Hasil Everton vs Arsenal di Liga Inggris 2021-2022: Sempat Unggul, The Gunners Justru Tumbang 1-2 di Akhir

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 05:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 45 2512986 hasil-everton-vs-arsenal-di-liga-inggris-2021-2022-sempat-uggul-the-gunners-justru-tumbang-1-2-di-akhir-1xVOXzk4DX.JPG Selebrasi Jordan Pickford usia Everton pastikan kemenangan atsa Arsenal. (Foto: Reuters)

LIVERPOOL โ€“ Arsenal gagal memetik kemenaangan saat bertandang ke markas Everton di laga pekan ke-15 Liga Inggris 2021-2022 pada Selasa (7/12/2021) dini hari WIB. Sempat unggul terlebih dahulu di babak pertama, Arsenal justru tampil melempem di babak kedua hingga kebobolan dua gol dan membuat The Gunner harus mengakui kehebatan Everton dengan skor 1-2.

Bermain di Goodison Park, pasukan Mikel Arteta tampil kurang meyakinkan pada babak pertama. Mereka bermain dalam tekanan dan hanya beruntung bisa mencuri gol lewat Martin Odegaard tepat sebelum turun minum.

Akan tetapi, Richarlison yang menorehkan dua gol offside pada laga ini akhirnya mendapatkan gol sah-nya pada menit 79 untuk menyamakan kedudukan. Lalu, gol Demarai Gray di penghujung babak kedua mengunci kemenangan untuk tim tuan rumah.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Everton vs Arsenal

Pada 10 menit awal, pertandingan berlangsung cukup membosankan. Kedua tim sama-sama kesulitan untuk masuk ke daerah pertahanan lawan.

Baru pada menit 13, Everton mendapatkan peluang lewat Demarai Gray yang berlari bebas usai dioper oleh Richarlison. Namun, sepakan keras yang dilesatkannya hanya melambung di atas mistar gawang.

Dua puluh lima menit laga berjalan The Toffees โ€“julukan Everton- kembali mengancam pertahanan Arsenal setelah Gabriel Magalhaes salah umpan. Gray yang merebutnya langsung mengoper bola kepada Richarlison yang kemudian memberinya pada Abdoulaye Doucorore. Lalu, mantan pemain Watford itu malah melepaskan tendangan yang kurang bertenaga dan bola pun hanya meluncur di sisi gawang.

Setelah itu, The Gunners terus ditekan oleh Everton. Mereka sangat kesulitan untuk keluar dari tertekan dan dihajar serangan bertubi-tubi lewat kombinasi Gray dan Richarlison.

Satu menit jelang turun minum, akhirnya gempuran tim tuan rumah membuahkan hasil setelah tandukan Richarlison yang menyambut tendangan bebas gagal dihalau oleh Aaron Ramsdal. Akan tetapi, ternyata pemain asal Brasil itu ternyata berdiri dalam posisi offside sehingga wasit menganulir golnya setelah melihat tayangan VAR.

Ketika babak pertama terlihat akan berakhir imbang, tiba-tiba Martin Odegaard membuat gol. Pemain asal Norwegia itu melepaskan tendangan voli yang menyambut crossing dari Kieran Tierney dan tidak bisa ditepis oleh Jordan Pickford. Alhasil, paruh pertama pun ditutup dengan keunggulan Arsenal 1-0.

Babak Kedua

Saat babak kedua baru berjalan dua menit, Everton nyaris menyamakan kedudukan. Akan tetapi, tendangan voli Anthony Gordon masih bisa ditepis oleh Ramsdale.

Enam menit berselang, Arsenal gantian mendapatkan peluang. Namun, tandukan Magalhaes terlalu lemah dan jatuh tepat ke pelukan Pickford.

Pada menit 58, Richarlison menjebol gawang The Gunners setelah berhasil melewati Ramsdale. Sialnya, lagi-lagi pemain berusia 24 tahun itu berada dalam posisi offiside setelah wasit melihat tayangan VAR.

Setelah itu, pertandingan berlangsung cukup sengit di pertengahan babak kedua. Kedua tim saling jual beli serangan dan bertarung keras di lapangan tengah.

Everton vs Arsenal

Sebelas menit jelang waktu normal berakhir, The Toffees berhasil menyamakan kedudukan. Kali ini, gol yang dicetak Richarlison tidak dianulir wasit. Pemain Tim Nasional Brasil itu memasukan bola ke gawang Ramsdale dengan mudah setelah tendangan melengkung Gray membentur mistar gawang dan bola berbalik ke tepat ke arahnya.

Mengincar kemenangan, Arsenal tampil lebih menyerang usai skor berubah imbang. Mereka bisa memimpin pertandingan jika tandukan Eddie Nketiah yang menyambut crossing Bukayo Saka pada menit 85 tidak membentur mistar gawang.

Drama kembali terjadi di menit-menit akhir pertandingan ketika Gray melesatkan tendangan keras dari luar kotak penalti dan tidak bisa ditepis oleh Ramsdale. Tak lama kemudian, wasit meniup peluit panjang. Alhasil, Arsenal harus puas pulang tanpa membawa satu poin pun.

Berikut adalah susunan pemain Everton vs Arsenal:

EVERTON (4-4-1-1): Jordan Pickford; Seamus Coleman, Yerry Mina, Michael Keane, Ben Godfrey; Anthony Gordon, Abdoulaye Doucoure, Allan, Demarai Gray; Andros Townsend; Richarlison.

Cadangan: Asmir Begovic, Jonjoe Kenny, Mason Holgate, Fabian Delph, Alex Iwobi, Cenk Tosun, Andre Gomes, Jean-Philippe Gbamin, Jarrad Branthwaite.

ARSENAL (4-2-3-1): Aaron Ramsdale; Takehiro Tomiyasu, Ben White, Gabriel Magalhaes, Kieran Tierney; Thomas Partey, Granit Xhaka; Gabriel Martinelli, Martin Odegaard, Bukayo Saka; Alexandre Lacazette.

Cadangan: Arthur Okonkwo, Pierre-Emerick Aubameyang, Rob Holding, Cedric Soares, Nicolas Pepe, Nuno Tavares, Albert Sambi Lokonga, Mohamed Elneny, Eddie Nketiah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini