Soal Pro-Kontra Naturalisasi Pemain Keturunan untuk Timnas Indonesia, Ini Pendapat Mees Hilgers

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 02 Desember 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 02 51 2510548 soal-pro-kontra-naturalisasi-pemain-keturunan-untuk-timnas-indonesia-ini-pendapat-mees-hilgers-VvdVYw3tnM.jpg Mees Hilgers tertarik main untuk Timnas Indonesia (Foto: Instagram/@meeshilgerss)

MEES Hilgers adalah satu dari empat pemain keturunan yang diincar PSSI untuk dinaturalisasi. Meski begitu, ada pro-kontra soal naturalisasi pemain keturunan untuk Tim Nasional (Timnas) Indonesia di Tanah Air.

Hal ini pun mendapatkan tanggapan dari Mees Hilgers. Saat diwawancara Roy Ricardo di kanal youtube KR TV, dia menyatakan pemain naturalisasi bisa menaikkan level Timnas Indonesia.

Mees Hilgers (Foto: Instagram/@meeshilgerss)

Sebab, menurut Mees Hilgers, pemain naturalisasi bisa memberikan pengalaman mereka bermain di Eropa ke Timnas Indonesia. Itu secara tidak langsung akan menambah kualitas para pemain lain di Skuad Garuda.

''Menurut saya, jika ingin menaikkan level tim, perlu adanya pemain naturalisasi. Bukan karena tidak ada pemain bagus di Indonesia, tetapi cara kami berlatih di Eropa begini (lebih baik) dan kami bisa menaikkan level (kualitas Timnas Indonesia),'' kata Mees Hilgers di kanal youtube KR TV, Kamis (2/12/2021).

BACA JUGA: Tinggal 3 Hari Lagi! Turnamen Sepak Bola ASEAN, Piala AFF 2020 Akan Segera Digelar, Live di iNews

โ€œMenurut saya, bagus jika kami (pemain naturalisasi) bisa bergabung ke tim sehingga level tim akan naik dan kami bisa memberikan pengalaman kepada pemain lain. Kita bisa belajar bagaimana cara main (di Eropa) dan berlatih bagaimana kita memandang sebuah pertandingan,'' lanjutnya.

Mees Hilgers juga memahami pro-kontra yang muncul karena pemain keturunan tidak sepenuhnya berdarah Indonesia. Meski begitu, dia meyakini pemain naturalisasi baik untuk Timnas Indonesia.

''Saya paham, beberapa orang tak setuju naturalisasi karena tidak sepenuhnya Indonesia. Akan tetapi, menurut saya, hal ini baik untuk tim,โ€ ucap Mees Hilgers.

Sekadar informasi, Mees Hilgers memiliki darah Indonesia dari sang ibu yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Kini, Mees Hilgers main untuk FC Twente di Liga Belanda.

Mees Hilgers (Foto: Instagram/@meeshilgerss)

Berposisi sebagai bek tengah, Mees Hilgers telah mencatakan 13 penampilan dengan torehan satu gol dan satu assist pada musim 2021-2022. Meski baru berumur 20 tahun, Mees Hilgers sudah menjadi salah satu pemain utama Twente di barisan pertahanan. Teranyar, dia main 90 menit saat Twente imbang 0-0 lawan Feyenoord.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini