabur bintang di Piala Dunia 2022)

Alasan lainnya, Prancis dipastikan akan kembali memiliki skuad kuat di Piala Dunia 2022. Tim mereka akan bertabur bintang lagi, seperti di Piala Dunia 2018 hingga Piala Eropa 2020. Nama-nama seperti Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Hugo Lloris diyakini akan dipanggil Deschamps untuk berlaga di Piala Dunia 2022.

Tak hanya itu, striker jempolan, Karim Benzema, pun juga kemungkinan masuk skuad Les Bleus karena sudah dipanggil kembali sejak Piala Eropa 2020. Dengan kehadiran sederet pemain bintang ini, Prancis bisa tampil menggila di Piala Dunia 2022 sehingga mempertahankan gelar juaranya.

Alasan ketiga, Prancis tengah dalam tren positif. Meski gagal memboyong gelar juara Piala Eropa 2020, Prancis sukses meenjadi kampiun di UEFA Nations League 2020-2021. Kepastian itu didapat setelah membungkam Spanyol di partai puncak dengan skor 2-1. Hal ini membuktikan bahwa skuad mereka masih tangguh untuk bersaing di level tinggi.

Meski Prancis masih akan sangat difavoritkan menjadi juara Piala Dunia 2022, kans tim-tim lain meraih trofi juara tentunya tetap terbuka lebar. Apalagi, persiapan matang akan dilakukan seluruh tim untuk berlaga di sana.

Nama-nama seperti Argentina, Brasil, Inggris, Spanyol, dan masih banyak lagi lainnya tak boleh dipandang sebelah mata oleh Prancis. Sebab, skuad di tim-tim itu sukses mengukir prestasi manis baru-baru ini.

Timnas Inggris

(Timnas Inggris siap bekerja keras di Piala Dunia 2022)

Seperti Argentina, mereka yang diperkuat Lionel Messi dkk bahkan sukses menyabet gelar juara Copa America. Kemudian untuk Inggris, Harry Kane dkk sukses menembus babak final Piala Eropa 2020, meski akhirnya harus puas hanya menjadi runner-up karena kalah dari Italia.

Tim-tim dari Asia hingga Afrika juga tak boleh dilupakan. Mereka bisa saja menjadi kuda hitam di Piala Dunia 2022. Kini, semakin menarik menanti gelaran Piala Dunia 2022.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini