Alasan Ini Bikin Cristiano Ronaldo Resmi Tinggalkan Manchester United

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 09 Desember 2021 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 51 2514549 alasan-ini-bikin-cristiano-ronaldo-resmi-tinggalkan-manchester-united-8pGZoBaue3.jpg Cristiano Ronaldo di periode pertama membela Manchester United. (Foto: REUTERS)

MANTAN pemain Manchester United, Luis Nani, mengungkap penyebab kenapa Cristiano Ronaldo meninggalkan Stadion Old Trafford pada musim panas 2009. Luis Nani mengatakan, Cristiano Ronaldo meninggalkan Manchester United karena jenuh dan ingin mencoba peruntungan baru.

“Selama beberapa hari ia mengatakan kepada saya. Ia mengaku hanya akan tinggal di Manchester United selama enam atau tujuh tahun,” kata Luis Nani mengutip dari Mirror, Kamis (9/12/2021).

Cristiano Ronaldo

(Cristiano Ronaldo (kiri) di musim terakhir membela Manchester United pada 2009)

Benar saja, pada musim panas 2009 atau di tahun keenam membela Manchester United, Cristiano Ronaldo hengkang ke Real Madrid. Meski begitu, keputusan itu sempat membuat Cristiano Ronaldo galau karena meninggalkan Manchester United, klub yang membesarkan namanya.

“Setelah Cristiano berkata seperti itu, saya selalu memantau perkembangannya. Namun, saya tak pernah berpikir ia pindah secepat itu dan menampilkan permainan hebat,” lanjut Luis Nani.

Sekadar informasi, musim 2021-2022 merupakan periode kedua Cristiano Ronaldo berseragam Setan Merah. Sebelumnya, Cristiano Ronaldo membela Manchester United dalam periode 2003-2009.

BACA JUGA: 5 Perubahan Ralf Rangnick di Laga Manchester United vs Young Boys, Nomor 1 Ancam Cristiano Ronaldo

Ia membantu Manchester United memenangkan tiga trofi Liga Inggris dan satu gelar Liga Champions. Bahkan ia menjadi pemain pertama Manchester United yang memenangkan Ballon dOr (2008), terhitung George Best pada 1968.

Sebenarnya Cristiano Ronaldo hampir hengkang ke Real Madrid pada musim panas 2008. Namun, pendekatan yang dilakukan pelatih Manchester United saat itu, Sir Alex Ferguson, membuat Cristiano Ronaldo bertahan, setidaknya satu tahun lagi.

Cristiano Ronaldo

Singkat kata pada musim panas 2009, Cristiano Ronaldo diboyong Real Madrid senilai 94 juta euro atau sekira Rp,15 triliun. Nominal itu membuat Cristiano Ronaldo menjadi pemain termahal dunia, sebelum dipecahkan Gareth Bale (100 juta euro) empat tahun berselang.

Bersama Real Madrid Cristiano Ronaldo sukses besar. Di level individu, ia menjadi top skor sepanjang masa tim dengan koleksi 450 gol dari 438 pertandingan. Bersama tim, Cristiano Ronaldo membantu Los Blancos –julukan Real Madrid– empat kali juara Liga Champions dan dua kali kampiun Liga Spanyol.

Kemudian pada musim panas 2018, Cristiano Ronaldo pindah ke Juventus. Tiga musim berada di Turin, Cristiano Ronaldo kembali ke Manchester United per musim panas 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini