Hasil Persipura Jayapura vs Bali United di Pekan Ke-11 Liga 1 2021-2022: Serdadu Tridatu Raih 3 Poin

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Jum'at 05 November 2021 20:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 49 2497450 hasil-persipura-jayapura-vs-bali-united-di-pekan-ke-11-liga-1-2021-2022-serdadu-tridatu-raih3-poin-ezCrXpMwlB.jpg Bali United menang 1-0 atas Persipura Jayapura. (Foto/Bali United)

BANTUL – Bali United meraih tiga poin saat melawan Persipura Jayapura pada pekan ke-11 Liga 1 2021-2022 di Stadion Sultan Agung, Bantul. Serdadtu Tridatu menang dengan skor tipis 1-0, Jumat (5/11/2021).

Jalannya Pertandingan:

Babak Pertama

Kedua tim sama-sama bermain terbuka, sajian laga pertarungan lini tengah dengan tempo cepat berlangsung sejak awal laga. Namun, Persipura keteteran menghadapi umpan-umpan direct Bali United yang lebih efektif.

Hasilnya, pada menit 21. Stefano Lilipaly menerima umpan manis namun gagal mengonversikan menjadi gol. Padahal posisinya tidak terkawal, bola yang jatuh agak jauh dari dirinya membuat legenda Tim Nasional Indonesia itu kesulitan menyelesaikan umpan tersebut menjadi gol.

Memasuki 30 menit jalannya laga, Persipura nampaknya tidak kuat menahan tekanan lini tengah yang terus dilancarkan anak asuh Stefano Cugurra. Buntut dari hal itu, Persipura terkurung di daerahnya sendiri.

Foto/Liga 1

Bali United dengan bola-bola directnya terus melancarkan tekanan demi tekanan kepada Feri Pahabol dan kolega. Persipura yang memiliki materi pemain dengan postur tinggi hanya bisa mencoba menciptakan peluang dengan mengandalkan bola-bola mati, namun tidak ada yang membahayakan.

Lima menit jelang berakhirnya paruh pertama, Persipura berinisiatif merespon dengan sepakan jarak jauh melalui tembakan placing, namun sepakannya masih melebar di sisi kiri gawang Nadeo Argawinata. Kemelut dari situasi sepak pojok yang tercipta beberapa saat kemudian juga gagal dikonversikan menjadi gol oleh tim berjuluk Mutiara Hitam.

Pada menit 43, Bali United merespon dengan sepakan Eber Bessa, namun masih bisa diamankan penjaga gawang Persipura, Fitrul Rustapa, Peluang tersebut merupakan momen berbahaya terakhir pada babak pertama, skor kaca mata bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Persipura tidak mengubah skema, tetap mengandalkan sepakan jarak jauh untuk mengakali tekanan lini tengah yang dilancarkan Bali United. Memasuki lima menit paruh kedua, Feri Pahabol melepaskan sepakan placing namun masih bisa ditinju penjaga gawang, Nadeo.

Feri Pahabol menunjukkan bahwa dirinya merupakan pemain yang memiliki atribut berupa sepakan terukur. Niatnya melepaskan umpan, akan tetapi bola yang dilepaskan Pahabol malah membahayakan gawang Nadeo, namun masih bisa diselamatkan, Nadeo tampil banting tulang pada laga ini.

Pelatih Persipura, Jacksen Ferreira Thiago cerdik membaca permainan. Melihat Bali United yang selalu mengandalkan umpan direct, Jacksen pun menerapkan taktik jebakan offside sehingga pasukan berjuluk Serdadu Tridatu tidak bisa melancarkan ancaman seperti pada babak pertama.

Persipura menyia-nyiakan peluang emas pada menit 62. Berawal dari situasi serangan balik, Feri Pahabol menerima umpan panjang, dan hanya dihalangi oleh Willian Pacheco.

Pahabol yang sudah melewati orang terakhir berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang, Nadeo, namun lagi-lagi digagalkan. Nadeo menjadi bintang pada laga ini.

Foto/Liga 1

Tiga menit berselang, wasit menunjuk titik putih atas pelanggaran yang dilakukan pemain Persipura di kotak terlarang. Ilija Spasojevic yang jauh mengambil ancang-ancang gagal mengeksekusi penalti, bola melayang jauh.

Tak mau kalah dengan Nadeo, Fitrul Rustapa juga melakukan penyelamatan gemilang atas sepakan yang dilepaskan Yabes Roni pada menit 70. Tiga menit berselang, Brwa Nouri mencoba melakukan sepakan spekulasi dari luar kotak penalti, namun tendagannya membentur mistar.

Memasuki menit 82, Bali United memiliki kesempatan membuka keunggulan melalui situasi set piece. Namun, sepakan Eber Bessa melebar tipis di sisi kanan gawang.

Pada menit 85, penggawa Persipura, Irsan Lestaluhu tidak bisa mengontrol emosi. Setelah dirimya menerima kartu kuning atas aksinya yang mendorong pemain Bali United, Irsan malah melampiaskan kekesalannya dengan membuang bola jauh-jauh, Irsan menerima kartu kuning kedua dan harus menuju ruang ganti lebih cepat.

Persipura yang melanjutkan laga dengan 10 pemain menderita luka berat kala Ricky Fajrin mencetak gol menit akhir pada menit 96. Melalui sitasi sepak pojok, Ricky melepaskan sepakan balik badan keras menghujam jala gawang yang dikawal Fitrul Rustapa, laga berakhir untuk kemenangan 1-0 untuk Bali United.

Dengan hasil ini, Bali United duduk di peringkat kelima klasemen sementara dengan perolehan 19 poin, hasil dari lima kemenangan, empat hasil imbang dan dua kekalahan. Sementara Persipura masih berkutat di zona degradasi, tepatnya peringkat 17, dengan koleksi lima poin, hasil satu kemenangan, dua hasil imbang dan delapan kekalahan.

Susunan Pemain

Persipura XI (4-4-2): Fitrul Rustapa; Irsan Lestaluhu, Israel Wamiau, Muhammad Tahir, Fatari, Theo Numberi, Hedipo, Takuya Matsunaga, Gunansar Mandowen, Yevhen Bokhashvily, Feri Pahabol

Pelatih: Jacksen Ferreira Thiago

Bali United XI (4-4-2): Nadeo Argawinata; Ricky Fajrin, Willian Pachecho, Haudi Abdillah, Andika Wijaya, Stefano Lilipaly, Kadek Agung, Eber Bessa, Brwa Nouri, Melvin Platje, Ilija Spasojevic.

Pelatih: Stefano Cugurra

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini