Share

Demi Gelar Juara Piala AFF U-23 2022, Timnas Indonesia Pangkas Masa Karantina Jadi 5 Hari

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Kamis 06 Januari 2022 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 06 51 2528195 demi-gelar-juara-piala-aff-u-23-2022-timnas-indonesia-pangkas-masa-karantina-jadi-5-hari-ZG94HKc9kO.jpg Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/egymaulanavikri)

JAKARTA – Demi gelar juara Piala AFF U-23 2022, Tim Nasional (Timnas) Indonesia dikabarkan hanya akan menjalani masa karantina selama lima hari saja. Saat ini pihak PSSI tengah berupaya untuk bisa diberikan izin agar pemotongan masa karantina itu bisa mendapatkan lampu hijau dari pemerintah.

Seperti yang diketahui usai berakhirnya Piala AFF 2020, tim-tim Asia Tenggara akan kembali beradu kualitas di lapangan hijau. Para pemain muda potensial dari berbagai tim di Asia Tenggara akan saling bertanding guna memperebutkan trofi Piala AFF U-23 2022.

Seperti halnya Timnas Indonesia, banyak tim sudah lakukan persiapan untuk menyambut Piala AFF U-23 2022, seperti halnya Vietnam. Tim Muda Vietnam dikabarkan sudah memiliki persiapan yang matang.

Baca Juga: Demi Bisa Bela Timnas Indonesia, Renan Silva Ngaku Tolak Tawaran Bermain dari Thailand dan Malaysia

Timnas Indonesia (Foto: Quadliba/MPI)

Pasalnya, Vietnam menjadi peserta pertama yang menggelar sesi latihan untuk mempersiapkan turnamen yang dihelat di Kamboja tersebut.

Sebagaimana diberitakan Bongda24h, Kamis (6/1/2022), para pemain Vietnam sudah menggelar latihan di ibu kota, Hanoi. Berbeda dengan Timnas Indonesia yang akan dipimpin pelatih Timnas senior, Shin Tae-yong, Vietnam pada turnamen kali ini ditangani oleh pelatih tim muda, Dinh The Nam.

Sementara itu, Indonesia juga tidak mau ketinggalan. Tim Garuda Muda memangkas masa karantina usai pulang dari Singapura.

Masa karantina penggawa Garuda Muda yang semula 10 hari dipangkas menjadi lima hari. Kebijakan bubble yang diterapkan Singapura pada ajang Piala AFF 2020 silam menjadi alasan.

Para pemain dinilai membutuhkan udara segar agar mentalnya tetap terjaga jelang Piala AFF U-23 2022. Sebab itu, Ketum PSSI, Mochamad Iriawan melobi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengizinkan para pemain memangkas masa karantina.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia dikurung di dalam hotel selama di Singapura karena ketatnya aturan gelembung. Elkan Baggott sampai harus tersandung masalah hanya karena membeli keperluan tim di minimarket dekat hotel.

Vietnam sendiri tidak berada satu grup dengan Indonesia. Tim Bintang Emas muda tergabung di Grup C bersama dengan Singapura dan Thailand, sedangkan Indonesia tergabung di Grup B bersama Malaysia, Myanmar dan Laos.

Kendati demikian, Indonesia dan Vietnam berpotensi saling bentrok di babak gugur. Indonesia berstatus sebagai juara bertahan, sedangkan Vietnam belum pernah menjadi juara pada ajang tersebut.

Tentunya diharapkan Timnas Indonesia U-23 bisa mempertahankan gelar juara Piala Asia U-23 tersebut. Peluang untuk melakukan itu terbilang cukup besar mengingat Shin Tae-yong saat ini mampu membangun tim yang menjanjikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini