5 Calon Peraih Trofi Ballon dOr 2021 yang Tak Masuk Nominasi Pemain Terbaik FIFA

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 24 November 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 51 2506392 5-calon-peraih-trofi-ballon-dor-2021-yang-tak-masuk-nominasi-pemain-terbaik-fifa-hykRjwNBPg.jpg Bruno Fernandes pemain Manchester United tak masuk nominasi Pemain Terbaik FIFA. (Foto/Reuters)

LIMA calon peraih calon trofi Ballon d’Or 2021 yang tak masuk nominasi Pemain Terbaik FIFA akan diulas dalam daftar ini. Sejumlah pemain yang akan diulas merupakan andalan di klubnya masing-masing.

Ballon d'Or adalah hadiah individu paling bergengsi dalam sepakbola. Sementara Penghargaan Pemain Pria Terbaik FIFA berada di urutan kedua. Ballon d'Or dan Pemain Ternaik menggunakan sistem voting yang berbeda.

Pemenang Ballon d'Or dipilih berdasarkan agregat suara dari jurnalis, kapten tim nasional, dan pelatih. Sedangkan penghargaan Pemain Pria Terbaik FIFA diberikan berdasarkan sistem voting yang berbeda. Pemilih dikelompokkan ke dalam empat kategori: pelatih Tim Nasional, kapten Tim Nasional, perwakilan Media dari masing-masing negara, dan penggemar dari seluruh dunia masing-masing memiliki 25% suara.

Ballon d'Or diberikan oleh majalah berita Prancis France Football. Mereka telah merilis daftar 30 orang pada awal Oktober. FIFA telah mengumumkan daftar 11 pemain untuk Penghargaan Pemain Pria Terbaik FIFA.

Berikut lima nominasi Ballon d'Or terbaik yang tidak masuk dalam daftar Pemain Pria Terbaik FIFA:

5. Luis Suarez

Luis Suarez dibuang Barcelona pada bursa transfer musim panas 2020. Namun, pemain Uruguay itu pindah Atletico Madrid dan berhasil membawa klub barunya meraih gelar Liga Spanyol.

Baca juga: 5 Calon Peraih Trofi Ballon dOr di Masa Depan, Nomor 2 Andalan Barcelona

Suarez tampil gemilang di Wanda Metropolitano dan membuktikan kepada dunia bahwa dia adalah seorang striker elite. Pemain Timnas Uruguay itu adalah pencetak gol terbanyak Atletico Madrid pada musim 2020-2021. Suarez mencetak 21 gol dan memberikan tiga assist dalam 32 penampilan di La Liga.

Foto/Reuters

4. Lautaro Martinez

Lautaro Martinez menjadi striker pilihan utama di Timnas Argentina saat ini. Penyerang Inter Milan itu adalah striket yang mahir secara teknis yang pergerakan, dribbling, dan fisiknya yang apik.

Baca juga: 5 Kandidat Peraih Trofi Ballon dOr 2021 per November, Nomor 1 Megabintang PSG

Martinez melakukan kemitraan yang luar biasa bersama Romelu Lukaku di Inter Milan dan membantu Nerazzurri memenangkan gelar Serie A setelah 11 tahun. Dia mencetak 19 gol dan memberikan 11 assist dalam 48 penampilan di semua kompetisi pada musim 2020-2021.

Foto/Reuters

Pemain berusia 24 tahun itu juga apik bersama Timnas Argentina. Dia mencetak tiga gol dalam enam penampilan untuk Argentina saat mereka memenangkan Copa America 2021.

3. Bruno Fernandes

Bruno Fernandes menjadi pemain andalan Manchester United sejak didatangkan pada Januari 2020. Kehadiran mampu membangkitkan keterpurukan lini tengah Setan Merah yang minim kreativitas.

Pemain berusia 27 tahun itu menjadi pencetak gol terbanyak dan pemberi assist Setan Merah pada musim 2020-2021. Dia mencetak 28 gol dan memberikan 17 assist dalam 57 penampilan di semua kompetisi untuk Manchester United.

Foto/Reuters

2. Romelu Lukaku

Romelu Lukaku telah membuktikan dirinya sebagai salah satu striker terbaik di dunia selama dua musim terakhir. Setelah periode yang kurang memuaskan di Manchester United, Antonio Conte membantu striker Belgia itu kembali ke performa terbaiknya di Inter Milan.

Lukaku membalas kepercayaan yang diberikan Conte dengan memimpin Inter Milan memenangkan Liga Italia 2020-2021. Lukaku mencetak 30 gol dan memberikan 10 assist dalam 44 penampilan di semua kompetisi untuk Nerazzurri.

Foto/Reuters

1. Harry Kane

Kane memenangkan Sepatu Emas Liga Premier dan Penghargaan Playmaker karena menjadi pencetak gol terbanyak dan pemberi assist terbanyak. Dalam 49 penampilan di semua kompetisi untuk Tottenham Spur di musim 2020-2021, pemain Inggris itu mencetak 33 gol dan memberikan 17 assist.

Foto/Reuters

Hanya saja, Kane tampil buruk di babak grup Piala Eropa 2020 untuk Timnas Inggris. Namun, ia mulai beraksi di babak sistem gugur dan mengakhiri turnamen dengan empat gol dalam tujuh penampilan saat The Three Lions finis sebagai runner-up.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini